Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Desain Blog Buat Si Gaptek

Suka gregretan gak sih kalau liat blog orang lain yang desainnya cakep banget? Antara sirik sama sirik banget. Pengen rasanya punya blog yang desainnya begitu, tapi apa daya, bayar desainer blog gak mampu, bikin sendiri lebih gak mampu lagi.

Nah, aku punya tips nih, bikin tampilan blog biar gak jelek-jelek amat buat kamu yang gaptek dan kere (kayak aku). Pasti rasanya beda dong, desain blog utak atik sendiri sama pakai desain yang di sediain blogspot. Biarpun hasilnya gak sekeren desain blog yang kita sirikin, tapi minimal desain blog kita- cuma kita yang punya.

1. Buat Tema Besar Tampilan
Buat tampilan blog kamu ada temanya! Mau maskulin? nge-pink? ala-ala luar angkasa? polkadot? colourfull? atau apapun, usahakan bertema dan konsisten dengan temanya. Ya agak gak enak diliat juga yes, headernya pakai foto motor, tapi gadgetnya ala-ala kartun trus bekgronnya polkadot pink. Kecuali kamu adalah seorang cowok (normal?) pecinta motor, kartun dan pink sekaligus.

2. Andalkan Desain Header
Jadi biarkata desain blognya burek, minimal desain header kamu se kamu mungkin! Kalau kamu memutuskan tema polkadot misalnya, ya bikin deh header yang rada ada nuansa polkanya. Aku biasanya bikin pakai photoshop, tapi kalau kamu gapteknya ngelebihin aku, ya bisa dong colek-colek temen yang bisa photoshop buat bikinin header doang. Pesan neng pungky, kalau minta bikinin orang, yang rada sadar diri. Request aja maunya gimana, trus biarin si temen bikinin sampai selesai. Kebanyakan protes cuma bikin header kamu penuh dengan ketidakikhlasan. Nanti blognya gak berkah. Sok alim banget kan? Pungky geto loh.

3. Otak-Atik Tampilan dengan Gampangs!
Kalau udah ada headernya, sekarang tinggal otak atik desain keseluruhan blog supaya selaras, senada, seimbang, sebangsa dan setanah air dengan si header. Caranya gampangs! Masuk aja ke beranda, klik 'template', trus klik 'sesuaikan'. Maaf ya cyin, blog aku sejak pertama kali bikin emang di set pakai bahasa Indonesia. Jadi tolong itu beranda dan sesuaikan di kondisikan sendiri di blog masing-masing :))


Nanti akan keluar tampilan kayak gini. Udah deh, silakan mengotakngatik semau kamu! Tinggal pilih-pilih, geser-geser, nentuin warna, nentuin ukuran, nentuin font, dll dsbg. Asik deh! Kalau udah dapet tampilan yang kamu pengen, jangan lupa klik 'terapkan' ya.. Nah lho.. terapkan :))

4. The Power Of Kebersihan Sebagian dari Blog Enak Dibaca
Cyin cyin.. kamu lebih seneng baca tulisan cerah dengan bekgron gelap atau tulisan gelap dengan bekgron cerah? Kalau aku yes, untuk tulisan panjang lebar, aku lebih suka bekgron terang dengan tulisan gelap. Kalau untuk blog-blog foto atau desain yang minim tulisan, ya cincai lah bekgronnya gelap (bahkan item) dan tulisannya terang. Jujur aja, mata rasanya siwer kalau baca blog gelap yang tulisannya putih.
Jadi, tau kan apa yang harus kamu lakukan untuk desain blog kamu? Yep, buat si 'latar teks' seterang-terangnya dan 'warna teks' se gelap-gelapnya. Plis gak usah protes, di blog aku yang bahasa Indonesia ini, tulisannya begitu :))

Ini blog kesayangannya aku. Bekgron hitam dengan tulisan abu-abu. Tapi karena dia blog foto yang sangat minim tulisan, jadi (secara subyektif) dimaafkan :))

Kalaupun mau latar tulisannya berwarna, ya pilih warna yang paling cerah mendekati putih. Dan untuk warna tulisannya, pilih warna yang paling gelap mendekati hitam. Ini sih tips aja. Kalau kamu kekeuh merasa keren dengan blog hitammu itu, yes monggo.

5. Katakan Tidak Pada Bekgron Ruwet!
Bener deh, demi langit dan bumi. Blog yang pakai bekgron keramean itu bikin sakit mata sekaligus perut. Kalau mau pakai bekgron gambar, pilih aja motif yang senada dan cocok dengan tema tampilan kamu. Misalnya header kamu ada kembang kembangnya, ya lebih klop kalau bekgronnya motif floral. Asal jangan motif kembang pasir ya bho. Nanti blog kamu dilalerin.
Kalau mau pakai bekgron foto kamu atau keluarga, usahakan di edit dulu supaya gak terkesan 'asal taro'. Biarpun blog kamu suka suka kamu, tapi ya rada males juga kalo main ke blog yang bekgronnya foto numpuk-numpuk dan gak jelas. Apalagi ukurannya dipaksain. Mana fotonya pecah, burek, gelap, di tile pula. Aaaaah, close tab!

6. Insaf Jadi Banci Gadget
Yang ini gak usah dijelasin lah ya. Kamu udah gede kan? Naro gadget musik, tulisan gliter-gliter yang sukar dibaca (shereen sukar), salju yang turun gak udah-udah, cursor yang ngetik sendiri, buat aku... itu anak smp baru bisa ngeblog. Sorry to say yes buat yang pasang hal-hal itu di blognya, tapi demi deh, mereka ganggu buangeeeeet. Apalagi salju yang turun gak udah-udah tuh. Duileh.. sini juga pengen ngerasain tinggal di tempat bule yang ada saljunya, tapi perasaan kagak begono begono amat. Yakali blognya turun salju trus-trusan, trus guweh baca tulisannya gemanah -_-


Okeh pemirsah, segitu dulu tips dari akuh. Bisa kamu coba walau dengan dompet tipis dan isi kepala gaptek. Iya, kayak akyu :')
Oiya, seperti biasanya. bukan Pungky namanya kalau gak pamer. Ini contoh beberapa blog orang yang aku desainin (desainin?). Gak bagus-bagus amat sih, tapi seenggaknya aku bikin tanpa uang untuk bayar desainer dan tanpa kemampuan utak atik kode html. Gak jelek-jelek amat kan yes? *ragu*

Yang gak tau ini blognya siapa, berarti kuper sekuper kupernya kuper.


Baby blog bernuansa (niatnya) eropa kuno. Tapi apa daya tangan tak mampu :))

Blog Bapak Gaoel :))))))

Mungkin kamu semua bertanya-tanya, kenapa blog aku sendiri standar banget? Ya itulah yang tidak bisa dijelaskan. Entah kenapa aku bisa ngedesainin blog orang rada bagus, tapi giliran blog sendiri kayak kandang jangkrik. Saban hari saban waktu, krik...

Purwokerto, sehari setelah ulang tahun Mama, Desember 2013

Semoga bermanfaat! ^_^

29 komentar

  1. hahahaha..itu suami istri desainernya kamu mak? mantap....lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. karena mereka orang tua tiri aku. yang sangat kejam dan semena-mena. kalo aku gak desainin blognya, aku takut terjadi apa-apa pada diriku :'(

      Hapus
  2. Balasan
    1. Muahahahaha saking bersihnya ampe gak ada yang pantes buat diliat :D :D :D

      Hapus
  3. Cie cie, ngedesainin blog mama dan papa tiri ya :)
    Duh pungky, kamu gemesin deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaak. aku gemesin? Aaaaaaaak >.< #kemudianberlebihan

      Hapus
  4. wakakakak..... kirain bakal baca tutorial yang njelimet, ga taunya kocak, dudul abis. Iya bener, kebanyakan gadget bikin pusing. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhuhu aku tersanjung lho dibilang kocak :') #berlebihanseasondua

      Hapus
  5. Hahahaaaa....ngakak guling-guling baca postingan ini. Nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi makasih lho udah mampir dan numpang guling guling di blog aku :D

      Hapus
  6. Hehehe kalo aku mendingan nyari template yang cakep aja biar ngurangin kekurangan gaptek hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku, ngerasa gak keren kalo pake template bawaan blogspot atau template gratisan di google. Gaya banget ya cyin? X)

      Hapus
  7. Yak, setuju sama poin ke 5. Kalo nemu blog yg bekgron rame terus fontnya kecil dan gak keliatan, bawaannya pengen bilang, "Aku nyerah!". Btw,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaak kamu kok belum diapa-apain udah nyerah. #berlebihanseasontiga

      Hapus
  8. HORE! udah berhenti jadi banci gadget :p

    Tapi beneran lho, kak, sewaktu aku SMA kelas 1 dulu, punya blog pake salju sama background yang kelap kelip nggak jelas itu keren banget hahaha :p

    Blog aku juga sama kayak kak pungky kok, nggak ribet desainnya :D ngandelin header doang aku kak (padahal nggak bagus juga headernya) -_-"

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Itu aku lho dulu lho.. banci gadget.. kalo sekarang banci beneran. #eh

      Hapus
  10. aaak akhirnya liat putunya jiwo.. aak.. mana link-nya? ^_^

    BalasHapus
  11. Tapi apalah artinya tampilan blog, kalau isinya meaningless.... LOL

    BalasHapus
  12. mbak pungki a.k.a ultra(wo)man... desain header saya dong #melas

    BalasHapus
  13. kwkwkwkkw.. bener-bener,,, kapan hari pernah liat blog trus ada musiknya.. trus dicariin ga ketemu tu musik berasal dari blog yang mana... close tab semuanya dehh ngulang dari awal.. sebelll

    BalasHapus
  14. Kalo aku paling sebel ma blog yg cursornya rame.. sama ada yg ngambang2 gitu..aduh..ganggu

    BalasHapus
  15. Jiaahhhaaa... kalo aku cursor nya masih ada salju"nya gitu mbak pung.. kalo dulu blog aku juga super duper blink" ,banyak pasang gadget nggak jelas... tp alhamdulillah sekarang udah sadar sedikit :D

    BalasHapus
  16. wuiih designnya kereeennnnnn
    dija suka semuanya!!!

    BalasHapus
  17. kereeeen nih pungky. aku juga mau dong di desain hehehe gak enak ujungnya ya.

    BalasHapus
  18. blogmu gaul banget mbak haha jadi terinspirasi pengin gawe tampilan blog yg bagus :D

    BalasHapus
  19. Berkunjung dulu nih...
    Dari : http://impages.blogspot.com/

    BalasHapus