Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengalaman Naik Tiger Air, Lho Kok Aman dan Menyenangkan?


Waktu travel agent ngasih tau kalau aku bakal ke Phuket naik Tiger Air, aku langsung googling banyak-banyak. Soalnya ini pertama kalinya denger nama Tiger Air. Tadaaaa! yang keluar di google sederet berita buruk tentang pesawat jatuh, tergelincir, dibekukan, sampai tulisan gede-gede yang mengingatkan jangan mau naik Tiger Mandala Air! Hahahahahasyem. Larangan itu adalah judul dari cerita seorang penumpang Tiger Air tentang kopernya yang 'ditinggal' sama petugas di Indonesia, padahal dianya sudah sampai Kuala Lumpur.

Hahahahahahahajelaslahakupanik. Maksud hati mau lihat fasilitas dan kenyamanan Tiger Air, apa daya yang ada malahan berita-berita pesawat kecelakaan. Nasibmu, Pev..

Menjelang keberangkatan, aku banyak doa-doa. Malahan sempet ngasih pesan-pesan terakhir ke anak dan suami kalau-kalau aku pesawat jatuh dan aku gak pulang. Seriuuus, soalnya belum lama dari itu juga ada kecelakaan pesawat yang di Kalimantan itu lho. Trus juga berita buruk tentang tragedi bom di Bangkok, which is masih Thailand. Hamsyong.. Kepalaku langsung muter mendaki gunung lewati lembah. Pertanda buruk? 


Ternyata Nyaman Banget Naik Tiger Air!


Hari H keberangkatan, aku masih panik. Sampai di terminal 2 bandara Soeta, sempet bingung nyari konter check-in Tiger Air. Nanya-nanya petugas, barulah ketemu itu si konter. Pantesan, wong nggak ada tanda-tanda kehidupan, cuma ada x banner bermotif harimau khas Tiger Air yang keplek-keplek dan berkali-kali jatuh. Konternya juga terlihat gak meyakinkan, gelap dan layar informasinya mati. Jantung akoh tiba-tiba pindah ke jidat, tingkat jiper meroket melampaui ketinggian jambul Syahrini.

Sama travel agent, aku dikasih bagasi gratis 15kg, tapi berhubung aku kebayang-bayang terus sama berita tentang koper ditinggal petugas itu, jadi aku nggak pakai bagasi. Kebetulan aku cuma bawa satu koper kecil, jadi bisa masuk kabin. Tapi Ifa, temenku, bawa koper segede metro mini. Dia sempet takut dan khawatir bakal hilang atau kasus, tapi mau gimana lagi? Gak mungkin masuk kabin, kami akhirnya pasrah koper itu masuk bagasi apapun resikonya. Toh kalaupun hilang, bukan punya aku inih. Muahahahaha *dibakar Ifa*
 

Pas masuk pesawat, kami disambut pramugari dan pramugara yang kayak artis. Ganteng dan cantik-cantik banget, kalau di Indonesia pasti udah dikontrak main sinetron tujuh manusia harimau tuh. Mereka gak ada yang orang Indo, karena Tiger Air ini memang maskapai punya Singapore. Mereka cuma pakai polo shirt (dengan lengan digulung), celana kain, dan make up kayak orang baru bangun tidur. Karena aku terbiasa sama pramugari Indonesia yang lipsticknya jeding jeding, jadi liat yang nyantai begitu, agak-agak takjub. Tapi anehnya tetep enak dilihat, tetap ramah dan mukanya nyenengin semua.

Di dalam pesawat ternyata nyaman banget, sama sekali gak ada tanda-tanda kalau maskapai ini memble dan sering bermasalah. Pramugari dan pramugara nya ramah dan memberi pelayanan yang baik, meskipun bahasa Inggris mereka nyerempet Singlish, tapi tetap jelas dan mudah dimengerti. Saat lepas landas dan mendarat juga terasa sangat sangat halus, paling halus dari seluruh maskapai yang pernah aku naikin. Sama sekali gak bikin mual padahal aku kan mabok kendaraan stadium gawat :')
 

Alhamdulillah.. kami sampai di Phuket dengan selamat, lega banget banget lega. Ternyata, yang sering bermasalah itu bukan Tiger Air, tapi Tiger Mandala Air. Sama-sama Tiger Air, tapi kalau Tiger Mandala itu, KAYAKNYA sih separonya punya Indonesia. Nah yang aku naikin, Tiger Air yang murni punya Singapore. Enggak ngerti ya Tiger Mandala itu masih beroperasi atau enggak, tapi pesawat yang aku naikin alhamdulillah aman, nyaman dan menyenangkan. Besok-besok kalau harus naik Tiger Air lagi apalagi gratis lagi, aku udah enggak takut.

TAPI, kelegaan ini bukan untuk Ifa. Saat kami sampai dengan selamat, teman satu perjalananku itu mukanya malah panik. Iyalah, dia keinget-inget koper bagongnya itu. Turun pesawat, dia langsung lari ke rel pengambilan bagasi (namanya apa sik? xD). Untung bandara Phuket ini kecil, mirip kayak Adisucipto Jogja, jadi jaraknya memang dekat. Coba kalau di Changi, apa enggak langsung kurus itu si Ifa lari-lari di bandara.

Sampai di rel, kopernya ada? ENGGAK! Wakwaw..



Purwokerto, 18 Desember kangen Phuket, 2015

Bersambung ah biar seru. HAHAHAHAHAHA BHAY.

Kalau mau tanya-tanya, bisa follow aku di instagram: @pungkyprayitno


.

16 komentar

  1. Lari - lari bagus lho utk kesehatan wkwkwkw

    BalasHapus
  2. Haha kocak bener pengalaman naik maskapai Tiger Air, duh liburan bikin ngiler :G hahaha

    BalasHapus
  3. Lanjutan ceritanya pasti drama bgt nih, gak sabar nungguin xD.

    BalasHapus
  4. Aku kira endingnya jualan eh ternyata hahaha

    BalasHapus
  5. haha, kebayang paniknya di sana, tapi seru perjalanannya ya

    BalasHapus
  6. Ah, kebetulan saya lagi ngerencanain pengen travel naek Tiger Air, masih ragu-ragu juga masalah keselamatan dan lain hal. Ternyata Tiger Mandala Air ya yang sering bermasalah, baru ngeh... thanks lho infonya. Jadi pengen buru-buru ngerencanain liburan hehe. Bahasa Inggris nyerempet Singlish itu khasnya orang Singapur ya :P

    Wah, endingnya ngegantung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, singlishnya singapur. Tapi karena mereka ramah buanget, jadi tetap kedengeran jelas dan gak bikin bingung. hihihi selamat jalan jalan naik tiger air! ^_^

      Hapus
  7. pung kok seat di samping2nya itu kosong sih, knapa gak ngajak aku aja :-D

    BalasHapus
  8. Hapemu sak jane iPhone opo android to? Ndik foto iPhone, sing mbok cekel android. hahaha. Mungkin aku salah liat.

    BalasHapus
  9. Brati aman yah mbak naik tiger. Rencananya pgn ke hkg naik ini, tp agak ragu2 gara2 reviewnya ditahun2 sblmnya koq parah gtu. Transit di spore nya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, aman dan sangat sangat nyaman. Itu review yang dulu-dulu kayaknya Tiger Mandala Air deh, bukan Tiger Air. Kalau Tiger Air yang asli Singapore, superrrrr-nyaman!

      Connectnya bisa dipesan saat beli tiket, nanti langsung urus pas check in pertama di Soeta. Jadi bagasi akan langsung terbang ke bandara akhir, saat transit sama sekali gak perlu urus connect lagi. KECUALI kita mau ambil bagasi saat transit, itu harus urus lagi di spore :)

      Hapus
  10. Aman yh mb naik ini ?? Aq mw ke hkg pke ini agk ragu2 jg gr2 reviewny minus smua. Transit gmn? Connect transitny dpesen waktu bli tiket kh?

    BalasHapus
  11. Brati aman yah mbak naik tiger. Rencananya pgn ke hkg naik ini, tp agak ragu2 gara2 reviewnya ditahun2 sblmnya koq parah gtu. Transit di spore nya gmn?

    BalasHapus
  12. tiger airways itu anak perusahaan singapore airlines loh, udah pasti oke lah, sering kok saya naik ini ganti2an aja dgn air asia mana yg kebetulan lagi promo

    BalasHapus
  13. Aku nyari komen positif ttg Tigerair eh ketemune nang kene, nasib. Nang endi2 ketemu Pevita hatsyim. Berarti klo naik Tiger air Dr kl-sg itu punya Singapore ya bukan yg Mandala air.

    BalasHapus