Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Travel Writing Ala Marischka Prudence: Menulislah dengan Rasa!


Belakangan ini aku lagi seneng nulis cerita perjalanan tapi selalu gitu-gitu aja. Iya kan, tulisan perjalananku tuh anyep banget kayak sempol gopean kurang mecin. Bacanya kayak nyelos aja gitu, enggak ada gregetnya banget. Terus emang dasar rejeki mahmud solehah, KEB dong seminggu lalu bikin acara Arisan Ilmu. Speakernya, beuh: Marischka Prudence!

KEB itu Kumpulan Emak Blogger, by the way. Komunitas blogger perempuan terbesar di Indonesia

Kebetulan aku lagi stay di Jakarta, jadi cus lah cuma sekali naik commuter line, dua kali naik ojek dan satu kali jajan gorengan pinggir jalan untuk bisa sampai ke lokasi arisan, Plaza FX.

Bentar, sebelum aku sharring soal ilmunya, aku mau cerita bloon dulu. Jadi kan di Purwokerto lift memang nggak banyak ya, gimana mall aja cuma hitungan jari. Dan semua liftnya itu lift jaman dulu gitu deh. Trus pas di Plaza FX, aku mau naik lift. Pintunya udah ketutup, orang-orang udah pada di dalem dan siap naik ke atas. Aku buru-buru pencet lah itu buletan di sebelah pintu. Pencet berkali-kali tapi pintunya tetep nggak terbuka. Duh, kenapa ini?

Lalu liftnya jalan naik, dengan posisi aku melongo dongo di depan pintu dan orang-orang di dalam lift ngeliatin sambil senyum-senyum penuh maksud (liftnya transparan). Nggak lama ada mba-mba datang ke arahku, di depan lift ada tiang kecil gitu dengan 2 tombol, dipencetlah sama dia. Trus pintu lift sebelah terbuka dan dia melenggang masuk dengan elegan. HAHAHAHAHA

Mohon maaf di Purwokerto nggak ada lift yang pencetannya begini, jadi yang daritadi aku pencetin itu gak tau buletan apaan. Pantesan gak kebuka liftnya. Itu tadi orang-orang pada senyum cengengesan, ngeledek apa gimana. Mungkin abis itu di dalem lift mereka kompak ngemeng: DARI KAMPUNG MANA BUUU 😂😂😂

**



Oke, kita kembali ke Marischka Prue. Kenapa dia bisa jadi travel writer yang kece banget gitu?

KARENA DIA MENULIS DENGAN RASA!

Kemarin dia menampilkan satu foto di layar presentasi dan menanyakan beberapa peserta arisan, apa rasa yang kalian dapat dari foto ini? Tau apa? Semua yang ditanya jawabnya beda-beda, padahal fotonya sama!

Naitu! Kita selalu punya rasa akan sesuatu hal dan nggak akan sama dengan orang lain. Itulah yang harusnya dikonversi menjadi kata-kata dan dijadikan tulisan. Rasa-rasa yang kita dapat saat perjalanan, itu yang kita bagi ke pembaca. Jadi enggak perlu dibuat-buat supaya tulisan jadi bagus atau menarik, transfer aja apa yang kita rasakan ke pembaca, maka tulisan itu akan penuh energi dengan sendirinya.

Ini materi yang paling nancep buat aku karena nonjok banget, selama ini aku nulis kayak tembok sekolahan. Banyak coretannya tapi hambar. Anyep. Gunung indah ya bilang indah, lha bocah kemaren sore juga tau gunung itu indah. Nulis tentang kuliner cuma bilang enak atau enak banget. Padahal saat makan itu, misalnya, aku ngobrol sama penjualnya dan dapat cerita menarik tentang perjalanan warungnya. Kenapa enggak itu yang ditulis? Kenapa harus makanannya yang enak dan enak banget?

Padahal yang lebih berbekas di hatiku soal penjualnya, ya udah enggak usah maksa menulis yang lain-lain. Kita aja merasa nggak menarik, gimana pembaca?


Iya, persis dengan tulisan yang lagi kalian baca ini. Kemaren itu materinya buanyak, dari tips and trick jadi travel writer sampai gimana menghasilkan uang lewat travel blog. Tapi kalau aku tulis semua, pasti pembaca akan bosan karena panjang dan banyak, pun aku enggak enjoy kalau harus menulis semuanya. Akhirnya aku memilih topik yang paling menarik menurutku, paling nancep dan menurutku penting diketahui banyak blogger: Menulis dengan Rasa!

Nanti tulisan jadi dangkal? Wo enggak. Kita kan tetep bisa menyelipkan info-info dasar sesuai dengan prinsip 5 W + 1 H. Cerita tentang perjalanan hidup pemilik warung makan, kita tetep bisa menyelipkan informasi tentang warungnya, kan? Lokasinya dimana, menunya apa aja, harganya berapa, suasana warungnya gimana, rasa makanannya gimana, rasa minumnya gimana, rasa yang pernah ada di antara kita kenapa kamu secepet itu ngelupainnya. WOY!

Dan satu lagi yang nancep buat aku, Marischka Prue bilang, enggak usah terlalu memaksakan menulis yang bagus atau berbobot. Menulis aja apa yang kita rasakan selama perjalanan (lagi-lagi ini). Karena kalau kita berusaha banget buat bagus, nanti jadinya malah maksa. Tulisan jadi nggak ada energinya, kosong, karena kita enggak enjoy nulisnya. 

Pacaran dipaksa-paksa aja nggak enak tho? Mau gantengnya kayak Travis Barker lagi nggak pakai baju, kalau nggak enjoy menjalani hubungan ya nggak bakal enak lah. Tapi biarpun mukanya kayak sendal jepit, saat kita enjoy dan 'masuk' ke dalam hubungan itu, pasti semua akan lebih sehat dan menyenangkan. Terus ini paragraf kenapa jadi kayak Pungky pakar cinta online bebas pulsa.

Terus gimana travel blog yang bagus itu? YANG ALA DIRI KITA SENDIRI! Enggak ada patokan sama sekali. Prue menampilkan blog almarhum om Cumi Lebay kemarin. Blog yang nulisnya semau-mau dia, fotonya pun suka-suka banget kancutan dimana-mana. Tapi dia sukses jadi travel blog dengan trafik nomer satu di Indonesia saat ini, karena apa? Karena dia menjadi dirinya sendiri!

Dan paragraf barusan bikin mata aku panas, kangen om Cumi, yah? :(

Sama sekali enggak perlu menjadi orang lain, terinspirasi boleh, tapi tetaplah menulis sebagai diri sendiri. Bangun blog yang gue banget, tulisan perjalanan yang memang kita suka menulisnya, bukan kita terpaksa menulisnya. Daripada sibuk meniru orang lain, mending sibuk kirim gincu baru ke aku aja. Gimana? Nyahahaha kok modus.



Terimakasih kak Prue untuk ilmunya, terimakasih KEB untuk Arisan Ilmunya, terimakasih Makmin untuk kesempatannya, dan terimakasih Plaza FX sudah mengajari aku naik lift masa kini. Semoga abis ini aku bisa jadi blogger sehits kak Prue ya buahahahahaha ngarep betul. Eh amin mana amin, sepi bener?


Depok, 27 Maret jadi kangen piknik, 2017

Aku juga heran kenapa kak Prue itu bisa bening banget, mulus dan mukanya licin. Padahal sama-sama doyan panas-panasan dan kena air laut. Dunia nggak adil beut, Foto kami berdua jadi kayak papan catur gitu, hitam putih yang sungguh kontras. Huss, apa ketawa-ketawa! 😒


21 komentar

  1. Hahaha, iya ya kayak papan catur, ups.
    Aah, beruntung banget bisa ketemu marischa. Dia diajak ke Solo mau gak ya?
    Dicatet, nulis dengan rasa yang dalam, sedalam lautan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain aja ajak ke Solo... Siapa tau mau :D :D

      Hapus
  2. Tulisanmu yg slalu asik anyep mbak? Aduhh. Kalau tulisanmu anyep tulisanku apa coba? Beku kayak es batu kali ya. Ahahahaha. Thanks for sharing. "menulis dengan rasa" tak stabilo ini

    BalasHapus
  3. Pungky ending yg papan catur itu nancep banget hehehehe... jadi menulislah dengan rasa karena setiap orang informasinya akan berbeda :D eh aku jadi penasaran lift yg km maksud ada ga di Surabay LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lho yang pencetannya pake tiang kayak tombol2 di kuis di tipi. Jadi gak nempel di sebelah pintu lift bahahahaha katro banget

      Hapus
  4. Hueheuehe.. Kamu hrs coba lift yg di kantorku berarti.. Lebih sdkit unik tombolnya :D.

    Btw, ini dia travel blogger inspirasiku... Suka bgt ama prue krn dia suka wahana extreme kyk bungy jumping.. Dan aku bukan cm suka ama begitu, tp tergila2. Makanya kalo baca blog prue yg ttg bungy ato pas ke jepang main rollercoaster seram, aku lgs bikin planning pgn cobain smua itu :D. Dan iri bgt ama dia. Itu rambut dicat aneh2 kenapa cocok semuaaaak :p. Aku udh mirip orang2an sawah kali kalo pake cat rambut ijo ato abu2 kyk dia wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, rambutnya kece badai. Sering nyemplung laut kok bisa nggak rusak yaaa :D

      Hapus
  5. Pas bgt ya mba lgi di jkt jadi bisa ikut arisan ilmu.
    Km juga travel blogger nghits kok, aku suka tulisan2nya.
    Dan kmrin aku mau upload foto bareng eh hasilny pd blur, bye gk jadi pamer foto sm selebblog.

    BalasHapus
  6. Hahahaha... papan catur :)). Ups, numpang ketawak dulu, Pung ;). Nulis cerita perjalanan memang gampang-gampang susah. Akupun kadang masih mbalelo nulisnya. Pas mood bagus ya rasanya nyampe. Pas mau buru2 kelar, rasanya anyep. Duh, manusia lah yaaa.. hahaha. Prue punyavtulisan yang khas. Dirimu juga, Pung. Nyeleneh ala Pungky menurutku tetap punya bobot tulisan yang spesial. Cieeee seneng dia cieeee... hehe. Etapi beneran, ini mujinya tulus! Lemparin gincu atu dong, shaaaayy :D

    BalasHapus
  7. Stlah baca ni artikel, jadi tahu kl lift di GI beda dari lift mall2 lainnya. PAs kesana, akunya naik ekskalator, mungkin kl naik lift bakal ikutan oon wkwkwk :p

    BalasHapus
  8. Beberapa kali baca tulisan Marischka di blognya, pendapat saya mah tulisan dia justru kebalikan dr yg dia bilang. Tulisan Marischka miskin rasa. Sebaliknya kamu, Pungky. Tulisan Pungky jauh lebih berasa dibanding Marisckha. Selain memang kesempatannya ada, mba marisckha menang di wajah, koneksi, dan penampilan. Track recordnya sbg jurnalis emang keren banget dan keputusannya buat terjun jd travel blogger emang paling tepat. Bidang travel writing lagi seksi-seksinya sekarang. Walo mba marisckha pernah jadi jurnalis, tapi ga tau kenapa tulisan travelnya biasa banget. Cenderung bosenin. (Maap ya, mba marischka. Heuheuheu).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ko sepakat kita tehh, bagusan punya kamu lho sist. IG nya sih bolehlah,,,brandingnya kuat banget. Tapi blog masih kurang di seleraku hehe

      Hapus
  9. Aku baca postingan ini kok malah ketawa mulu, ya, Mbak. Di awal karena lift, di tengah karena biro percintaan, di akhir ada papan catur. wkwkwkwk

    BalasHapus
  10. Tfs yaaa sharing ilmunya, menulis dengan rasa ini mungkin mirip ke gaya penulisan story telling kali ya? Cmiiw

    BalasHapus
  11. mantan reporter acara jalan-jalan pasti enak kalau nulis blog krn udh paham banget. terlebih prue ini pnya pacar fotographer underwater yang wahid bange hasil fotonya. Tapi saya setuju mbak, mau nulis apapaun harus pakai rasa ngak harus travelling apa aja kl ngak pakai feel kyknya kurang nendang gichu hehehhe

    BalasHapus
  12. huahahahahaha, ngakak baca bagian terakhirnya :) Prue is Prue and Pungky is Pungky dengan segala ..... (isi sendiri) ^_^

    BalasHapus
  13. Suka sama warna rambut prue, keren. Eh kamu juga keren, blogger kesukaan aku

    BalasHapus
  14. Pungky mirip MARISCHKA PRUDENCE nih :) tulisannya pungky jugag selalu menginspirasi loh, sampai VIRAL

    BalasHapus
  15. Tapi aku tetep suka tulisan travel pungky kok

    Yess dapat ilmu baru, menulis dengan rasa. Baiklah.

    Btw aku dah coba lift transparan dg tombol macam begitu hahaha

    BalasHapus