Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Kerja di Perhotelan. Wait.. WHAT?


Orang-orang pada heran lah waktu aku bilang kerja di hotel. Soalnya aku memang nggak punya basic perhotelan SAMA SEKALI. Enggak pernah sekolah perhotelan, boro-boro pengalaman kerja di hotel, kerja kantoran aja baru ini pertama kalinya hahaha

Kok bisa nyangkut di hotel? Kecemplung, sist. Eh, mencemplungkan diri deng. Aku suka banget nginep di hotel. Review hotel aja di blog ini udah berapa banyak coba. Aku merasa sudah punya hubungan spesial sama hotel, jadi ya udah, nyemplunglah sekalian; Ngelamar kerja di hotel!

Modalnya? NEKAT BEB! HAHAHAHA

Sumpah ya waktu ngelamar, CV aku itu beneran kek hati kamu, kosong blong, kagak ada pengalaman kerja apa-apa. Total nekat. Satu-satunya yang bikin pede itu cuma gelar sarjana ilmu komunikasi, udah. Padahal itu juga lulusnya 6 taun 6 bulan, nyaris mahasiswa abadi hahahahaha. Pas interview, ternyata sama bos besar langsung, nggak lewat HRD. Asli itu sok pede bodo amat. Ngemeng dengan cara bicara yang keminter... trus diterima hahahahaha

Aku nggak tau dunia perhotelan itu apa dan gimana, aku nggak tau istilah-istilah dunia hotel, aku nggak tau dunia kerja itu seperti apa, bahkan aku nggak tau kerjaanku harus ngapain nantinya, wogh jangankan itu, aku gak tau kalo back office di perhotelan itu pake baju apa hahahaha

Yang aku tau cuma satu, aku bisa belajar.

Awal-awal kerja, setiap diajak meeting itu aku pasti pegang hape. Jadi mereka meeting bahas hotel, aku sibuk googling istilah-istilah yang keluar dari mulut mereka; OTA, banquet, BEO, Walk In, City Occupancy, dan sederet lagi banyaknya yang aku dengerin pelan-pelan trus langsung aku ketik di google bhahahahaha jadi orang meeting udah sampe mana tau, aku masih belajar istilah yang mereka sebut.

Keseret-seret? Bukan lagi.


Trus tugas pertamaku di kantor maha dahsyat dong, aku diminta GRO untuk artis. Rizky Febian dan Brisia Jodie waktu itu. Gak pakai cacicu, aku bilang sanggup. Padahal yaa.. GRO itu singkatan apa juga aku nggak tau hahahahaha. Ya lagi-lagi, aku cuma tau, aku bisa belajar. Ada google, ada youtube, kalo nggak dicoba, mana tau aku bisa apa enggak.

Ternyata GRO itu singkatan Guest Relation Officer, jadi aku yang menjadi narahubung si tamu selama dia menginap. Plus aku juga yang memastikan semuanya berjalan baik karena kan artis yaaa.. kalo sampe dese komplen karena ada masalah gede, bisa viral kantor sayah.

Lancar? Alhamdulillah. Kedua artis itu bahagia, nggak ada komplen, nggak ada masalah. Ya itu, modal youtube sama google, aku cari tau bagaimana menjadi GRO. Apa aja tugasnya, apa aja check-listnya, bagaimana cara bicaranya, bagaimana gesturenya, bahasa-bahasa apa yang harusnya dihindari, plus APA SINGKATANNYA HAHAHAHAHA. Trus besokannya pas morning briefing dikasih tepuk tangan sama team karena dianggap bekerja baik huhuhuhu terharu.

**

Sekarang udah 3 bulan aku di sini, udah melewati macam-macam tantangan yang buat aku bener-bener baru. Udah keseret-seret jauh, udah megap-megap karena dunia yang asing di mataku. Udah belajar banyak, jadi udah nggak terlalu bego-bego amat soal dunia perhotelan. Kalau meeting udah nggak buka hape lagi, kalo ngobrol sama temen kantor juga nggak clangab clongob bloon lagi.  Masih belajar terus, tapi pelan-pelan udah mulai menyesuaikan diri. Alhamdulillah..

Aku bahagia kerja di sini. Temen sekantor tuh auranya happy semua, jadi kami kerja banyak ketawanya. Apa aja dibawa seneng. Apalagi temen satu timku, ugh, juara mereka mah. Kami tiap hari isinya ngakak mulu. Kerja sambil cekikikan itu tiap hari banget, sampe ditegor bapak HRD karena suaranya tembus sampai tangga darurat padahal jauh hahahaha

Tapi dengan begini kerjaan jadi beres semua, beres dengan baik. Karena ngerjainnya nggak spaneng, nggak panik, nggak stress. Walaupun kalo orang mungkin liatnya kami bercanda mulu kagak pernah ngapa-ngapain haha!

Kami berbagi makanan, berbagi gosip, berbagi lagu, kadang berbagi pundak. Curhat dari urusan gincu sampe urusan hati. Ada masalah sama tamu, ada komplen, kami saling pasang badan. Mereka bisa tetap senyum meladeni tamu yang misuh-misuh padahal bukan salahnya. Dan kembali ke office tanpa dendam, tanpa ngomel-ngomel ke temen yang salah.

Bahkan kami udah sampe di level bobo bareng, dan pinjem-pinjeman duit. Bhahahaha indikator temen deket itu pinjem-pinjeman duit, bukannya?

Aku merasa jodoh banget bisa satu tim sama mereka, soalnya mulut-mulutnya lebih sampah dari aku hahahaha sumpah recet gak ada lawan. Kami kalau maki-makian udah nggak bisa dibedain mana kantor mana kebon binatang. Tapi cuma di ruangan, pintu itu saringan kami. Jadi keluar dari pintu ruangan, kami bisa berubah seratus delapan puluh derajat. Setel elegan, bak staff hotel pada umumnya. Gesturnya manis dan mulutnya baik huahahahahaha


Mereka pribadinya baik. Mulutnya kayak sampah emang tapi mereka lah sekarang yang selalu ada, apapun kondisiku. Mereka yang pasang badan di depan bos kalau aku bikin salah. Mereka yang beliin makan kalo aku gapunya duit. Mereka membuat bekerja menjadi aktifitas yang menyenangkan.

Bos aku, aduh ini lagi. Dari tingkat manager sampe GM bahkan owner, semuanya baiiiiikkkk banget. Nggak ada yang pernah marah walaupun aku bikin salah. Mereka ngertiin aku masih belajar pelan-pelan. Bukan sekali dua kali kami diajak makan bareng, ditraktir trus kami ngobrol di luar urusan kerjaan. Kalau malem-malem masih keliatan di kantor, kami suka disediakan sesajen. Dari mini bar isi macem-macem, makan malem, sampai tolak angin hahaha

**

Kerja di perhotelan bikin aku melihat manusia. Ada tamu yang ketus, yang apa-apa dijudesin padahal nggak ada yang salah. Ada tamu yang hidupnya dibawa selo, apa-apa oke, apa-apa hayuk. Ada yang harinya sempit, turun mobil jalan ke resepsionis sambil bolak balik lihat jam di tangannya, setiap detiknya mengejar. Ada yang hidupnya ramai, anaknya banyak, bawaannya rupa-rupa dan segambreng. Ada yang kesepian, duduk lama-lama di lobby sendirian, sambil sesekali cek hapennya dengan muka sedih. Ada yang kelelahan, ada yang semangatnya meletup-letup, ada yang matanya basah, ada yang ketawanya sampai tumpah, ada yang duduk di kursi roda dan tersenyum, ada yang berjalan tegap dan mukanya sendu.

Kerja di perhotelan, bikin aku belajar berteman dengan emosiku sendiri. Mustahil tamu itu baik semua, tiap hari pasti ada aja yang galak, nggak diapa-apain aja nyemprot. Aku belajar mendengar, apa-apa itu diterima dulu, dipahamin, nggak langsung bales ngegas dar-der-dor karena malah bikin rumit. Belajar sabar, disemprot kayak apa harus tetap senyum dan melayani dengan baik sekalipun diri sendiri lagi pms. Belajar tangguh, dijudesin tamu nggak boleh cengeng, kantorku pasti nggak butuh staff baperan.

Kadang harus berhadapan sama anak kecil yang lari-lari, narik-narik baju, dan ibunya sampe "Maaf ya mba..". Aku yang udah sebel bajunya ditarik-tarik, tetep harus pasang senyum terbaik lalu jawab "Nggak apa-apa bu, namanya juga anak-anak". hahahaha tapi nggak jarang juga ketemu tamu kecil yang tiba-tiba ngajak kenalan, trus meluk, trus ngasih aku biskuit. Atau tamu kecil yang sekalian ngajak aku bertarung sampe keluar jurus, ya aku ladenin lah, aku kan Ultraman.

Suatu hari, pak bos menulis di instagramnya, "Dibalik jiwa yang koplak, terselip hati yang tulus melayani".







.

4 komentar

  1. dari pungky yg kimcil ke pungky yang koplak, aku rasa ini ultraman cuma pindah tempat doang deh, kerjaannya mah tetep, tetep nyampah maksudnya.. hiks.

    BalasHapus
  2. Semua bisa dipelajari, tinggal kita yg mau apa nggak aja ya kak. Hehe..

    BalasHapus
  3. lalu kamu sebagai blogger juga, klo ada blogger yg minta ngreview x nginep gratis, njawabnya gimana, punk?

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah pung, hepii bacanya..bisa kerja di bidang yang disukai dan bisa ningkatin kualitas diri..mwahhh..mwahh..

    BalasHapus