Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Betapa Menyenangkannya Traveling Tanpa Powerbank


Ya jaman sekarang, nggak mungkin banget traveling tanpa nentengin smartphone. Instastory itu ajang pamer ke khalayak ramai kalau kita lagi seneng-seneng, yakan yadong? Napas dikit record. Dari jalan kaki, naik pesawat, sampe di toilet ya sempet-sempetin apdet story.

Apalagi kalau lagi males bawa kamera, segala urusan perjepretan mengandalkan smartphone dong. Jadi butuh banget punya pasokan daya hape yang sangar, supaya bisa traveling sambil nentengin smartphone seharian.

Dulu aku gak bisa plesir tanpa powerbank, kemanapun, itu kotakan segede gaban yang berat betul, ya ikut. Jadi walaupun beraaaat, dan bikin ribet, mau gak mau harus selalu dibawa karena mending bawa powerbank berat deh daripada nggak eksis bhahahaha

Etapi itu dulu. Kan udah hampir setahun ini, aku pakai Zenfone 3 Max! Hapeku ini diperkuat oleh baterai jenis Lithium Polymer berkapasitas 4.100mAh. Tenang, baterai ini sudah didesain sedemikian rupa, jadi bisa masuk ke body yang tipis, hanya 8,3 milimeter. Jadi meskipun kapasitasnya segede gambreng, situ enggak perlu punya hape segede sendal jepit. ASUS gitu lho, canggih. 

Dari pengujian internal, baterai tersebut mampu bertahan hingga 38 hari saat dalam kondisi standby di jaringan 4G. Dia bertahan lebih lama daripada bapernya kamu liat mantan gandeng pacar barunya yang lebih cakep dari segala sisi. Dia menyala lebih lama daripada ngamuknya ibu-ibu yang udah mana lagi pms, suaminya pulang telat tanpa kabar, anaknya coret-coret lantai pakai lipstick kesayangan.

Kalau dipakai untuk berkomunikasi suara lewat jaringan telekomunikasi berbasis 3G, baterainya mampu bertahan sampai 17 jam! Untuk penikmat musik, baterai dapat memasok kebutuhan memutar musik selama 72 non stop. Nah kalau untuk menjelajah internet, baterai tersebut mampu menopang hingga 19 jam. 

Bayangin gaes, kita bisa terus eksis selama 19 jam. Haha!

Masa aktif baterai yang luar biasa ini dimungkinkan oleh tiga faktor. Penggunaan baterai berkapasitas besar, yakni 4.100mAh, penggunaan prosesor dengan teknologi terbaru yang lebih efisien dalam pemanfaatan energi, dan juga modus optimalisasi baterai yang memudahkan pengguna untuk memilih setting yang paling tepat untuk berbagai aktivitas yang mereka lakukan.

Selain punya kapasitas baterai besar dan fitur penghemat energi, ASUS ZenFone 3 Max juga bisa membagi kapasitas energi yang ia simpan di baterainya ke perangkat lain. Dengan fitur reverse charging capability, smartphone ini bisa berubah fungsi pula jadi powerbank.


Gampang! Pengguna cukup menghubungkan smartphone atau gadget lain yang akan diisi ulang menggunakan kabel USB on the go (OTG) yang disediakan pada paket penjualan dan kabel data yang juga sudah disediakan. Pasangkan ujung kabel data (micro USB) ke smartphone yang akan diisi, dan hubungkan ujung kabel USB OTG ke ASUS ZenFone 3 Max. Tadaaa, daya yang masih dimiliki oleh baterai milik ZenFone 3 Max akan ditransfer ke smartphone yang akan kita isi.

Asik banget yakan, bisa dada babay sama powerbank. Bisa tengil juga kalau ada temen hapenya lobet. Bisa gini gini nih, "Lobet? Sini colok ke hape gue. Gue mah baek anaknya". Beuuuuhhhhh hahahahahaha

Oh tenang. Enggak perlu khawatir ZenFone 3 Max-nya kehabisan baterai. Dengan software yang dimiliki ASUS ZenUI, dia akan mencegah ZenFone 3 Max mentransfer daya ke perangkat lain jika daya baterai yang dia punya tinggal 30 persen. Sadar diri gitu bro, enggak kayak kamu, kalau udah klop sama anak orang suka lupa diri.

EH APA?

Tidak ada komentar