Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Sepetang Bersama Blogger 2015 (1): Blogging, Adalah Perjalanan Berharga




Uncle Masrukhin, salah satu panelis di acara Sepetang Bersama Blogger 2015, bilang: Ngeblog itu memberi, berbagi. Dan saat berbagi, sejatinya kita sedang menabung. Akan ada satu hari tabungan itu bisa kita nikmati hasilnya. Janji Allah gak pernah meleset. 


Kedengerannya sederhana, ya? Tapi konsep memberi – menabung - menuai ini membawa Uncle Mas, keliling Asia Tengah selama 46 hari. ‘Tabungannya’, membuat dia memetik buah manis yang tak ternilai harganya.

Lain Unlce Mas, lain Darul. Blogger asal Madura ini bilang, kalau keberuntungan adalah kombinasi kesiapan, kesempatan, dan doa doa ibu kita yang sedang dikabulkan. Darul membuat paspor sejak 2014, sebuah hari dimana dia gak punya rencana ke luar negeri sama sekali. Dia hanya meyakini keberuntungan akan datang pada mereka yang bermimpi dengan siap. Darul, dengan kesiapannya, mendapati mimpinya menjadi nyata, seminggu yang lalu. Dia berangkat ke luar negeri untuk pertama kali, gratis.

Uncle Mas dan Darul, aku menyatukan mereka dalam sebuah segitiga keberuntungan: bermimpi, berbagi, dan rejeki. Bermimpilah yang tinggi, terus memberi terus berbagi, dan serahkan semua ‘tabungan’ kita pada Gusti. Basi memang, tapi percayalah doa dan ikhtiar yang baik selalu mendatangkan hasil baik.

---
Ngeblog, pernah membawaku pada beberapa pengalaman hebat. Dan seminggu yang lalu, satu lagi mengetuk pintu. Datang lewat mbak Anaz, beliau mengadakan giveaway berhadiah perjalanan gratis ke Malaysia, mengikuti acara Sepetang Bersama Blogger 2015. Tadinya gak pengin ikutan, soalnya lagi gak punya duit lebih sedikitpun. Mbak Anaz bilang, yang ditanggung hanyalah tiket pesawat dan penginepan, selebihnya bayar sendiri. Duh, duit darimana?

Tapi seperti Darul bilang, keberuntungan adalah kesiapan dan kesempatan. Barangkali kesempatan ini gak datang dua kali, aku mencoba peruntunganku. Biasa, pejuang deadline garis keras, aku kirim 1 jam sebelum giveaway ditutup. Lengkap dibully mbak Anaz dulu di email, khusus aku suruh bayar sendiri katanya. Bah, berani betul dia bully Pevita! Belom aja ngerasain foto aibnya aku upload ke sosmed. Bhahahahahak :P

Singkatnya, aku terpilih. AKU. AKAN. KE LUAR NEGERI. MENGHADIRI ACARA KOPDAR BLOGGER TERBESAR DI MALAYSIA.

Aaaaaaaak.

Duit darimana? Pertanyaan ini macam hantu salah gaul, ganggu banget. Pengumuman pemenang yang menulis namaku, bener-bener bikin aku gak bisa tidur. Kepilih, tapi yang dibayarin cuma tiket pesawat sama penginapan aja. Asli, duit darimanaaaa?

Tapi namanya juga Pungky, nekat udah nyatu sama darah. Menghadiri kopdar blogger terbesar di Malaysia belum tentu ada dua kali. Berbekal duit boleh pinjem, aku berangkat ke Jakarta, lalu ke Malaysia sama Mbak Anaz dan 3 blogger beruntung lainnya. Ada Darul, Una, dan Emak Gaoel--yang di blogpost selanjutnya, kalian akan tau kalau Gaoel di belakang namanya cuma pencitraan. 

Aku terus meyakinkan diri kalau mimpi dan rejeki punya jalannya sendiri. Pasrahin aja sama yang Maha Punya. Gak apa apa minjem uang dulu, insya Allah ada gantiya. Di sana gimana juga pasrahin aja, paling kelaperan, paling gak bisa jalan-jalan karena gak ada ongkos, atau paling parah, gak bisa belanja belanja kalap. EH? :))

Tapi Gusti bukan cuma Maha Punya, Dia juga Maha Memberi. Uang sangu hasil pinjaman yang aku bawa, nyatanya utuh sampai aku pulang lagi. Bahkan di sana aku bisa belanja oleh-oleh untuk beberapa keluarga DAN BELI LIPSTICK DUA BELAS BIJI HAH! Uang sanguku cuma kepakai dua ratus ribu untuk beli tiket Damri bolak balik, makan sekali, dan beli air mineral harga presiden di bandara. SEPULUH RIBU botol kecil, hih. 

Kok bisa? Duit darimana? Bisa, kalau kamu baca postingan selanjutnya. Makanya, stay tune! Muahahahaha

Kami 4 hari di Malaysia, seneng-seneng, kopdar, dan merampok seabrek ilmu dari banyak orang. Semua terjadi karena blog. Ke luar negeri gratis, punya banyak teman baru dari negara lain, melakukan perjalanan lintas negara sama teman-teman yang bahkan baru kali itu ketemu muka, tau rasanya merindukan Indonesia, semua karena blog. 


Purwokerto, 19 Juni puasa hari ke dua Ramadan, 2015
Senin malamnya, di atas kereta Argo Lawu, aku pulang ke Purwokerto dengan satu keyakinan di kepala. Bahwa blog, adalah perjalanan berharga.

53 komentar

  1. wih, bener-bener pengalaman berharga ya.. kebayang serunya. Jadi gaksabar baca lanjutannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bangeeeeeeeeeet. Gak pernah kebayang bisa dapetin pengalaman sehebat ini :')

      Hapus
  2. Blog adalah sejarah. Jejak online yang suatu saat nanti akan ada masa ketika kita baca kembali akan "tersenyum" dan bilang "wah dulu aku pernah begini" seperti photo album kenangan, kalau dilihat 10 tahun lagi deh dari sekarang...pasti amat sangat berkesan. Iya kan?


    Pungky, senang bisa mengenalmu....ada ya blogger dari purwokerto yang ternyata seleb blog. Maaf aku malah baru tahu hahaha...ciye seleb blog..seleb blog. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kenal kamu, aku juga jadi tau kalo Madura punya blogger ganteng sangat. Jieeeeee :v

      Hapus
  3. Wah keren, bisa kopdar di Malaysia segala. Gua selama ini Malaysia cuma transit doank, ga pernah bener-bener jalan-jalan di sana. Setuju banget sama tulisan kamu Pungky, blogging adalah sebuah perjalanan berharga. Blog gua ini juga berawal dari sebuah kebosanan di saat magang di Jakarta, dan hari ini, dia udah menjadi sebuah portofolio kehidupan gua =)

    Berkat ngeblog, gua juga bisa kenalan dengan banyak blogger-blogger asik, dan lu adalah salah satunya, Pung, hehehe. Semangat buat kita berdua, ayo nulis lagi! Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak banget hal hebat yang gue dapet dari blog. Betul betul gak ternilai, terlalu berharga :')

      Hapus
  4. Beuh, tadi dikirain Anaz tuh Anaztasia Siantar mbak ehehehe x))
    Baru denger sih nama daerah Asia Tengah, haha xD

    Liat Mbak Pungki sama om Kepen, aku jadi semangat juga haha padahal aku mah blog nya masih junior banget >_<)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atuh kalo kamu junior, aku apa dong? pre school? hihihihihi

      Hapus
  5. serunya bisa Ke luar negeri gratis :)

    BalasHapus
  6. Hebat non, bisa halan2 sekaligus kopdaran bersama blogger terbesar seAsia Tenggara :) kalo gratisan ikyee mau juga dah *daftar, ngacung tangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi tadinya aku kira, beberapa hal bakal bayar sendiri. Tetep gak gratis gratis amat, ternyata sampai sana, aku gak ngeluarin duit sama sekali. Full gratis. Alhamdulillah ^_^

      Hapus
  7. alhamdulillah, ya, Pung. ikut seneng :)

    BalasHapus
  8. Wahhh ada si Una juga #salahfokus. Selamat ya acara jalan2nya sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, sama Una jalan-jalannya.. Alhamdulillah lancar dan bisa dibilang sukses :D

      Hapus
  9. Lipstik duabelas biji. Aku mau satu pungkik!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    "Aku terus meyakinkan diri kalau mimpi dan rejeki punya jalannya sendiri. Pasrahin aja sama yang Maha Punya" aku suka kalimat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan deh mending, lipsticknya ternyata gak banget. Mending beli Viva 15rebu xD

      Hapus
  10. Sing penting duwe cita2, niat.
    Jadi, stelah ini akan ada sesi khusus buat emak gawul, ya? :D

    BalasHapus
  11. Akkkkkk aku penasaran selanjutnya ~^.^~

    BalasHapus
  12. Pungkyy serunyaaa, ngeblog membawa berkah yo Pung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah.. akupun gak nyangka banget blogging membawaku sejauh ini :')

      Hapus
  13. alhamdulillah.... beauty of blogging!

    BalasHapus
  14. berkah ngeblog yah.. semoga gue juga gitu deh. *lalu mikir KOREA.. JEPANG..BELANDA.. INGGRIS.. * hehehhee (amien dong...)

    BalasHapus
  15. Aku ikutan seneeeeng...
    Pungki dan temen2 lainnya bisa eksis di malaysia deeeeh :)

    Pasti mengesankan sekali perjalanan 4 harinya yaah :)
    Insya Allah bakal ada jalannya sih Pung,
    Aku seriiing mau ngapa-ngapain kepentok duit, tapi akhirnya bisa juga...
    Dan langsung suka berasa nyesel karena suka khawatir duluan hehe...

    Ditunggu postingan selanjutnya yaaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, sama Gusti emang harusnya berprasangka baik terus yaaa :')

      Hapus
  16. yang menang treasure hunt itu kak yaa? jadi dapet duit banyak? *spoiler banget wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih kamu spoiler amaaat >.< wkwkwkwk iyaaa betul, Alhamdulillah :D

      Hapus
  17. Wihiii!
    Rejeki emang nggak ke mana yahhh...
    Alhamdulillah, apalagi ternyata sebagian makan dibayarin jugak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa wahai Una si gadis 10 ringgit. Alhamdulillah ya perjalanan kita banyak gratisannya. Adaaa aja :')

      Hapus
  18. aaakkkk pungkyyyy...
    oleh2nya manaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun gak beli apa-apaaa, duit lebihnya abis buat beli oleh oleh keluarga xD

      Hapus
  19. Yupppp... bener banget, setiap perjalanan punya takdirnya masing2. Usaha dan doa, memberi yang terbaik, sisanya Gusti Allah yang atur. Selamat ya, Pungky... asik banget bisa jalan ke Malaysia for free. Jadi penasaran dengan cerita selanjutnya

    BalasHapus
  20. Banyakin nabung di blog ah, nulis bw dll..
    Ditunggu postingan selanjutnya mak pung...

    BalasHapus
  21. Aaakkk~ setuju makk.. Nge blog adalah perjalanan yang berharga walaupun takes time :P ditunggu part 2 nya ^_^

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Next, keliling eropa bareng! 😊😊😊😊

    BalasHapus
  23. wah asyiknya yang sudah ikutan sepetang bersamaa blogger :)

    BalasHapus
  24. semoga suatu saat bisa kayak mak pungky nih, jalan2 ke ln gratis gara-gra ngeblog

    BalasHapus
  25. Hihihi.. di bandara memang air mineralnya seharga bos perusahaan.. tapi perjalannya berkesan banget ya Mak.. tiada dua

    BalasHapus
  26. Wah asikk mba bisa keluar negeri gratis bareng teman" blogger :D

    BalasHapus
  27. Huaaaa inspiring banget Mbak Pungky. Selama ini I put my faith on blog, dan semoga hasil nggak akan pernah mengkhianati proses yah.. :)

    BalasHapus
  28. aku jugak mauu.. jalan2 geratis dari hasil ngbloooog... ajarin doong puung :D

    BalasHapus
  29. Wah selamat ya, hasil ngeblog bener-bener bisa bikin kita jalan-jalan ke luar negri. Ikut senang dechh

    BalasHapus
  30. Sampai sekarang aku belom pernah menang apa apa lewat blog mbak. Kenapa yaa?? Hahahaha.

    Mudah2an tetap nulis aja deh siapa tahu dapet grandpricenya tiket dan akomodasi ke eropa. Klo ke asia biar pake duit sendiri ajaj. Hahahaha. *keselek*

    Btw salam kenal 😁

    BalasHapus
  31. keren banget si maaak mantap deh

    BalasHapus
  32. itulah kenapa traveling udh jd kebutuhan hidup buat aku :D... serunya ga bisa diganti ama apapun.. Kalo blogging sampe skr msh jd hobi aja mba..blm kepikiran nyari duit :D.. Niatnya krn mw nulisin semua pengalaman traveling krn tkut lupa :D

    BalasHapus