Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Ya Ampun, Ternyata Belajar Bahasa Inggris Semudah Bergosip!



Ngegosipin Awkarin itu enak banget, ya nggak sih? Ngebahas sampe berbusa-busa lagu barunya dia yang lucu banget itu kan menyenangkan ya. Nggak ada pentingnya tapi nggak ada bosennya. Kayak benci tapi cinta, begitulah afeksi semua orang dengan teteh Kayeen. Ngomongnya benci tapi dikepoin terus.

Oh, ya, ada yang lebih enak lagi. Ngebahas perjalanan cintanya Stephen William dan Celine. Kasian ya Natasha Willona, pengin banget meluk kalo liat dia tuh. Hancurnya kayak apa coba ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Tapi ya Epen dan Celine nggak bisa disalahin juga sih, lah mereka saling cinta, kita bisa apa coba. Paling banter ngehestekin instagram pakai #StayStrongWillona.

Iya kayak yang aku bilang, nggak ada pentingnya tapi nggak ada bosennya. Gosip dan hidup kita, hubungannya memang sengehe itu.

Kalian pernah nggak sih merasa dongo banget dalam hal bahasa Inggris? Kalau ada award mahmud paling bloon ngomong keminggris, mungkin aku ini juara umum. Gaya doang selangit, kalau suruh ngomong Inggris mah ha he ho kayak sapi ompong. 

Lha emang kalean pikir, selama ini caption instagramku yang sok kebarat-baratan itu bikin sendiri? Enggak cuuuy. Itu suamiku yang nransletin sebelum posting. HAHAHAHA Iya banget, tiap mau posting kirim dulu ke suami lewat whatsapp, ntar dia kirim balik sudah dalam bahasa Inggris. Baru deh aku posting instagram. Terlihat gawl dan kebarat-baratan. Muahahahahaha

Pengin banget kursus bahasa Inggris tapikan malesin ya. Duduk di kelas dengerin gurunya ngemeng berjam-jam itu kapan pinternya coba. Gurunya cas ces cos sampe Hongkong, aku mah mending aja sekrol sekrol sosmed cari gosip terbaru teteh Awkarin atau babang Epen. Belom lagi harus ninggalin anak, ey sini kan mahmud, kalau harus kursus ini bocil siapa yang urus? :(

**

Lalu dengan ijig-ijig, dua hal ini disatukan dengan epik oleh British English Class. BELAJAR BAHASA INGGRIS SAMBIL BERGOSIP! Aduh nggak tau lagi deh harus bilang apa. Ini cerdasnya khan maen. Pengin meliuk-liuk bahagia rasanya.

Semua berawal dari postingan si Maktir. Dia cerita di blognya kalau abis ambil kursus bahasa Inggris yang kelasnya itu di whatsapp. Iya, whatsapp yang buat chatting itu lho. Dan dia seneng banget dengan metode ini karena lebih menyerap dan lebih berkembang keminggrisnya. Sebagai anak tiri yang hatinya penuh dengan rasa iri, tentulah aku nggak mau kalah, aku daftar di tempat yang sama.

British English Class (BEC) menawarkan kursus bahasa Inggris lewat percakapan sehari-hari. Medianya, lewat aplikasi chatting di smartphone kita. Jadi, kita chatting sama gurunya, gitu. Pakai bahasa inggris. Setiap hari. Dengan jam yang sudah disepakati kedua pihak.

Aku dapat guru namanya Mala, kami seumuran dan punya passion yang sama: BERGOSIP! Alhasil, saban hari kelas kami diisi dengan nama Awkarin dan tetek bengeknya. Bhahahahaha. Kami sepakat kelas diadakan jam 4 sore setiap harinya. Jadi setiap jam 4, aku akan menerima chattingan dari Mala dan kami siap berghibah selama satu jam penuh muahahahahaha

Kelasnya ngapain? NGOBROL. Iya ngobrol biasa aja, tapi full pakai bahasa Inggris. Kami membahas lagu kalian semua sucyi aku penuh dosyah, bahas isian lambe turah, kadang sok mutu bahas yang agama dan kebencian, cerita keseharian kami lagi ngapain, curhat tentang pernikahan dan anak, tapi lebih banyak ngegosipin yang remeh-remeh karena itulah passion kami bhahahahaha

Nggak bisa bahasa Inggris? Sama. Tapi di kelas BEC, partner chatting kita akan memosisikan dirinya sebagai teman, bukan guru. Jadi kita nggak perlu takut atau malu untuk nyerocos bahasa Inggris sekalipun ngawur. Kuncinya: berani njeplak. Nekat aja cascescos, sok iya. Kalaupun ada yang salah, sang guru akan mengoreksi tanpa terkesan menggurui. Asik deh. Beneran kayak ngobrol sama temen deket.

Setiap hari begitu, lama-lama aku terbiasa dikoreksi dan koreksiannya ternyata lebih membekas dibanding belajar bahasa Inggris lewat buku. Membedakan pemakaian To dan For, penggunaan verb 1 verb 2 atau verb 3. Kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris. Plis deh itu kalau di buku kan malesin banget belajarnya.

Dengan percakapan sehari-hari, kita jadi belajar sambil langsung aplikasi. Jadi lebih menyerap dan lebih dapet gregetnya. Lebih cepet juga proses belajarnya karena saat itu juga kita tau salahnya dimana dan harusnya gimana. Yang jelas, aku jadi lebih pede berbahasa Inggris karena Mala membuat aku nyaman untuk cascescos tanpa takut salah.

Asiknya, kita bisa lho menentukan sendiri tujuan kursus kita. Di hari pertama chat, Mala nanya sama aku, apa yang aku harapkan dari kursus ini. Perbaikan grammar kah, koleksi kosakata kah, atau apa tinggal sebut aja. Jadi kita yang tentukan sendiri, nanti si guru akan menyesuaikan isi chatnya. Ya walaupun gosip sepanjang waktu, Mala tau pembicaraan kami harus diarahkan kemana. Tujuannya apa. 

Dan karena belajarnya lewat whatsapp, otomatis aku bisa kursus sambil ngapa-ngapain. Ngobrol sama Mala sambil urus anak, sambil masak, sambil pup, kadang sambil nongkrong di cafe, paling sering sambil golar goler gabut. Dimana lagi coba bisa belajar bahasa Inggris dengan iler semuka-muka baru bangun tidur? Jangan remehin ibu-ibu berdaster, tsay.

Oh, ya. BEC ini gurunya memang orang-orang biasa lho. Bukan khusus guru bahasa Inggris, gitu. Hanya aja toefl mereka memang melambung setinggi jambul Syahrini. Jadi kita beneran kayak punya teman baru, hanya dengan kemampuan bahasa Inggris level jagoan.

Selain kelas chatting, ada kelas voice note dan call juga. Jadi ngobrol langsung gitu. Ini lebih greget karena aku dan Mala bisa bertukar bergosip langsung lewat suara mwahahahaha *tetep*. Serius efektif banget untuk belajar ngomong bahasa Inggris. Karena percuma belajar kalau enggak pernah praktek ngomong kan ya? Di BEC, kita belajar semuanya. Ya nulisnya, ya ngomongnya, ya dengerinnya. Ini kursus apa jodoh sih lengkap amat.

Harganya terbilang terjangkau, bisa kamu cek sendiri di gambar, ya.





Purwokerto, 8 Desember gerimis terus, 2016

BEC bikin aku tau, ternyata belajar bahasa Inggris bisa semenyenangkan ini. Makasih ya, Mala. Pengantin baru yang baik sekali. Jangan ngajar mulu ah, bikin dedek kecil asik tau! Uwuwuw.

15 komentar

  1. Wih... berbicara dengan Bahasa Inggris... PastiMenyenangkan, tips mudahnya dishare z kakak...
    Jangan Lupa Donload K Lite Code Pack 10 Terbaru...
    http://alimpolos.blogspot.co.id/2016/01/download-k-lite-code-pack-terbaru-2016.html

    BalasHapus
  2. Aku berasa lagi baca subtitle drakor deh liat chatnya. Gaol dan mudah diaplikasikan bahasanya, gak kaku kayak kanebo kering *halah*

    BalasHapus
  3. Yipiii, semakin semangat ngoceh, semakin cepat lancar, gak usah takut salah, kalo gak salah ya gak belajar-belajar.

    Salam,
    Gabrilla.

    BalasHapus
  4. Dulu aku berpikir, asal ngomong saja yang penting tuh bule ngerti. Ternyata kesannya malah ngaco bahasanya. :D

    BalasHapus
  5. Yang penting bisa ngomong inggris. :D Hehehehehe

    BalasHapus
  6. Kalau belajar bahasa inggris secara fun, bisa cepat bisa deh. Misal dengan nonton film barat

    BalasHapus
  7. Apa hanya aku di sini yang meski rajin belajar tapi gak bisa2? :'D

    BalasHapus
  8. Belajar dengan metode conversation emang lebih mudah dan cepat ya?

    BalasHapus
  9. Wah, itu prinsipnya 'practice makes perfect' kali ya, Mbak Pungky. Jadi berhubung ada partner yang 'maksa' harus ngomong pake bahasa inggris, akhirnya mau-ngga mau ya njeplak juga keminggris.
    Btw, kalo khas Banyumas, itu sama aja 'ndopok' hahaha

    BalasHapus
  10. pas aku ikutan les basa inggris juga isinya gosip mulu sama ggurunya hehe. tapi emang di kelas gitu sih,,,

    BalasHapus
  11. belajar bahasa inggris jadi gak mumet ya mba.. lebih asyik karena kayak ngobrol :D

    BalasHapus
  12. Makasih infonya, mau belajar juga ah

    BalasHapus
  13. We did that in our group, remember ;)... tapi akhirnya berhenti yaaa.. sayang bangeet

    BalasHapus