Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Membangkitkan Gairah Menulis Blog

Beberapa waktu lalu, rumah aku ketempatan Arisan Ilmu nya KEB dan Ibn. Roadshow keliling kota gitu dalam rangka sharing ilmu-ilmu ngeblog. Nah, kebetulan lagi, kali itu aku yang kebagian sharing. Temanya tentang Membangkitkan Gairah Menulis Blog. Sayang dong kalau materinya cuma dibaca mereka yang datang aja? Yaudah, berhubung aku anak baik, solehah, baik, dan solehah. Jadi materi yang waktu itu aku share di acara Arisan Ilmu, aku posting di sinih. Semoga bermangpaat! :D

Arisan Ilmu Purwokerto
---

Ini, beberapa rahasia dapurku untuk rutin dan konsisten menulis blog. Sekedar informasi, saat ini aku mengelola 6 blog dan 3 diantaranya bisa dikatakan aktif. Dua diantaranya, sudah berjalan sejak 2009. Sudah mau 6 tahun aku ngeblog. Belom apa-apa udah nyombong, pembaca Galaksi Pungky mah apal lah yaa.. x))

1. Mantapkan Tujuan

Biar nulis blognya semangat, harus tau dulu apa tujuan ngeblog. Kalau cuma karena ikut-ikutan, gak akan bertahan lama semangat menulisnya. Aku sendiri, menulis blog sebagai kegiatan ‘bernapas dari rutinitas’. Jadi, blog adalah tempat aku ‘keluar’ dari kehidupan sehari-hari. Buat aku, menulis blog adalah menghilangkan jenuh. Mengeluarkan apa yang bisa bikin hati bumpet. Jadi, aku gak pernah punya istilah jenuh ngeblog, lha wong tujuanku ngeblog ya buat menghilangkan jenuh.

Saranku, jangan pernah menaruh uang sebagai tujuan pertama kita ngeblog. Kalau konsisten, blog memang bisa menghasilkan uang. Tapi, kalau dari awal sudah money oriented, semangat menulisnya pun akan bergantung pada ada atau tidaknya uang. Ujung-ujungnya, kalau blognya sepi dari penghasilan, sepi juga semangat menulisnya.


 
2. Menikmati

Aku menganggap blog sebagai partner bersenang-senang, jadi gak pernah menaruh target sama blog sendiri harus begini harus begitu. Karena kalau kita sudah menuntut blog sendiri, yang ada kita juga menuntut diri sendiri. Dan tuntutan-tuntutan gak sengaja ini biasanya menjadikan kita gak bisa menikmati proses menulis blog.

Harus rajin blogwalking buat naikin PR, harus rajin promosi di sosmed buat naikin trafik view, harus punya niche, harus one day one post, harus daftar inilah itulah. Duuuh, stop! Itu semua memang penting, tapi bukan prioritas. Bisa dilakukan sambil jalan. Bisa dilakukan sambil bersenang-senang. Yang penting, menulis aja dulu. Menikmati proses menulis blog, bersenang-senang bersama si blog.

Karena kalau itu semua dikejar bersamaan, yang ada kita ngeblog jadi punya banyak beban. Akhirnya mau nulis aja ragu-ragu, takut gak ada yang baca, takut gak laku, takut gak menang kalau ikut lomba, takut gak dilirik agency, takut dibayar murah, dan takut takut lainnya yang membuat blog kita malah gak kemana-mana.

3. Rumah Kedua

Sejatinya, blog adalah rumah kita di dunia maya. Supaya kita semangat terus menulis di sana, kita harus bikin rumah itu super-nyaman minimal untuk kita sendiri. Sekarang, gimana mau semangat posting kalau kita sendiri gak suka sama template-nya? Gimana kita mau kangen ‘pulang’ kalau suasana rumahnya aja kita gak sreg?

Remeh memang, tapi buatku, penting membuat blog kita nyaman untuk diri kita sendiri. Dari segi dashboard, notifikasi, bahasa, sampai tampilan blog. Bagaimana merancang mereka supaya selalu bikin kita kangen pulang dan menulis. 

Gak ada setok foto yang nyambung. Adanya ini, pose cabe-cabean pake kaos Aku Blogger Indonesia. Nyambung lah ya x)))

4. Main ke Rumah Tetangga

Dimana bisa dapat suntikan semangat ngeblog? Kalau aku sih banyak, tapi salah satu yang paling besar adalah rumah tetangga. Yap, blogwalking! Lebih lagi blog yang sudah besar dan terkenal. Main ke blog mereka, akan memberikan banyak inspirasi dan semangat untuk menulis blog. Gak perlu ngoyo, blogwalking-nya gak perlu ditarget atau memaksakan diri untuk komen biar dikomen balik. Mainlah dengan niat ingin main, ingin silaturrahmi. Jadi, saat ke blog orang lain, kita betul-betul mau mencari ilmu, inspirasi dan teman baru. Jangan lupa juga mengosongkan diri sendiri. Soalnya, kalau aku pribadi ya, saat sudah merasa lebih pintar atau lebih hebat, sulit rasanya menghargai ilmu dari orang lain.

5. Sibuuuuuuk!

Ini nih alesan paling gaco orang mampet nulis blog, sibuk! Hihihihi. Balik lagi soal tujuan dan menikmati proses. Kalau tujuan kita untuk senang-senang, untuk ibadah, untuk berbagi, kayaknya proses menulis gak akan memakan waktu lama. Kadang, aku menulis blog hanya 2 – 3 paragraf singkat, langsung post.

Kalau kita masih bisa update status facebook, sekrol-sekrol timeline twitter, ngobrol ngalor ngidul sama tetangga, berarti kita masih punya waktu luang. Kalau aku menyiasati sibuk ini, dengan memindahkan isi status fb ke blog. Jadi, apapun itu, daripada ditulis di status, mending ditulis di blog. Waktunya sama, energinya sama, hasilnya beda. Kalau di status fb, lama-lama akan tenggelam dan menghilang. Kalau di blog, terarsip rapi dan mudah ditemukan lagi. Bonusnya, dibaca juga oleh orang lain kapanpun waktunya. Asik kan?

Beneran sibuk buanget, gimana nih? Aku yakin, sesibuk-sibuknya orang, gak akan sampai 24 jam/7 hari terus bekerja dan beraktifitas. Meluangkan waktu setengah atau 1 jam dalam seminggu untuk menulis blog, pasti sempet banget!

6. Ide Dimanakah Kau Berada?

Ini juga termasuk alasan gacoan orang mampet nulis blog, kehabisan ide! Begini, kalau aku sih, otakku gak pernah berhenti ‘bicara’. Entah saat melihat orang, menonton sesuatu, berinteraksi, pasti ada yang aku pikirin. Dan dalam satu hari, yang aku pikirin bisa jutaan hal. Nah, dari jutaan hal itu, pilihlah satu yang paling menarik. Tulis! Dan kayaknya, gak ada yaa manusia yang otaknya sepi dari ‘bicara sendiri’ :D 


Purwokerto, 31 Maret sumuk yang bikin ketek basah, 2015

Begitulah kira-kira materi yang aku sampaikan waktu itu. Tips berdasarkan pengalaman sendiri, kalau sotoy dan tengil, bawaan lahir. NGAH! :))

68 komentar

  1. aura ketek basah mu kecium.. tapi daku suka tulisanyaa.. pertamax

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah mampir yaaaa.. :D *kipas kipas ketek* *pake selang pertamax

      Hapus
  2. Wah makasih mak udah mengingatkan kembali, beberapa bulan ini udah mulai jarang post, tiap mau post bawaannya males, terus ngerasa kurang referensi kalo mau bahas sesuatu. Hahaha... mungkin kurang menikmati kali ya, terus lupa tujuan awal nge-blog. Makasih mak pung. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kok gak pernah yaa kekurangan referensi.. *lha wong isi blognya curhat kabueh, referensi apane xD

      Hapus
  3. iya nih mba, sumuk banget subang juga *geber2 kipas

    aku yakin tiap orang pasti punya motivasi sendiri buat ngeblog. kalo aku kayaknya emang harus termotivasi karena target. kalo ga ada target, bawaannya ya kadang dilupakan. dan ternyata aku menikmati target-target ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang ada orang2 yang malah termovitasi sama target. Tapi skrg banyak blogger yang ngejar macem2 sampe akhirnya ngeblognya malah beban, yang begini yang jangan sampe. hihihihi ^_^

      Hapus
  4. Uwow 6 blog dan 3 aktif? Pungky memang selalu sombong. Hih. Betul tuh, yang paling penting menikmati sih. Soalnya kalo terbebani juga jadinya jelek pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sombong sombong begini, situ setia banget mampir molo, Muahahahaha *jawil dagu*

      Hapus
  5. sibuk itu kadang bikin luapa segalanya termasuk ngeblog. padahal bahan dan ide lagi banyak-banyaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kalo sibuk banget tapi ide numpuk, kadang dibela2in begadang sampe puyeng. soalnya kalo gak ke draf, dibawa tidur suka bikin ngiggo. saking seharian idenya diinget2 terus biar gak ilang xD

      Hapus
  6. Hai Pungky,.,.. makasih yah udah berbagi materinya disini...
    bermanfaat banget... terutama buat aku yg lagi coba disiplin ngisi blog lagi...
    target minimal seminggu sekali...

    tujuan lebih ke... dokumentasi diri sendiri dan keluarga... emang mnrt ku ini penting banget,,,
    klo nggak ditulis,, 5 .. 10 thn lagi.. aku nggak punya kenangan nanti.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehe jadi malu.. semoga bermangpaat ya buu :*

      Hapus
  7. semangat muda bisa dibuat motivasi..

    BalasHapus
  8. dengan menulis pada blog...bisa juga sarana sebagai pelampiasan ekprsesi...

    BalasHapus
  9. Langsung bergairah mak pung...gairah nulis..;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muihihihihi semoga ya mak. selamat menulis! ;D

      Hapus
  10. Yang pertama dan utama, ngeblog gimana niat awalnya. kasih 8 jempol (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih tanggung amat 8, sepuluh napaaah... xD *ngelunjak*

      Hapus
  11. Entah kenapa gue rada kesentil di bagian yang money oriented. Itu bener banget! Adooh!!! Mata gue udah buta karena duit ni kayaknya. Ampe berapa hari ini, ngeblog pun ga bisa kasih kepuasan batin. -_-

    thank for the warning!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehe kalo gue sih gak tega sama blognya kalo belom apa2 udah suruh nyarih duit terus :D

      Hapus
  12. Nah, mak Pung daku setuju sama yg no.1, tujuan ngeblog mempengaruhi mood.
    Dipenakke waelah sama rumah maya ini.

    BalasHapus
  13. poin menikmati itu betul banget! suka bingung sama orang yang nulis aja nggak suka tapi maksain pengen blogging, ga akan ternikmati toh? :D

    BalasHapus
  14. Hebaaatttt 6 blog Dan 3 aktif :O .. Buatku blog jg tempat ngilangin untuk, jenuh, stress mba.. Kyknya kalo udh nulis itu, yg bikin capek kepala lgs ilang deh. Krn tujuan awal ngeblog memang untuk nulis pengalaman traveling biar ga lupa, jd nulisnya jg ga pake beban. Masalah ada yg komen Dan baca, itu bonus ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. setuju banget, ada yang komen dan baca itu bonus. kalo ada yang ngasih rejeki karena blog, itu duren jatuh xD

      Hapus
  15. saya berasa di colek-colek... hi2

    BalasHapus
  16. Pose cabe-cabean sambil bentukin mulut kemana-mana *gagal fokus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho kan aku memang cabe-cabean mak. Paling femes dan gengges :)))

      Hapus
  17. Otak yang bicara sendiri itu butuh penyaluran ya, mak. :D Salah satunya ngeblog. hihi

    BalasHapus
  18. Tulisan mbak Pungky benar-benar membangkitkan gairah menulis nih... makasih ya mbak. Rasanya lebih enteng nulis di blog ya..kalo menikmatinya.

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Aku kok seringnya malah kebanyakan yaa.. Tapi kalo dikeluarin semua ya gimana yaaa x))

      Hapus
  20. Fotonya narsis semua --"
    Tapi aku lagi berusaha rajin blogwalking biar sekalian namu

    BalasHapus
  21. Peyutnya itu loh mbak pungky :v gagal fokus :D salam kenal

    BalasHapus
  22. Tulisan ini pasti hanyalah alasan untuk memajang foto2 narsis ituuh *kabooor XD

    BalasHapus
  23. tujuan aku ngeblog supaya bisa berlama-lama di rumah pungky. Maklum orang rumahan :-D. Foto pungky & laptop itu nongol lagi :-p

    BalasHapus
  24. Thank you ilmu & sharingnyaa... Ngingetin diri sendiri. Hebat euy, ada 3 blog yg aktif. Aku jg mau kyk gono, soale punya byk akun blog, hehe...

    BalasHapus
  25. Sama, Mbaaak.. :D

    Aku jugak kalok uda blogwalking, bawaannya semangat mau ngeblog trus ide mengalir dengan derasnya. Hihihi :P

    BalasHapus
  26. Lho tapi klo money nya itu yg bikin semangat nulis piye Pung? Piye piyeee... rumangsamu..rumangsamuuuu *lalu lirik Cheila & Echa sbg pengunggah lagu :D

    BalasHapus
  27. Aku juga ngeblog-nya sambil bersenang-senang loh :D tapi memang masih perlu dibenahi sih template dan pernak-perniknya biar buat nyaman dan betah-in.

    Tapi aku nggak punya foto gaya cabe-cabe-an kayak gicctthuuu :(

    BalasHapus
  28. blogwalking.. itu istilah udah lama banget ya, kirain udah ditinggalin.. hehe
    happy blogging for us

    BalasHapus
  29. Cakep kak!
    gue suka nih tulis yang kayak gini, apalagi poin pertama itu paling penting! harus tahu tujuan ngeblog buat apa. Kalau gue pribadi sih, ngalir gitu aja, dan lama kelamaan tahu harus dibawa kemana arah blog ini :D
    Kalau poin terakhir sih, udah cemen banget perasaan, ide itu bisa kita dapat dimana aja, kalau lagi gak ada ide tulis aja "lagi gak ada ide" wkwk

    BalasHapus
  30. Kalau saya, sebulan kemarin beneran sibuk. Ngga smpet nyekrol TL laaaa. . .wkwkwwk

    BalasHapus
  31. 6 blog ya pung?
    langsung lemes he..he...

    BalasHapus
  32. Sama persis dengan motivasi ngeblogku. Makanya aku bisa bertahan selama ini. DI saat blogger2 angkatanku sudah pada pensiun sebelum mereka bener2 jadi seleb blog, aku malah semakin bersinar dan terkenal. apalagi sejak kita kerjasama kemarin itu. Pundi pundi keterkenalanku semakin membuncah ke permukaan. Bhahahahaha...

    BalasHapus
  33. Mba Pungky, saya kasih Peer buat ikutan Liebster Award ya. Cek postingannya di blog saya. Makasih...

    BalasHapus
  34. Ahhh aku sukak sekali ulasan ini, bikin gue semangat untuk ngeblog dan sharing kembali hihihi... :D

    BalasHapus
  35. Nah, rahasia kita kayaknya nyaris serupa deh kak..
    *toss!*

    Tapi kecuali nomor 6........
    Hahahahahaha

    P.S.
    Kok kak Pungky makin cantik aja sihhhh

    BalasHapus
  36. Kalo aku sih hambatannya simpel aja: M.A.L.E.S.
    Duh ya ampun... penyakit ini bener-bener susah dilawan. x|

    BalasHapus
  37. sibukkk... yakin nih sibuk?...
    aku cumaa males pung.. maleess, hiks.. *usir-usir males*

    BalasHapus
  38. duuh, baca ini kesentil banget. Ngaku sibuk tapi masih sempat wasapan, masih sempat rumpi-rumpi.
    Kayaknya aku ini apa banget ya? ^^
    Hm, baiklah besok mulai lagi dari awal.. thanks ya kakak Pungky :)

    BalasHapus
  39. Iya banget itu poin 5, pindahin ke blog aja status fb, bakalan nambah postingan kita ;)

    BalasHapus
  40. iya bener tuh yang nomor 4 *ini lagi blogwalking*

    BalasHapus
  41. iya bener mbak, sehari tanpa ngeblog kadang ada yang hilang -__-

    BalasHapus
  42. Kalo aku kadang udah gumoh nugas di laptop kak, jadi pas mau ngeblog tuh kaya... Ah, enakan tidur, ah enakan nonton film XD

    BalasHapus
  43. Aku sering banget naik turun semngatnya buat ngeblog say,,,baca postingmu jadi semangat lagi hehe

    BalasHapus