Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Tutorial Membuat Stopmotion Sederhana

Tutorial ini adalah lanjutan dari curhatan 3 taun lalu, di sini. Muahahahaha laba-laba udah bukan bersarang lagi, udah beranak pinak tujuh turunan delapan setopan. Postingan blog bersambung setelah tiga taun, pungky doang yang dah punya kelakuan :))

Oke, jadi ini adalah (ceritanya) tutorial sederhana membuat stopmotion. Ini kayaknya tutorial pertama aku di bidang gini-ginian. Jadi kalau kurang jelas, ya mohon diterima dengan lapang bola :')


1. Siapkan Cerita
Mau stopmotion tentang apa? ceritanya gimana? Tentukan dari mulai sampai tamat. Syaratnya, gak boleh lama-lama! Durasi waras stopmotion itu 1 - 3 menit. Di atas 3 menit, aku gak tanggung kalo situ setres sendiri. Muehehehe. Di tutorial ini, aku contohin stopmotion aku yang tentang metode penelitian ya. Intinya, aku pengen di stopmotion itu, si tokoh membedakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan memisahkan kepingan puzzle dan memboyongnya ke tempat seharusnya.

2. Buat Storyboard
Storyboard itu apa? Plis, jangan kayak lagi marahan gitu deh sama bang google. Cari tau sendiri yes :D
Buat storyboard termasuk sudut pengambilan gambar dan perkiraan gerakan objek secara detil. Jangan sampe, pas udah take, ternyata si objek gak memungkinkan untuk bergerak sesuai jalan cerita. Nanti ribet lagi bongkar-bongkar atau pindah-pindah :D



3. Siapkan Alat Tempur
Setelah cerita dan storyboard siap, tentukan properti, setting tempat dan printilan teknis lainnya. Misal, stopmotion metode penelitian. Ya tentukan deh, tokohnya mau apa? Di sini aku pilih pakai figure Bart Simpson salah gaul. Kenapa? Karena mainan kecil di kamar cuma ada itu yang memungkinkan. Sisanya boneka gajah nonggeng segede gambreng sama boneka ultraman yang bentuknya lebih mirip laler gaul. Nyahahaha. Pakai aja benda-benda yang ada di rumah, gak harus beli kok! :D 

Trus propertinya butuh apa aja? Misal yang aku pakai adalah: stryrofoam untuk background, puzzle untuk materi, jarum untuk bantu mendirikan boneka, dll. Trus alat-alat penting kayak kamera (butuh berapa, ditaro dimana aja), tripod, lampu, dll. Siapkan semua! Jangan sampe, pas udah di tengah take, ternyata ada properti yang kelupaan. Huhuhu meringis cantik deh.

4. Buat Setting
Lokasinya dimana, kamera ngambilnya darimana, lampunya taro mana, dan yang paling penting, temen yang bantuin siapa (--,)

Bho, bikin stopmotion sendirian itu bagai jomblo merindukan Dude Harlino. Boleh banget, cuma kasian. Di stopmotion ini, aku bikin setting pakai styrofoam pink dan putih yang aku taro di atas meja, dengan satu kamera dari depan pakai tripod, satu kamera cadangan, satu teman bantuin dan satu (waktu itu masih) pacar bantuin ngerecokin. Harusnya sih pakai lampu ya.. lampu belajar gitu. Tapi ya... namanya juga pungky. Boro-boro lampu belajar, belajar aja gak pernah :')

Eh, gunanya lampu buat apa? Buat bikin cahayanya bagus! Soalnya cahaya matahari itu kan terangnya berubah-ubah ya.. dan bikin stopmotion itu gak bisa sebentar. Bisa dari pagi sampai malem, dan semua cahaya terekam kamera. Jadi, daripada cahaya di foto berubah-ubah, mending pakai lampu biar cahaya dan warnanya sama terus. Coba perhatiin deh stopmotion aku, di bagian akhir, si Bart udah ada bayangannya. Karena itu udah sore dan matahari udah pindah tempat. Hiks, begitulah kalau sok dan malas nyari.. jadi aneh deh :')

Satu lagi, tripod adalah wajib! Kamu coba aja sendiri ya untuk tau alasannya :D


5. Pemotretan
Wohooo! Ini nih bagian intinya. Setelah semuanya siap, difoto deh! Cara fotonya, jepret setiap perpindahan gerakan kecil si objek. Misal, dia melangkah, ya difoto langkah per langkah, atau biar semakin alus, dua kali foto per satu langkah. Pokoknya, setiap perubahan gerakan, difoto ya. Semakin sering motonya, semakin alus nanti gerakannya. Nih contohnya kayak gambar ini nih, setiap pindah gerakan dijepret. Jangan lupa, perhatikan gerakan benda sekeliling. Misalnya, kamu buat cerita yang tokohnya dua boneka. Saat si boneka satu gerak, perhatikan juga gerakan boneka yang lain. Atau misalnya kamu buat cerita yang pakai pohon bergerak, satu daun gerak, ya semua harus ikut gerak. Jangan sampai kamu memperhatikan gerakan objek, dan lupa kalau ada elemen-elemen pendukung yang harus ikut digerakan juga. Kebanyakan, stopmotion itu menggerakan benda mati. Jadi, susah kalau kamu berharap mereka gerak sendiri. Horor nanti jadinya :))



Jadi, gak usah takjub, kalau selesai pemotretan nanti, kamu akan punya ratusan bahkan ribuan foto. Ya emang segitu! Stopmotion aku yang gak sampai 2 menit ini, dibuat dari sekitar 600 foto. Yap, enam ratus foto untuk stopmotion 2 menit ^_^

Itulah kenapa orang yang hobi bikin stopmotion biasanya sabar-sabar, kayak aku gini. ting ting ting ;) *digaplok tripod*


6. Menyatukan Gambar
Setelah foto yang ratusan bahkan ribuan itu jadi, sekarang saatnya kita satukan biar jadi beneran stopmotion. Yay! Sebenernya banyak software yang bisa dipakai, tapi, kan ceritanya situ pemula. Jadi, kita pakai aja yang gampang ya.. Windows Movie Maker (WMM). Muahahahaha tolong yang mau gampar, antri di belakang (,--)

Dapetin software ini, dimana? Duh, kuper amat sih. Satu-satunya cara dapetin windows movie maker bagi yang gak tau adalah, tolong bergaul. Ngahahahahahaha *antrian pingin gampar semakin panjang*

Nah, sekarang buka ya WMM nya.. Trus klik "tambah video dan foto" di kiri atas. Masukkan semua foto yang udah kita siapkan. Trus klik salah satu foto yang udah dimasukan, ctrl A, klik "Edit" lalu ganti durasinya. Aku biasanya pakai 0,20 atau 0,25. Ini bisa kamu ganti-ganti sesuai selera. Jangan lupa, abis ganti angkanya, kamu play previewnya, biar tau udah pas atau belum. Nanti ketemu sendiri deh yang mana yang enak, yang mana yang kurang pas. Kan kamu yang ngerasain... #soundswrong :)))


Setelah jadi, kamu bisa tambah printilan biar stopmotion gak gitu-gitu amat. Kasih judul kek apa kek, bebas deh! Klak klik klak klik sendiri ya..

Terakhir, simpan stopmotion dan taraaa! Sudah jadi :D



Purwokerto, long weekend yang gak long long amat, April 2014

Tips dari aku, jangan pernah takut salah yaa... Coba-coba aja terus.
Takut tuh sama dua hal aja, dua T.
Tuhan dan T-rex.

78 komentar

  1. keren banget...., musti punya stock sabarnya bertumpuk2 buat ini ya mak Pungky..
    animasinya lucu..itu nggambar sendiri juga?
    trims sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... puzzlenya itu bikin sendiri pake photoshop trus di print dan ditempel di styrofoam. hehe

      Hapus
  2. yaampun kak keren bangeeeeeeet! emang yah kak pungky kreativitasnya gak ada habisnyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreatifitas bikin skripsi nih yang gak isi isi :)))

      Hapus
  3. Wah jadi pengen bikin nih pungky...
    Oooh no kamu meeracunikuuuuh...

    BalasHapus
  4. Aiiiish keren banget. Aku kadang main2 film maker juga, tapi stopmotion? Hidiiih udahlah kamu aja yang menang, nggak telaten hahahaaa.... *aku juga lagi nggak liburan nih, lagi bikin donat

    BalasHapus
  5. wah bagus ni tutorialnya.. makasih mak ya..
    segera dicoba,
    hehe

    BalasHapus
  6. Wowow...keren mak tutorialnya. Tapi kayaknya aku idem ma mak lusi deh...bwahahahahah.....

    BalasHapus
  7. Woooww..pungky makasiiig sayaang.dr kmrn pgn bisa giniaan...makasih yaaa tutorialnyaa..

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau kasih suara / musik pake apa mak?

      Hapus
    2. Ada pilihan tambahkan musik mak.. klak klik klak klik aja :D

      Hapus
  9. waduuuh.. ini butuh kesabaran banget-banget ya..
    aku nyerah... ^^ hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, belom berjuang udah nyerah >:( *kelitikin*

      Hapus
  10. Lebih ribet dari merajut... hehehe

    BalasHapus
  11. Buset! Keren amat!
    Dan kayak ginian bakalan bukan kerjaan saya, ga sabaran bo :)))

    BalasHapus
  12. wkwkwk, waktu belajarnya bisa ngalahain waktu masak ini....kereeen Mak Pungky

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali-kali gak masak kan boleh mak. beli aja di warung rames. wkwkwkwk

      Hapus
  13. Kereennnn Puwollll...tekniknya spt bikin film kartun ya Makkkk......

    BalasHapus
  14. waduh harus siap board, tripod dan asisten. Ribet juga yaaa. Kapan2 nyoba ah klo sdh punya tripod haha :)

    BalasHapus
  15. Kereeeen...aduh gaptek nih aku..600 foto ya..wah bisa2 ga masak aku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi benar Mak. Sy juga membayangkan kerjaan rumah (aneka jenis cucian, dll) .. trus anak 3 org. Belum kalo ngeset itu, diacak2 sama 3 bocah aktif waaaah :D

      Hapus
    2. Hihihihi sekali kali gak masak boleh dong.. cucian mah bisa malem. anak2 bisa dititip dulu di rumah eyangnya x))

      Hapus
  16. Fenny juga pernah pakai WMV buat skripsi tapi ga sebanyak ituuuuh fotonya *mabok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe gak akan kerasa kok. Tau2 udah 600 foto ajah :D

      Hapus
  17. Pung, itu yg di 1:09 emang Bart-nya sengaja kepleset yak? ;)

    BalasHapus
  18. wkwk aku jg pake WMM XD gampang abis hihi
    bikin stop motion emg capek tp asik ^^

    BalasHapus
  19. waaah keren...tp yg ampuun itu foto banyak buaanget....nyerah duluan hihihi #BWmalming

    BalasHapus
  20. Eeeerrr ... 600 foto, ya? *emak lamur langsung butuh napas buatan* :)))))

    BalasHapus
  21. Keren dan informatif mak. Thanks yaaa
    *tapi nyobainya kapan2, haha :D

    BalasHapus
  22. Aku sudah liat stopmotionmu yang kau buat tutorial ini Pung. Ini kan hasil kerjamu menjawab tantangan dari dosenmu itu kan?
    Emang sih saat itu aku cuma bisa mbatin gimana caranya Pungky buat orang yang sibuk jalan kesana kemarin ngangkutin tulisan2 itu.
    Tapi daripada aku disuruh buat sendiri mendingan aku orderkan aja ke kamu Pung... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini sini sini.. asal bayaran sesuai, aku terima orderan kok. Buahahahahha

      Hapus
  23. Ooo ya ampun Pungky .... sabar amat dirimu ...
    Kelemahan saya adalah ... dalam mengurus 600 foto! *mana bisa bikin stop motion keren kalo egini ya hihihi*
    Hasilnya keren bangets.

    Tapi intinya, saya ngerti makmud.

    Ini bisa pake Slide SHow Creator juga berarti buat jadi video
    Kalo gambar doang bisa pake animated gif melalui Photo Scape ya. Yang penting konsepnya matang tang tang tang *di atas kan ada ting ting ting*
    *tunggu ngecek dulu .. ah iya ada*

    Makasih ya dek .. sharing cakep ini ... jadi makin mengerti sayah betaoa rumitnya sop motion *lho?*
    (ini komen orang malas, abaikan)

    BalasHapus
  24. Astagaaa ratusan foto? Ckckckck. *ungsiin anak2 n suami*

    BalasHapus
  25. suatu hari nanti Dija harus bisa bikin stop motion jugaa kayak Tante punky

    BalasHapus
  26. Hikks prosedurnya kudu sabaar.ribet namun okay banget hasil jadinya :)

    BalasHapus
  27. Windows Movie maker ada. Tapi gak pernah dimanfaatin, hehe. Thank's Mak Pungky.

    BalasHapus
  28. haaah 600 poto...langsung penuh lapieku :P

    BalasHapus
  29. wah keren.. berarti itu murid saya bikin stop motion berapa lama ya? secara 7 menit brow... #tepar #ngebayangin

    BalasHapus
  30. Aa keren tutorialnya Pungky! Jadi prinsipnya sama kaya gulungan film ato film kartun jadul yg diputer pake tangan ya? Makasih pungky, ini tutorialnya bermanfaat sekaliii.. btw itu metode penelitian kualitatif dulu lg booming bgt pas gue skripsi, bnyk yg pake trmasuk gue (tapi uda lupa2 yah ceu. Hihihi)

    BalasHapus
  31. jangan berhenti berkreasi...tanpa batas

    BalasHapus
  32. huaaaa seneng diajarin kaya gini sama pungky. makasih ya pun

    BalasHapus
  33. mak pung,,boleh diaplikasikan kan ilmunya dengan kata lain boleh ditiru??? gini nih kalau miskin kreatifitas,,selalu niru orang,,,hehehehe #boleh ya,,,

    BalasHapus
  34. Ini postingan ngingetin tugas pelajaran waktu SMK dulu mbak :D
    Tapi bedanya dulu peraganya pake lilin warna-warni gt, terus dbentuk macem-macem muehehe.
    Lumayan laaah buat mbak sebagai orang-yang-bukan-bidangnya buat ginian ._.v

    BalasHapus
  35. keereeen banget animasinya sebagus itu dibuat dengan teknik stop motion, kalau aku sih sudah nyerah. atau mungkin akan ngandalin buat spt ini pakai adobe after effect dan photoshop a

    BalasHapus
  36. lhaa bisa gerak dengan sendirinya ternyata butuh 600 foto, wahahaha
    tangan saya bisa langsung keriting

    BalasHapus
  37. Eh eh eh, itu musiknya gak kena copyright di yutub? Video tutorialku kena semua deh.. Akhirnya aku mute biar bisa dimonitize di yutub.

    BalasHapus
  38. AH bookmark dulu ah.
    eh tapi hasilnya kece juga yah :)) penyatuan fotonya halus banget :)

    BalasHapus
  39. Step by stepnya keceeeh badai, Pungk. Kereen!

    BalasHapus
  40. <- orangnya ngga tekun dan sabar. Ngga cocok buat beginian. Cocoknya dibuatin. Tsah.

    BalasHapus
  41. Kerenn banget jadi.nya...sukses selalu pungky

    BalasHapus
  42. Tutorial yang berguna sekali....salam suksess

    BalasHapus
  43. Wuih keren banget. Tapi leukleuk kata orang sunda mah. Tapi hasilnya oke...
    Tar ta' cobain ah....
    TFS, Mak. ^^

    BalasHapus
  44. Huaaaaa..begimana bisa si? dibaca berulang-ulang kagak mudeng...wkwkkwkwkw, jauhin usia...

    BalasHapus
  45. Mauuuu bikiiinnnn buat ultah papiiihh...semoga jadi ya... --"
    *ngakak bagian soundswrongnya xD

    Pungkih uwuwuwu

    BalasHapus
  46. Mau tanya nih kalo menyatukan gambar nya tapi tidak menggunakan WMM apa ada cara lain Gan ..? selain di WMM untuk menyatukan gambar nya .?

    Tolong solusi nya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai video editor lain kayak sony vegas, adobe premiere atau dragon stopmotion. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  47. Butuh model, hub.i daku ya mak pung *disapu kemoceng
    :)

    BalasHapus
  48. oooooh ternyata video2 itu begini cara buatnya, cape juga ya >_<
    salam kenal, dari purwokerto juga :D

    BalasHapus
  49. terima kasih kak tutorialnya, lengkap banget ini :)

    BalasHapus
  50. keren nih kak... huh,, pengn nyoba nih,, trims kak...

    BalasHapus