Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Aneka Gaya Memakai Kain Tanpa Dijahit


Punya kain tradisional tuh sebenernya bingung-bingung seneng ya. Seneng karena kain Indonesia kan cantik-cantik dan kalau dipakai ya bisa bikin kita ikutan cantik, bingungnya karena kalau udah dijahit, padu padannya jadi gitu-gitu aja. Mau punya banyak biar bisa ganti-ganti mana kuat, kaka.. Kain tradisional kan mehong. Ya karena dibikinnya memang susah, sih.

Yaudah kalo gitu nggak usah dijahit aja gimana? Dikubet, dililit, diikat, biar bisa ganti-ganti model menyesuaikan padu padan dan acaranya. Selain jadi nggak bosen, kita juga bisa kelihatan tajir karena dikiranya punya kain seluas angkasa padahal cuma selembar kecil modal ganti-ganti kubetan. hahahaha khan maen, kumemang cerdas.

Ini aku kasih 3 dulu, ya. Gaya kubet kain tradisional tanpa dijahit, semuanya jadi rok.


1. Rok Panjang Anggun Bagai Perempuan Baik-Baik

Ini yang begini namanya model apa sih? hahahahaha aku bikin nama sendiri aja ya biar cepet. Model ini cocok buat menampakan pesona perempuan baik-baik dari diri kita. Kesan yang di dapat adalah kemayu dan anti-petantang-petenteng-club. Gimana juga mau pecicilan kalau kaki dikubet sampai bawah begini, keserimpet lah iya.


Atasannya dipadu kebaya dan obi juga lucu, ala-ala gadis Bali gitu. Atau blouse yang potongannya feminim, atau apa ajalah asal jangan rompi anti peluru. Situ mau perang? Alas kakinya lebih masuk wedges atau stilleto gitu ya, atau flatshoes, atau kalau nyeker sekalian juga lucu buat acara-acara tertentu. Tapi plis jangan pakai sepatu basket.

2. Rok Kemana Aja Ayo

Kalau yang ini, favorit aku. Ini boleh diajarin sama kak Rere waktu di pojokan toko oleh-oleh di Bengkulu. Belajar mah dimana aja yakan? Termasuk di pojokan toko orang.


Model ini aku suka banget karena bisa dibawa kemana aja. Buat pakai kaos dan sneaker, oke. Buat paduan blouse dan wedges, kece. Buat sama tengtop dan sendal jepit, ayo. Buat dijodohin blazer dan stilleto, cakep. Buat jadiin aku satu-satunya di hati kamu gimana caranya?

Pung -_-

Ini walaupun tanpa dijahit, tapi kuat banget lho. Pernah aku pakai buat lari-lari, manjat-manjat, dan bergerak yang kayak cacing digaremin gitu, dia tetap di situ dengan kencang tanpa melorot. Modelnya juga pecicilan-able, karena bagian kakinya terbuka jadi sekalipun kita mekangkang, leluasa!

3. Rok atau Celana Biarlah Orang Bilang Apa

Ini apaan sih makin nggak jelas hahahahaha abis aku beneran nggak tau dia ini bisa disebut rok atau celana. Kayak kulot gitu kali ya. Dulu banget (3 taun lalu), aku pernah bahas tutorialnya di sini: Gorgeous with Kain Jarit.


Model ini sebenernya lucu dan bisa dipakai macem-macem juga kayak model nomer dua, tapi aku nggak terlalu suka karena bikin bentuk badanku jadi terlihat aneh. Dan walaupun kubetannya pendek, dia nggak leluasa dibawa gerak karena bagian tengahnya itu. Jadi kayak kaki dililit-lilit, bikin susah petakilan. Cuma kalau kamu nggak se-banyak tingkah aku, ya nyaman-nyaman aja sih.

**

Ketiganya sebenernya jodohnya kondangan, ya. Dipadu kebaya modern itu udah paling bener. Jadi yang dikoleksi kebaya modern-nya aja, kan lebih terjangkau tuh. Nah kainnya punya satu atau dua aja cukup, nggak perlu dijahit, dikubet-kubet gini aja. Murmer. Pelit dan kreatif memang beda tipis.

Beli kainnya dimana? Di toko kain lah masa di warung nasi padang. Ya kalau mau praktis, jaman begini, cari kain batik terlengkap mah bisa online ya. Kayak di Tokopedia gitu, tinggal search aja mau kain tradisional dari daerah mana, lengkap dan banyak pilihan. Dari yang murah sampai kain premium harga jeti-jeti, ada. Tinggal klik, klik, klik, bayar, lalu bersiaplah menaklukan setiap kondangan.

Kalian berharap ada tutorial kan? muahahahaha iya iya, ada kok. Tapi menyusul ya.. Aku bikin dalam bentuk video soalnya, semoga nggak aneh karena aku nggak bisaan soal bebikinan video. Nanti aku update di postingan ini ya kalau udah jadi.


Purwokerto, 30 Oktober mau beli kain baru tapi belom gajian, 2017

Aku ada juga kubetan buat model sundress gitu, tapi kemaren pas mau foto diliatin tetangga jadi nggak jadi hahahahaha seksi banget, bho. Dipakai foto-foto di depan rumah, bisa-bisa aku digrebek warga. Eh kalian suka model yang mana?




10 komentar

  1. Yang nomor 3 unik banget. :D Tapi, aku trauma pakai gituan. Pernah hampir melorot. :'D

    BalasHapus
  2. Suka yang model digrebek tetangga pung .... :))
    Mana tutorialnya? *nagih

    BalasHapus
  3. Namanya lucu-lucu. :D Hehehehe .... Pernah pakai yang pertama waktu acara nikahan sodara. Emang gak bisa polah macem2. :D

    BalasHapus
  4. Aku cuma bisa pakai yg nomor 1 loh. Model rok untuk perempuan baik-baik. haha. Alamak Kak Pung bisa aja ih kasih nama xD

    BalasHapus
  5. Yang jilbaban paling cocok yang nomor 1 ya. Btw namanya kocak-kocak hehe. Bisaan kepikiran bikin nama begitu ;)

    BalasHapus
  6. Aku cuma pake nomor 1 biar layaknya seorang perempuan baik - baik wkwkwk

    BalasHapus
  7. gayamu memang kece bener kak punky..

    BalasHapus
  8. Tutorial ditunggu 1x24 jam, klo ga gw laporin pak RT

    BalasHapus
  9. Jadi inget mak gaul hehe...
    pung,kamu kok makin mempesona aja

    BalasHapus
  10. ayunee...tapi ati2 kawur yo, ahaha

    BalasHapus