Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Habiskan Kosmetikmu



Kemaren ketemuan sama temen, trus namanya perempuan ya, kalau ketemu pastilah yang digosipin seputaran isian lambe turah dan isian make up pouch. Dia pamer tuh koleksi gincu barunya yang aku belum punya, warnanya lucu-lucu. Trus kami saling icip gincu. Punyaku cuma tiga biji, dia berapa coba? sebelas. Itu baru yang di make up pouch, dia bilang di kosan masih ada belasan lagi nggak dibawa.

Dipake semua? Aku nanya. Dia bilang iya dipake, kesebelasannya itu semua favorit. Tapi buat setiap hari, andalannya cuma dua. DUA BIJI. Sembilan yang lain buat gonta ganti kalau pengen aja. Tapi tetep dibawa kemana-mana buat jaga-jaga. Nah sisanya yang di kosan, lebih jaga-jaga dari jaga-jaga. Beberapa dipakai cuma kalau pengen foto-foto buat ngasih makan instagram, sisanya bahkan cuma disentuh sekali dua kali. Trus ngedangkrak.

Aku pernah tuh kayak dia, beuh pernah banget. Dulu punya eyeliner sampe lima belas biji, dari yang hitam glossy, hitam dove, hitam glossy-enggak-dove-enggak, sampai warna belek sosialita macam biru mentereng, ijo gonjreng, silver, dan gold. Buat apaan coba eyeliner warna gold? Dipake kondangan juga kagak, malu kali. Itu kalo dipake, mata udah kayak toko perhiasan. Blink blink nggak jelas arah hidupnya.


Tapi ya punya! Karena dulu aku suka bebikinan foto EOTD, jadi ngoleksi eyeliner udah kayak ngoleksi gadun. Gatel aja gitu ke mall tanpa mampir konter kosmetik buat nyomot barang sebiji eyeliner, meskipun warnanya silver atau ijo elektrik yang mana aku sendiri udah sadar kalau itu cuma akan dipake sekali dua kali.


Lalu beli gincu kayak beli kacang godok. Nggak cukup satu dua batang, saban ada yang lagi hits langsung nabung, ngacir ke mall. Dipake semua? Yakali, bibir aja cuma sebiji-bijinya. Trus meledaklah tren liquid lipstick, ugh itu lebih parah lagi. Warnanya mirip-mirip cuma beda dikiiiit, tetep dibeli. Ya gimana, lipstick kan gitu ya, cowok-cowok mah bilang nggak ada bedanya, kita mah pereu, beda warna seciprit aja langsung berasa dunia beserta isinya berubah drastis.

Dan satu hari aku beberes lemari kosmetik, tau apa, banyaaaak lipstick dan eyeshadowku yang kadaluarsa! Beneran tanggalnya udah lewat jadi udah fix harus dibuang. Enggak cuma kosmetik, skin care juga kena. Apalagi ini yang kadaluarsanya mepet, udah itu sambil nangis-nangis, masukin semuanya ke tong sampah. Nangis? Yeuh, banget!


Waktu aku kecil, tiap makan nggak abis, mama sering bilang, "Ayo diabisin, nanti nasinya nangis lho kalau dibuang..". Buang kosmetik sambil kebayang-bayang nasihat mama itu. Bukan, bukan ngebayangin kometiknya yang nangis. Tapi kebayang mereka yang kerja di pabrik berangkat pagi pulang sore demi keluarganya, bikin kosmetik cuma buat aku buang ke tong sampah. Kebayang aku nyari duit sampe begadang pegel-pegel kok ya hasilnya buat dibuang-buang doang, kebayang cewek-cewek yang mau beli gincu sebatang aja harus nabung lamaaaa dan aku berbatang-batang nyemplung ke tempat sampah, kebayang brand-brand yang udah ngasih dengan sangat baik trus aku buang gitu aja.

Sejak itu, aku langsung menguras lemari kosmetik. Beneran langsung aku tawar-tawarin ke temen-temen deket, ke bu Asanah (pengasuhnya Jiwo), ke adek, ke mama, ke siapapun deh yang mau. Soalnya banyak yang memang baru dipake sekali dua kali dan nggak pernah aku sentuh-sentuh lagi.

Udah dua tahun terakhir ini aku cuma punya gincu 3-5 biji, yang satu untuk pertama kalinya, HABIS! Beneran kemaren pas mau diicip eh abis sampe udah nggak ada isinya lagi dan dibuang sambil senyum-senyum. Eyelinerku cuma satu, menuju habis. Bedak, foundation, highliter, pensil alis, maskara, bahkan rangkaian skin care, sekarang aku cuma punya masing-masing satu dan semuanya akan dipakai sampai habis.

Skin care yang paling berubah mah, dulu segala macem dicobain, trus kan jorok ya kalau skin care berbagi sama orang. Akhirnya ya itu, pada kadaluarsa gitu aja di lemari. Sekarang beneran aku kuat-kuatin liat iklan seliweran, bagusnya kayak apa bodo amat, kalau yang sebelumnya belum habis pokoknya enggak boleh beli lagi.

Tiap ada brand kosmetik mau kerjasama dan ngasih produk, aku cobain pakai, kalau cocok banget, aku liat tanggal kadaluarsanya. Kalau masih bisa disimpen sampai produk yang sekarang dipake abis, ya simpen. Tapi kalau enggak cocok atau tanggalnya nggak memungkinan karena yang lagi dipake masih banyak, aku bilang baik-baik ke pihak brandnya kalau itu nantinya bakal aku kasih orang. Dengan catatan, aku bakal tetep menulis reviewnya dengan jujur sesuai pengalaman pakai sendiri.

Susah oy, asli deh. Awalnya nggak segampang ngemengnya, karena review para beauty guru kan suka ngehe ya? Bener-bener racun dan bawaannya pengin langsung order, order, order. Kesebelasan gincu rasanya nggak pernah cukup buat bibirku yang cuma sebuah ini (satuan bibir apa sih?). Tapi aku selalu inget-inget kalau aku masih punya dan kalau itu sampai kadaluarsa karena nggak kepake, aku jahat. Itu mubazir banget dan aku nggak mensyukuri rejeki namanya.

Ya beda kalau aku MUA, misalnya. Kosmetik punya segambreng wajarlah buat ngelenongin orang, insya Allah bisa habis. Lah aku? Cuma blogger yang suka ngereviewin produk, ngapain disimpen-simpen. Kalau sekiranya udah direview dan yakin nggak bakal kepakai, ya lepasinlah, kasih orang atau jual atau apa kek yang nggak dibuang. Kosmetik itu kadaluarsanya cepet lho. Lebih cepet daripada move on karena ditinggal ke pelaminan sama gebetan.

Beli kosmetik baru apalagi yang lagi hits memang menyenangkan (baaaanget), yaudah beli aja kalau rejekinya ada. Tapi diinget-inget apakah itu beneran akan dipakai atau seratus persen buat punya-punya doang. Kalaupun beli buat nyicip atau review, ya ikhlasin lah kalau kita udahan. Jangan disimpen-simpen cuma karena sayang, sekali lagi, kosmetik itu kadaluarsanya cepet lho. Masa tega sih ngebiarin mereka jadi mubazir?


Purwokerto, 23 September kekenyangan 2017

Yuk, habiskan kosmetikmu! :D

16 komentar

  1. Aku dulu juga begitu, tapi gak sampai bikin kesebelasan lipstik. Sekarang cuma 3 biji doang punyanya. Itu juga udah pada mau abis.

    BalasHapus
  2. Sekarang aku cuma punya 1. :'D Kapok. Soalnya sayang kalau sampai kadauarsa

    BalasHapus
  3. Aku menyiasatinya dengan beli pallet lipstik sih. Satu kotak warnanya banyak dan dikit2.

    BalasHapus
  4. Waduh, kalau pas dapati lipstik kadaluarsa dan masih banyak, rasanya pengen nangis kejer

    BalasHapus
  5. sekarang aku jarang beli kosmetik,
    dapat hibah dari anak gadisku yang lagi doyan nyoba2 kosmetik dan gincu he.. he.. emaknya kebagian menghabiskan melulu,
    dulu ngabisin nasinya sekarang ngabisin bedak

    BalasHapus
  6. baiklah mulai sekarang nyicil ngemilin kosmetik biar ga kadaluarsa. Lho???

    Nyesek juga ya kalau ngga ke pake terus ke buang. Yasudahlah biar pun di dalam rumah kudu ngelenong juga deh di depan Pak Su

    BalasHapus
  7. Kayak aku ni lipstik punya banyak dan harus rela saat keluarga minta koleksi lipstikku

    BalasHapus
  8. aku banget nih mbak, tp masih belum bisa berenti beli-beli karena aku banci pekejing hiks, tapi aku selalu ga pernah lupa sebulan sekali sortir makeup dan skincare buat aku kasih2 ke teman dan saudara, jadi perasaan berdosa menimbun makeup nya sedikit terobati hahahaa

    www.dajourneys.com/

    BalasHapus
  9. alhamdulillah gincuku cuma 2, eyeliner juga 2. anak KOnmari hahaha

    BalasHapus
  10. Karena banyak nulis beauty jadi gak bisa disangkal kalo produk beauty suka banyak di rumah. Tapi ya itu, kalau skin care atau body care biasanya kupake sampe abis. Malah Alhamdulillah ga usah beli kayak sabun mandi gitu. Hehehehe.

    Nah kalau kosmetik aku suka per berapa bulan aku kumpulin yang jarang dipake buat dikasih ke temen atau keluarga. Dan itu aja mereka udah seneng. Jadi ngapain disimpen lama-lama yang akhirnya jadi expired. :)

    BalasHapus
  11. Punyaku satu dua doang lipstik, eyeliner belum beli lagii, lupaa..bagi lipenstipnya puung..

    BalasHapus
  12. Dheg. Mba Pungky kok aku merasa tertohok yaaa hehe tapi sekarang udah lumayan bisa nih pake lipstick sampe beneran habis. Sebuah prestasi. YAYYYY! :D

    BalasHapus
  13. Awalnya aku juga tim buang kosmetik karena kadaluarsa. Tapi itu zaman masih gadis sih ya, belum mikir popok, susu, ikanb salmon buat anak. Hehehe.
    Sekarang mah udah beda, pokoknya beli apapun kudu atas nama kebutuhan. :p

    BalasHapus
  14. Sini mbak, kalo merasa kebanyakan make up atau skincare bisa langsung lempar jauh ke Surabaya. Saya mau nampungnya hehe.
    Saya suka kegoda kalo jalan2 di mall dan lihat stand nya kosmetik. Tapi ya gitu gak berani mampir soalnya uda nyadar kalo isi dompetnya gak kuat wkwk. Dan otak slalu otomatis ngingetin "buat apa? bukannya di rumah uda ada?". Padahal dari lubuk hati paling dalem pengen banget ngincip dikit2 gitu :D

    BalasHapus
  15. Tadinya juga gitu aku, tapi pada akhirnya aku berpikir "uang itu susah loh dapetinnya, masa iya selalu kayak gini laper mata".

    Dan sekarang kalau mampir ke mall dan ngelihat sesuatu yang bertuliskan sale atau diskonan yaudah lihat puas-puasin dan bilang dompet gak kuat da inget :D
    Kecuali kalau ada promosi produk gratis, kalau sanggup disantronin itu tempat pasti ~

    BalasHapus
  16. Kalau aku... dibagi-bagi huahahaha.. aku sering beli tapi ngg selalu lgs dibuka Pung! Jadi gantian.. tapi kalau lipstik, karena jam kerja dan gaul tinggi #tssaaah, jadi memang boros ajaaa :). And you know what, kalau pengen coba-coba.. ngacir ke Sephora aja cobain semuaaaa sampe puas hihi. But I do agree, habiskan kosmetikmu.. jangan boros ;)

    BalasHapus