Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Berpakaian untuk Kulit Gelap


Rahasia umum lah ya, kalau di Indonesia ini banyak banget perempuan yang enggak pede dengan kulit gelapnya. Padahal, kulit asli orang Indonesia kan memang sawo matang dan kuning langsat. Mereka yang putih mencling berkilau bikin silau itu biasanya warga keturunan atau ya emang Tuhan pengen aja kali bikin dia putih. Haha.


Aku, termasuk perempuan Indonesia dengan kulit gelap. Malu? Enggak, sama sekali enggak. Gak pede? Nah, tergantung. Tergantung baju dan make up yang aku pakai bisa bikin aku keliatan eksotis maksimal atau malah jadi dekil. Kalau bikin aku kelihatan dekil, jelaslah gak pede, aku kan cuma gadis kekinian yang gak mau gak hits.

Hidupmu ribet betul, nak..

Kamu sering gak pede dengan kulit gelapmu? Yuk cus, ini beberapa tips berpakaian untuk kulit gelap dari aku buat tampil heitz, cetar, dan jauh dari kesan dekil. Tips yaa, bukan juklak. Berdasarkan pengalaman pribadi jadi gak boleh protes. Hah!

1. Kenali Warnamu
Gini, sama pacar yang bulan depan mungkin putus (terus galau minta balikan tapi dianya keburu punya pacar lagi) aja kita harus kenal lebih dekat kan. Nah, apalagi sama pakaian yang bakal nyantol di tubuh setiap hari seumur hidup. Harus banget kenal warna yang cocok dan gak cocok.

Untuk si kulit gelap, aku sarankan pilih pakaian dengan warna-warna tegas seperti merah ngejreng, pink gonjreng, biru gonjreng, ungu gonjreng, apa aja deh pokoknya gonjreng. Kenapa? Soalnya yang gonjreng gonjreng itu bisa bikin kulit gelap terlihat cerah dan merona. Bisa juga pakai warna hangat kayak cokelat, maroon, oranye terang, atau biru dongker. Kalau yang ini, memunculkan kesan eksotis. Beuh.

Kalau mau main aman sih dengan monochrome. Hitam, putih, dan abu-abu tua. Mau kulit kamu putih, gelap, atau belang-belang, monochrome never fails lah ya.


HINDARI warna lembut dan tanggung kayak pink muda, kuning muda, nuansa pastel, dan krem. Kebalikan di atas tadi, warna lembut dan nanggung bikin kulit gelap jadi dekil dan kumel. Apalagi krem atau putih yang kehilangan jati diri (putih tapi kekuning-kuningan, mau jadi apa lu hidup aja gak punya prinsip begitu), aku hindari jauh jauh karena jadi demek bangeeet. Asli, susah dibedain mana muka mana comberan.

Kalau mau pakai krem atau putih yang kehilangan jati diri, pilih yang bermotif supaya demeknya ketolong.

2. Bermain dengan Asesoris
Supaya lebih cling, penting lho bermain main dengan asesoris. Pilih asesoris yang berkesan mewah kayak warna silver atau gold. Tapi hati-hati, too much gold will make you look weird. Kulit gelap memang kelihatan elegan dengan sentuhan gold, tapi cukup satu atau dua asesoris aja. Kalau lebih, malah aneh karena ya bayangin aja kulit cokelat tua banyak buricak burinong dimana-mana. Itu asesoris apa tempelan kulkas?



Buat cowok, bisa pakai jam tangan dengan model maskulin. Karena kesan elegan maskulin itu bikin kulit gelap kamu jadi keren dan seksi. Percaya deh, cewek nih yang ngomong! xD

 3. Perbanyak Koleksi
Suka minder liat temen yang kulitnya putih kelihatan cocok pakai apa aja? Hih, gak jaman. Asal padu padannya pas dan percaya diri, kita kita yang berkulit gelap juga bisa kelihatan kece (banget) kok!

Makanya, aku saranin banget memperbanyak koleksi model pakaian. Sekarang cuma punya jeans sama kaos doang? Yuk deh beli blouse, dress, aneka outer, jumpsuit, leging dengan beragam motif. Biar kamu kelihatan lebih gaya dan jauh dari kesan minder! ;)

4. Mahal, Bok! Lu Mau Bayarin?
IH KUPER DEH! Kita hidup di era internet yang dimana nyari diskonan dan barang murah semudah nyari semut di sarang semut. Manfaatin diskonan lah cyin!


Misalnya nih, sekarang yang lagi berlangsung itu Fashion Fever Week, sale gede-gedean semua Zalora di Asia Tenggara. Iya bener, termasuk Zalora Indonesia! Potongannya sampai 80% doooong. Dan itu yang didiskon bukan brand apalah apalah, tapi high-street fashion brands sekelas Levis, Mango, River Island, New Look dan Zalora nya sendiri lah ya pasti. Hotpant merk Factorie bisa cuma 70 ribu cobaaaaa, kalau beli di mall paling enggak 300 ribu paling murah. Errrr.. *menahan diri untuk tidak kalap*

Diskonan gini kan lumayan banget, kita bisa dapat banyak pakaian dengan harga super miring. Koleksi model pakaian jadi banyak tapi gak bikin kantong bolong. Ya bayangin aja itu baju baju ada yang cuma 50ribuan, tas lucu banget 95ribu, sepatu cantik 70ribuan ajaaaaa. Pusing dompet hayati..

5. PEDE
Ya tapi, baju sekeren apapun, semahal apapun, sediskonan apapun, kalau kamu gak pede, percuma. Mau ngomong semua ciptaan Tuhan itu sempurna apapun warna kulitnya, pasti basi. Pasti kamu udah pernah denger atau baca itu ribuan kali.

Oh, mungkin ini aja. Aku sering mengulang-ngulang bilang, hidup itu cuma sekali, cuma yang ini. Kalau di hidup yang cuma sekali dan satu satunya ini kita habiskan buat minder, gak pede, sebel sama pemberian Tuhan cuma karena warna kulit. Gak sayang sama waktu yang terus berjalan?



Purwokerto, 22 Juli abis lebaran, 2015
 
Liat deh tuh di gambar, rata-rata harganya di bawah 100ribu. Bahkan di webnya ada yang everything under 59K. Hahahahaha Pengertian banget yak. Cuma tanggal 22 - 31 Juli 2015, 10 hari doang. Mumpung THR masih nyisa, MARKISHOP!

27 komentar

  1. Hehehe memang kalau kulit gelap kayak gue ini harus memakai yang sesuai hehehe

    BalasHapus
  2. thr gue udah kelelep, mpung, tlg beliin jam tangan yg maskulin, ya haha

    BalasHapus
  3. wah menarik sekali.. cocok nih untuk direkomen ke si bebeb.. makasih mbak pungky.. :)

    BalasHapus
  4. sesekali tulis tips tentang berpakaian untuk yang badannya kurus ya kak (9.9)

    BalasHapus
  5. saya juga sawo matang mak Pungky hehe

    BalasHapus
  6. Kalau gelap ya coba nyalain lampu aja :D

    BalasHapus
  7. Itu yg warna merah cantik banget.
    Aku biasanya cuma pake jeans sama kaos juga, suka aja. Dress? satupun nggak punya hikss. Meluncur ah, mumpung diskon gede, siapa tau ada yg cocok :D

    BalasHapus
  8. langsung cek webnya akoh..bumil ttp harus keliatan gonjreng.wahahaha

    BalasHapus
  9. gilaaakk...cantik banget foto paling atas itu.... luar biyasaaahhh

    BalasHapus
  10. aku juga kulit gosong n gak pedean....aarg markishop :D

    BalasHapus
  11. Aaaaah iya kmrn ngubek2 diskonan di Zalora ini, bikin kalap hihihi....btw stripes neber fails jg yaaaaa

    BalasHapus
  12. mesti pake baju yang warna gonjreng gonjreng nih :)
    terimakasih tipsnya

    BalasHapus
  13. waw...diskonnya eman mantap nih yg satu ini...

    BalasHapus
  14. Beuh aku mah kuning langsat, kadang keliatan banget warna kuningnya kulitku XD

    BalasHapus
  15. Pungky gelap kulitnyakah??? :p
    Btw, bajunya lucu2 beliin dong pung :"(

    BalasHapus
  16. lu mayan juga ya,up to 80%....beliin kakakkkkk #eh
    Sambil sungkem....minal aidzin wal faidzin,mohon maaf lahir dan batin mami jiwooo ^^

    BalasHapus
  17. Aku mah nunggu traktiran dari Pungky aja buat shoping di Zalora hehehe

    BalasHapus
  18. Waah, masih bersisa brp hr lg nih menuju 31 juli, mau liat jg ah diskonannya. Mumpung tgl gajian :D

    BalasHapus
  19. Kulitku juga gelap nih pung, tapi warna2 gonjreng justru gak suka ahahhaa

    BalasHapus
  20. MARKISHOP!
    Mari kita shopping!

    Racuuuuun nih maaak :)

    BalasHapus
  21. Orens warna kesukaanku ngga disebutin, Pung? :D

    BalasHapus
  22. wahhh mauuu pake bgt tuh barang2nya #kekepindompet

    BalasHapus
  23. huahhaa.. aku sekarang jadi melek fashion loh. Lihat deh aku sekarang mulai beli flannel! Jogger Pant! Sepatu New Balance daaaan lain sebagainya...

    Jam tangan sporty buat cowok itu penting banget. AKu pakai jishock yg military warna hitam. Pakai itu dipadu padankan dengan baju apa ajaaaa.. cocok!

    Nah loh, aku kayaknya musti nulis bab ginian di blogku! HAHAHA

    BalasHapus
  24. Paraaaahhhh hifive banget sama postingannya... paling sebel aku kalau harus dateng acara harus pake baju putih... pasrah aja kepada tuhan... udah dekil tambah dekil... paling suka pake kaos merah, jadi agak terangan dikit hihihi

    BalasHapus
  25. Ah telat dah aku bacanya. *cediih

    BalasHapus
  26. Gw kulit gelap bagus aja make warna pastel kecuali cream..

    BalasHapus