Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Berhenti Tidak Peduli

Tau One Billion Rising? Sebuah gerakan international untuk perubahan besar lewat berkumpul dan menari bersama. Menari bersama ini dilaksanakan serentak seluruh dunia di hari kasih sayang. Iya, besok. 14 February yang kata orang hari merah jambu alias Valentine. Semua orang boleh ikut berkumpul dan menari di tempat-tempat yang telah ditentukan. Menari inilah aksi utamanya. Bergerak! Bangkit menyuarakan apa-apa yang selama ini seperti dibisukan. Di Indonesia sendiri, ada One Billion Rising Indonesia. Sudah bergerak sejak tahun lalu di berbagai kota di Indonesia.

Tahun ini, One Billion Rising (OBR) Indonesia menyerukan sebuah keadilan revolusioner. Mengangkat perlawanan atas kekerasan terhadap perempuan. Mengajak kepada semua orang untuk berhenti bersikap tidak peduli. Rising for Justice.

Sejak taun lalu, aku selalu pingin ikut njoget bareng OBR. Ikut bangkit dan bergerak. Tapi sayang, di kotaku, belum kesentuhan gerakan OBR ini. Mau ikut yang di Jakarta atau Yogya tapi jauh.. Rasanya bukan pilihan bijak kalau aku mutusin ke luar kota cuma demi ini. Banyak hal lebih penting yang gak bisa dikorbankan.

Makanya, aku memilih untuk ikut bergerak dengan cara lain. Kebetulan OBR Indonesia menerima partisipasi dalam bentuk karya. Apapun bentuknya. Yes, aku ambil bagian! Taun lalu, aku bikin poster tentang tarian perlawanan atas kekerasan seksual. Taun ini, mengikuti tema yang ada, aku menyumbang dua poster tentang ajakan untuk berhenti tidak peduli terhadap kekerasan pada perempuan. Ihiy!


Kamu mau ikut nari bareng? Cek webnya dan pilih tempat terdekat dengan kamu. Menarilah dan jangan lupa eksyen trus pamer di blog! Hokesip.

Purwokerto, besok ulang taun, 2014

Cewek yang di poster ke dua itu, temen satu kosan aku dulu. Entah kenapa dia mau-maunya disuruh pose tersiksa begitu trus difoto. Mungkin itulah cara dia bergerak, lewat jadi model poster kekerasan :)))

20 komentar

  1. One billion rising for justice
    justice for all women in the world

    BalasHapus
  2. Aih, udah tayang aja postingan tentang ini. Aku juga punya postingan yang sama dg kamu Pung, tapi scheduled utk tayang tepat di hari 14 Februari nanti. :)
    Posternya keren euy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku besok mau post GA spesial valentine, makanya yang ini (dengan terpaksa) dipost hari ini. Hihihihi ^_^

      Hapus
  3. terus kak pungky mau jadi foto model apa?

    BalasHapus
  4. Besok lu ulang tahun, Punk? Pas Valentine?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa keniiii bagi hadiah dooong.. sumpit dari cina atau apa kek gitu yang belinya gak di indo. muahahahaha *malak*

      Hapus
  5. wah jauh sekali dari tempatku

    BalasHapus
  6. uwah,keren banget mbk posternya..eh kirain yg paling bawah itu mbk pungky,ternyata temennya ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa.. temenku baik banget kan mau2nya disuruh begitu dengan sukarela x))

      Hapus
  7. waaay to gooo mak Pungky...di Jakarta acaranya di Monas...semoga bisa mampir dan ikutan, pas jam kantooor jeuuung..say No to VaW..anytime, anywhere..

    BalasHapus
  8. Iya...aku mau bikin tulisan ah. Adikku dulu pernah jadi korban soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin maaaak.. sebagi blogger kita bergerak lewat tulisan aja :D

      Hapus
  9. posternya kereen mak,, tp aku lebih suka gambar pertama ^^

    BalasHapus
  10. saatnya wanita bersuara dan berkarya ya mbak :)

    BalasHapus
  11. kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli ya

    BalasHapus