Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Ini Tentang Jiwo, Mimpinya, dan ROG Phone 3


Dear Jiwo,

Anakku sayang..

Delapan tahun lalu, ibu membuat janji pada diri sendiri. Ibu ndak akan mempublikasikan wajah kamu ke dunia maya. Ibu menjaga kamu baik-baik, karena dunia tidak nyata ini terlalu berbahaya. Ibu janji, nanti kamu sendiri yang akan memilih, mau dipublikasi atau tetap memutuskan sembunyi. Ibu, memberi kamu otoritas atas tubuhmu sendiri.

Jiwo,

Delapan tahun ibu menepati, sampai kemarin harinya datang juga. Sore, di hari ulang tahunmu yang ke delapan, kamu duduk di depan ibu dengan mata penuh mau.

"Ibu.. Aku mau punya youtube sama instagram. Aku mau jadi gamer"

Ternyata kamu bukan cuma memilih, sayang. Kamu bahkan sudah memutuskan. Ibu harus fair. Hari dimana kamu membuat keputusan, di situlah keputusan ibu harus selesai. Jadi gamer, dek? Boleh.

Jiwaku,

Ibu hapal betul mimpimu yang satu ini. Banyak orang pernah mencibir ibu, menganggap ibu tidak becus membesarkan kamu. Anak kecil kok jadi gamer. Tapi ibu menutup telinga, sayang. Ibu tau, game untuk kamu bukan sekedar permainan, tapi passion, ruh, mimpi yang kamu kejar dengan sungguh.

Ibu masih ingat, dek, waktu kamu nanya, tante Azza itu kerjanya apa, kok orang main game dikomentari. Ibu jawab, itu namanya caster. Lalu setiap hari kamu bicara sama hape, kamu rekam pakai recorder hape seadanya. Kamu mengomentari permainan orang lain di youtube. Ibu tanya buat apa? Kamu bilang, supaya nanti bisa lancar ngomong di youtube. Semua youtuber gaming pintar mengomentari permainan. Ibu cuma senyum, kamu sudah menyicil mimpimu sejauh itu.

Lain hari, kamu nekat menyelesaikan satu buku pelajaran untuk satu semester, dalam tiga hari saja. Kata kamu, kalau sekolah itu harus, maka kamu akan buat semua urusan tentang sekolah selesai lebih cepat. Supaya kamu punya satu semester penuh untuk bermain game setiap hari. Kamu mengerjakan soal sampai muka kamu merah, ibu tau kamu kelelahan, ibu tau otak kamu sudah dipaksa berpikir sampai ambang batasnya. Tapi kamu ndak menyerah, satu semester bermain game tanpa diganggu PR, untukmu adalah harga yang pantas dibayar dengan apapun.

Anak hebatku,

Hari ini, ibu melepas kamu. Ibu sendiri yang memutus jarak antara kamu dan dunia maya. Meroketlah nak, sejauh yang kamu mau. Aku bukan ibu yang sempurna dan nggak akan pernah bisa, tapi aku janji akan selalu ada, untuk setiap mimpi-mimpi yang kamu punya.

Di hari kamu menatapku dengan mata penuh mimpi-mimpi, aku tau aku akan menemanimu mengejar. 

**

Kamu minta jadi gamer, sayang? Ibu sudah deal kerjasama dengan tante Azza dan om Hakim. Kamu akan punya studio yang bagus, dengan peralatan audio dan rekam gambar yang lengkap. Ibu nggak akan ngebiarin kamu cuma rekaman seadanya, kita bikin channel yang keren ya anak hebat.


Kamu akan bergabung menjadi player termuda di salah satu team e-sport terbaik Jawa Tengah. Akan ada banyak guru yang siap mengajari kamu memenangkan permainan. Kamu akan punya jersey team dengan nama kamu di punggungnya. Kamu akan ikut kakak-kakak nyemplung dari kejuaraan ke kejuaraan. Ibu menitip kamu pada mereka.

Jauh sebelum kamu meminta, sayang, ibu sudah menyiapkan semuanya. Inilah tabungan ibu untuk menmbantumu melunasi satu mimpi: jadi gamer.

Anak hebatku,

Satu malam enam bulan yang lalu, ibu ikut lomba blog dan menang. Hadiahnya, ASUS Zenfone Max Pro M1. Ibu mengejar lomba itu, karena hadiahnya, adalah cicilan pertama ibu untuk membantu kamu. Smartphone, yang sampai sekarang setia menemani kamu menggenapi cicilan demi cicilan, menuju gamer.

Dengan polos, kamu malah tanya, kenapa hape untuk kamu Zenfone Max Pro M1 sedangkan laptop ibu ROG? Kamu anak pintar, Jiwo. Kamu tau betul ROG GL503 Strix yang ibu pakai adalah laptop gaming, dan kamu menginginkan itu. Kamu hafal kalau ibu dan ROG adalah teman baik sejak lama, dan kamu mau memiliki hal yang sama. 


Waktu itu ibu cuma bisa bilang, kamu tetap menabung mimpimu ya sayang. Lakukan yang terbaik dengan hape yang kamu punya sekarang, buktikan pada ibu kalau kamu betul-betul menginginkan apa yang kamu bilang. 

Lalu kamu betul-betul membuktikan. 

Hari ini, semua cicilan mimpi menuju gamer sudah ibu genapi. Kini satu yang terakhir, doain ibu ya anak baik, supaya kamu memiliki apa yang kamu ingini. Telah kumohonkan pada Tuhan, smartphone gaming yang akan menemani kamu memenangkan setiap permainan; ROG Phone 3.


**

Jiwaku,

Kamu ndak main game di laptop, sayang. Tapi di smartphone, jadi yang kamu butuh bukan yang seperti punya ibu. Tenang, kamu bisa tetap punya ROG, kan ASUS punya ROG Phone sekarang dan sudah sampai seri ke tiga. Untuk sekarang, Zenfone Max Pro M1 mungkin cukup buat kamu, tapi ke depannya game-game kesayangan kamu itu akan terus update, kamu butuh smartphone kelas monster.

ROG Phone 3 membawa dalam tubuhnya: Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G, RAM LPDDR5 terbaru, dan ROM UFS 3.1. Ndak usah pusing, sini ibu ceritain.


Mereka itu namanya platform seluler, Jiwo. Mereka hidup dalam tubuh ROG Phone 3 yang akan kamu punya. Bersama mereka, kamu akan bermain dengan smartphone gaming tercepat di dunia. Kalau besok-besok semua game kamu update jadi lebih sangar, ibu nggak akan kasihan lihat kamu. Karena mereka akan kasih kamu perfoma paling oke dari settingan game paling sangar sekalipun. 

Ngegamenya bakal mulus, sayang. Nggak akan ada ceritanya hape kamu ngelag di tengah permainan.

Kalau nanti PUBG sudah ndak jaman, misalnya, ibu yakin game FPS tetap akan jadi mainan yang kamu genggam di masa depan. Dan kamu harus mulai kenalan, mulai belajar lebih dekat dengan mereka yang hidup di dalam smartphone kamu. Kamu harus tau mana yang biasa, mana yang tercepat di dunia seperti Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G yang dipunyai ROG Phone 3.


Anak ibu sayang,

Percuma dalemnya bagus, kalau layar smartphone kamu biasa aja. Nah, ROG Phone 3 kamu nanti tuh punya layar AMOLED 144 Hz / 1. Layarnya baguuuus sekali, nak. Mobile Legend yang biasa kamu mainin itu, bakal kelihatan lebih nyata dan lebih hidup. Hero-heronya jadi kayak betulan! Kamu seperti... ikut turun bertarung bareng Gusion, Franco, Fanny, Lancelot, dan hero-hero jagoan kamu yang lain. Seru kan Jiw!

Oh, kamu kan lagi membangun kota luar angkasa di Minecraft, ya? Ibu masih ingat kemarin kamu pamer habis bikin kolam renang yang menggantung di awan. Juga portal menuju deret bintang Kepler yang tombolnya kamu sembuyikan di kapal pesiar? Dan oh yang paling hebat, kamu mereplika maps Among Us di Minecarft! Jiwo, itu hebat! Kalau pakai ROG Phone 3, semua yang kamu bangun bakal kayak betulan Jiw. Bisa-bisa kamu bakal ngerasa kalau kota luar angkasamu itu beneran ada.

Nggak cuma itu, sayang. ROG Phone 3 juga punya fitur touch-sampling rate 270 Hz 7. Kalau kata kamu pas main PUBG, pencet sekarang tembak sekarang. Atau kalau lagi Mobile Legend, pencet skill, heronya langsung berangkat. Mmm, atau kalau kamu lagi main Among Us dan jadi impostor, abis kill, kamu bisa kabur cepat dan gak akan ketahuan. Gak akan ada lag-lag an! 


Ohya Jiw, kalau pakai ROG Phone 3, kamu bisa sering menang nih main PUBG. Soalnya dia pakai sistem audio GameFX terbaru yang dirancang bekerja sama dengan spesialis pengoptimalan audio Dirac. Ini Jiw, bakal bikin kamu jelas banget dengar stepnya lawan karena suaranya jernih dan nyata. Jadi kamu nggak bakal kecolongan deh di kill duluan. 

Dengan sistem audio keren ini, ROG Phone 3 bisa bikin kamu menentukan lokasi pemain menggunakan algoritme audio yang unik. Jadi kalau main PUBG nih Jiw, sangarnya suara AUG, Groza, AWM AKM, sampai suara pelan kayak step, bakal terdengar jelas dan nyata banget. Kamu bener-bener kayak ikut turun di Pochinki dan ikut perang! Sedekat itu dengan permainanmu.


Jangan takut kehabisan baterai, sayang. ROG Phone 3 punya baterai raksasa 6000 mAh. Kenapa Jiw? Ndak paham? Hmm, sederhananya ya sayang.. Baterai hape ini nggak akan habis walau kamu pakai ngegame seharian. Jadi nggak ada ceritanya kamu hilang saat lagi pertempuran panjang. Maju terus sayang, sampai makan malam pakai ayam!

Tapi walaupun baterai hape kamu nanti nggak ada habisnya, tetap ingat waktu ya sayang. Ibu tau kamu anak pintar. Kamu mengerti dengan baik kapan waktunya bermain, kapan waktunya sudah. Ibu ndak ragu membiarkan kamu memakai smartphone dengan baterai monster, karena ibu percaya kamu akan menjaga percaya.


Gamer kecilku,

Kamu akan bergabung dengan tim, kamu akan bermain di ranah yang lebih pro. Ibu tau, kamu butuh sesuatu yang lebih dari sekedar smartphone gaming. ROG Phone 3, punya banyak aksesoris modular yang tak tertandingi. Karena smartphone ini sebenar-benarnya dibuat untuk gamer. Duduk manis, anak manis. Ibu ceritain satu-satu, ya..


Satu, namanya Lighting Armor Case. Ini itu pelindung luar untuk melindungi ROG Phone 3 kamu dari goresan dan benturan, Jiw. Plusss mendukung pencahayaan Aura untuk pengalaman visual yang luar biasa.

Dua, AeroActive Cooler 3 nih Jiw.. yang ini bisa menurunkan suhu permukaan hingga 4°C. Jadi kamu perang sampai lama pun, hapemu enggak akan panas! Lancar dan mulus terus.

Tiga, TwinView Dock 3. Yang ini, ngasih pengalaman bermain dengan layar ganda. Wuih bakal makin asik Jiw ngegame nya kamu. Cocok buat kalau kamu lagi belajar sama kakak-kakak tim.

Empat, ROG Clip. Kalau yang satu ini, bisa nyambungin ROG kamu ke pengontrol kayak pengontrol nirkabelnya Xbox atau Stadia. Wah, bisa bisa anak ibu kelihatan keren banget kalau pakai pengontrol dan disambungin sama ini.


Lima, Kunai 3 Gamepad. Nah ini Jiw, bisa ngasih kamu banyak cara untuk bermain. Termasuk mode genggam, mode all-in-one, dan mode mobile - jadi, kamu bisa melanjutkan pertempuran di mana saja.

Enam, Aero Case 13. Yang ini bakal kasih kamu tampilan baru yang keren dari ROG Phone 3, sambil tetap melindungi hape kamu saat pakai AeroActive Cooler 3 atau TwinView Dock 3. Bagus ya Jiw?

Tujuh, Mobile Desktop Dock. Ini bisa bikin ROG Phone 3 kamu bisa disambungkan ke monitor, mouse, dan keyboard 4K UHD eksternal sebagai layar tambahan, sambungkan ke LAN gigabit berkabel, dan gunakan output S/PDIF untuk menggerakkan sistem suara surround saluran 5.1 kamu. Kamu bakal rasakan kemampuan ekspansi yang belum pernah ada sebelumnya. Kayak pro gamer gitu Jiw rasanya. Ugh, anak ibu!


**
Jiwaku,

Ini ibu berbicara kepadamu. Telah kugenapi seluruh cicilanku menuju mimpimu. Doakan ya anak baik, semoga Tuhan meridhoi jalan kita menuju lunas.

Bermainlah, nak. Kamu harus menang, tapi kamu juga boleh kalah. Kamu harus hebat, tapi kamu boleh sesekali turun semangat. Kurestui kamu menempuh yang kamu mau.

Jiwo, anakku..

Selamat memenangkan permainan!

4 komentar

  1. Yaampun suka banget tulisannya.. Semoga mimpi kamu terwujud dan jadi anak hebat ya Jiwooo (eh udah jadi anak hebat deng ya. Semoga selamanya begitu yaa ������)

    BalasHapus
  2. restu ibu itu nambah damage banget, dukung terus, jgn sampe dia punya kesenangan dibelakangmu

    BalasHapus
  3. Khas bgt tulisan mb pungky nih.. pake ekstra taburan bawang.. huhuhu.. selamat memenangkan permainan jiwo.. ibumu hebat,k hebat ��

    BalasHapus
  4. Waa...Mas Jiwo mau jadi gamerssss. Terus semangaatt!

    BalasHapus