Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Ngomongin Blogwalking, Ah!


Jadi, aku punya temen yang belom lama ngeblog. Dia lagi hepi banget tuh, soalnya sekarang blognya banyak yang komen. Katanya, setiap post sekarang yang komen bisa lebih dari lima. Buat dia itu prestasi besar, karena sebelumnya gak ada yang komen sama sekali. Dulu, dia nanya sama aku, gimana caranya blog kita banyak yang komen. Share di fesbuk udah, di twitter udah, di semua sosmed dipasangin alamat blog juga udah, tapi tetep aja sepi. Waktu itu ya aku tanya “Kamu pernah komen di blog orang gak?”, jawabannya polos minta dikepret "Gak pernah sama sekali..". YAEYALAH SIST! Gimana tamu mau dateng ke rumah, kalau kita sendiri gak pernah kenalan sama tetangga. Eaaa.


Trus dia akhirnya jadi rajin blogwalking, sampai blognya sekarang punya komentator lebih dari lima (sesuatu yang dia impi-impikan banget). Tapi minta dikepret lagi, soalnya dia sempet sedih. Katanya, jumlah komen di blognya, gak sebanding sama jumlah blog yang dia komenin setiap hari. Ibarat kata dia blogwalking ke 10 blog, yang balik cuma 5 komen. Aku ya ngakak lah, oalaaah, bisa-bisanya blogwalking jadi itungan untung rugi begituh. Hahahaha

Sebagai blogger bijak nan anggun gemulai dan beribawa, aku cerita lah tentang blogwalking dalam pandanganku. Eaaa.



Begini,

Pernah baca tulisanku tentang membangkitkan gairah menulis blog? Di situ aku menekankan banget, kalau ngeblog buat aku, adalah proses yang sangat sangat dinikmatin. Setiap nulisnya, bikin fotonya, editing, sampai post lalu share di sosmed, semuanya aku nikmatin. Beneran dihayatin gitu, gak sekedar selewatan yang penting post yang penting blognya jalan terus yang penting blognya rame.
Makanya, aku gak pernah pusing kalau seminggu bahkan dua minggu gak ngeblog kalau emang lagi gak sempat. Gak pernah kebakaran jenggot juga kalau blog sepi pengunjung saat aku males blogwalking. Blog itukan menuai apa yang kita tanam yaa.. Jadi aku selalu nerima blogku turun pasaran dan kejayaan, kalau aku lagi males nulis males blogwalking males ngeshare. Dunia itu adil, bho!

Nah, begitu juga dengan blogwalking. Buat aku, main ke blog orang lain itu bagian dari hiburan. Sesuatu yang harus dinikmatin supaya kita dapet hepinya. Katakanlah tengil dan sengak, tapi suer, aku adalah tipe orang yang pantang ninggalin komen sebelum baca dari huruf pertama sampai huruf terakhir. Blog orang yang sudah aku buka (karena aku memilih untuk buka yang itu), post terbarunya akan aku bacain kalimat per kalimat. Menikmati apa yang dia tulis dan dia putuskan untuk publish di blognya.

Kalau artikel sebelum sebelumnya judulnya menarik, kadang ya aku bacain juga sampai bawah-bawah. Walaupun yang dikomen biasanya paling satu dua. Demi, males mikirin kata-kata buat ngisi komen banyak-banyak. Bhahahaha
Selain suka baca, aku juga suka fotografi dan desain grafis walaupun gak bisa. Jadi, blogwalking buat aku ya menikmati juga setiap foto, gambar dan video yang ada. Itu foto bisa kece banget gitu gimana bikinnya ya? Itu gambar kok bisa begitu sih? Pake sofwer apa ya dia bikinnya? Fotonya diedit gimana ya bisa sampe wowowow gitu? Dia pake kamera apa ya bisa bersih banget? Dia pake lensa apa ya kok bokehnya bisa gitu amat?

Paling penting sih, buat aku, blogwalking itu bukan rumus untung rugi. Karena blogwalking bagiku sebagian dari hiburan, jadi aku gak pernah mikirin itu orang yang aku datengin bakal blogwalking balik apa enggak. Sabodo amat. Aku komen karena aku pingin komen. Aku blogwalking karena aku memilih blognya untuk didatangin, dan dirusuhin disilaturahmiin. Jadi dari awal niatnya main, cari hiburan, syukur-syukur nambah ilmu.

Purwokerto, banyak nyamuk banget, Mei 2015

Ini tengilnya udah cukup bikin pengen noyor belom sih? xD

82 komentar

  1. Aku setuju sih pung,...aku mikirnya gimana caranya ngeblog biar tetep fun...gak ada paksaan, gak ada keharusan bla..bla... mungkin suatu saat jika ngeblog udh bikin terlalu rempong dan stress, bisa jd aku pensiun ngeblog deh dan balik ke diary lg :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul, sepakat!
      Etapi kalo balik ke diary, nanti gak bisa jajan jajan hore doong XD

      *EH GIMANAAA?

      Hapus
  2. hahaha.. ini sih curahatan hati setiap blogger ya.. Kalau aku sih pasti blogwalking balik.. tapi kadang, ngenes juga kalau aku udah blogwalking ke rumah tersebut, tapi gak di silaturrahmiin balik T___T *pundung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah, aku gak pernah ngerasa ngenes kalo gak didatengin balik. Soalnya sadar diri akupun kadang suka gak balik. bhahahahak *kaplok*

      Hapus
  3. Hai mbak pungky salam kenal :)

    Menurutku BW juga bukan ajang untung rugi dlm jumlah komentar kayak pendapat teman mbak itu. Tapi baca pengalaman yang di share orang dalam postingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga..

      Iya setuju. Kalau aku sih lebih ke seneng-seneng. Karena kan rasanya kayak jalan-jalan padahal mah di depan komputer doang. hihihi

      Hapus
  4. sek sek...aku mau tanya,itu foto yang diatas kok bisa gitu ya???
    kalau aku mah,kalau sempat ya bewe,kalau nggak sempat ya nanti dirapel..jadi nggak dipaksain,dibuat asik aja sih....eaaaa gaya banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pake lensa fish eye, mbak.. ehehehe
      gayabeeet x)))

      Hapus
  5. setuju banget mba, walau saya ga punya blog khusus untuk menulis, tapi saya suka blogwalking, senang aja rasanya bisa baca cerita-cerita blogger yang keren n ngehits kayak mba pungky ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. (( NGEHITS )) ini aku aminkan yaaa.. muahahaha XD

      Hapus
  6. Aku juga gitu mbak, mampir di sebuah blog ya karna benar-benar pengen baca tulisannya, bukan karna mau 'balas budi', atau biar dikunjungin balik. Capek ati sih kalo mau blogwalking cuma biar dikunjungin balik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. lagian kalo ngarep-ngarep gitu, jadi kehilangan esensi ngeblog untuk senang-senang yaa.. hihihi pungky sotoy pungky sotoy

      Hapus
  7. Aku biasanya blogwalking liat judulnya, kalo menarik langsung aku pencet atau kalau aku udah suka tiap orangnya post langsung aku baca XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa banget. Aku kalo udah suka sama bloggernya, mau tulisan gak penting kayak apa juga tetep aja dibacain sampe abis xD

      Hapus
  8. Yap, bw emang hiburan banget :D apalagi sambil ngASI, biasanya aku suka bw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa akupun. terus kalo bw nya ke travel blog, si dedek nya suka jadi ikut 'jalan jalan'. ihihihi

      Hapus
  9. Wiiih...setujuuuu...setujuuu banget :))

    Aku selalu berusaha untuk tulus setiap kali membaca sebuah postingan ataupun meninggalkan komentar. Dan ketika kita menyelipkan 'hati' kita setiap kali melakukan BW maka Insya Allah kita tidak hanya akan sekedar mendapatkan komentar atau kunjungan balik, tapi juga akan mendapatkan : persahabatan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa dikomen bibi titi :D
      Setuju, kadang walau jarang komen di blog, tapi sering baca.. pas dia update status apa gitu di sosmed, bisa nyamber udah kayak kenal deket xD

      Hapus
  10. Beneeer!! Blogwalking lalu membaca blog postnya dari awal sampai akhir juga membuat kita lebih familiar sama pemilik blog, berasa lebih kenal gitu. Setiap blog biasanya punya karakter yg mencerminkan karakter pemiliknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, jadi berasa punya banyak temen dengan aneka karakter padahal ketemu aja belom pernah. ihihihihi

      Hapus
  11. aihhh jadi ternaru baca komennya bibi tititeliti hihi... kita kenalnya juga gitu ya biii... lho kok malah komennya ke bibi. iya punk, aku setuju banget. aku sendiri sadar banget kenapa blogku sepi komen, karena yang punya blog jarang BW hahaha... dulu sih belajarnya dari bi erry tuh, karena tiap kali dia posting komennya segambreng! ternyata emang kudu rajin BW juga. itu yg aku kadang ga ada waktu huhu.. maklum wanita karirrrr #dikeplak. jadi ya ga boleh protes juga ya kalo komennya ga banyak. e tapi sekarang udah mulai BW dikit2 kok. misalnya di mari hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihihihi akupun kalo lagi males BW, blognya kayak kandang jangkrik.. krik.. krik.. krik.. muahahaha #apasih #pungkygaring

      Hapus
  12. Bener Mbak Pungky. Kalo aq yg masih balita ini, baca blog orang buat belajar & nambah info (kayak blognya Mbak Pungky ini :D). Kalo ngasi komen ya ngasi aja. Ga mau mikir dia balik BW ato ga. Yg penting aku hepii hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku sih rada-rada bloon, jadi bw jarang buat belajar, buat cuci mata lah sering. wkwkwkwkwk *sekian dan terima sambit*

      Hapus
  13. Ho oh banget nih. Kudu sabodo amat mau di #bw balik atau enggak. Kudu nyontoh Mak Lidya dalam urusan per-bw-an mah. Bw itu menyenangkan. Apalagi nemu postingan kayak Pungky ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama calvin mana nih mama calvin, malah nyempil di bawaaah :D

      Hapus
  14. Blog walking cuma untuk silaturahmi antar blogger ^^

    BalasHapus
  15. Kalau aku sebisa mungkin aku balas BW ke blogger yg sdh mampir ke blog-ku... Aku sangat menghargai mereka yg telah mampir dan memberikan komentar.. Trus aku juga selalu membalas setiap komen yg telah mereka tinggalkan di blog-ku... Kadang2 begitu aku nulis komen di blog sahabat, eh...gak lama dia juga ninggalin komen di blog-ku... Dan aku hapal sekali siapa2 blogger yg sering mampir dan ninggalin jejak di blog-ku.. Hallo...sahabat blogger, makasih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa keren, harus dicontoh banget sama semua blogger. Menghargai mereka yang telah mampir dan memberikan komentar. Aku soalnya masih susah bisa begitu. Bales komen tergantung sempet apa enggak xD

      Hapus
  16. Ketika sesuatu memang dinikmatin, mau org yg blognya kita rusuhin ikutan rusuh atau kagak, yg penting dapat sesuatu yg baru dr hasil bacaan, ya, Mput. Sesederhana itu *ih rasanya ini komentar terpanjang saya selama ngeblog hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHA hadiah piring cantik mau, mas guru? xD

      Hapus
    2. hahaha boleh-boleh, ntar, ya, Pas Ramadhan haha

      Hapus
  17. wahahaha masuk akal babnget mba. saya waktu 2012-2013 yang komen bisa sampai puluhan. masuk 2014-2015 saaat mulai hiatus karna kerjaan blog saya spti kuburan . sepi. skg resign dan akhirnya bisa menulis lagi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akupun pernah ngalamin blog komennya cuma 1 bahkan 0. Karena jarang blogwalking xD

      Hapus
  18. Hahaha sama nih pung. Gue pernah bahas juga di blog. Sejauh ini ya ngeblog karena emang have fun aja. Soalnya kalo ngerjainnya emang beneran dari hati (walaupun tulisannya ngaco), pasti nyampe juga. Dan, gue juga suka blogwalking meskipun gak ninggalin jejak (terutama di postingan yang bagus-bagus dan serius). Agak gimana gitu ngeliat postingan orang yang keren dan serius dari hati eeh komennya malah dibercandain. Hahaha. Astaga maafkan gue yang malah curhat. \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue kalo mampir gak komen, biasanya bukan karena gak enak sih ngebercandain. tapi karena blogpostnya gak comment-able. BUAHAHAHAHAHA *dibakar*

      Hapus
  19. Kalo blokwalking itu, jadi ngerasa kenal sama yang punya tulisan. Kalau gantian saling berkunjung, jadinya makin deket.
    Dan...aku...Nggak pernah berharap kalo aku komen disini, akan dikomennin balik. *nangis di bawah meja*

    BalasHapus
  20. blogwalking itu banyak manfaatnya ya mba :)

    BalasHapus
  21. setujuuuuuuuuuu *nempelin jempol ke mulut mba pungki*

    mampir2 lah ke blog ala-ala gue di www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  22. Nggak noyor lagi
    Pengen jedot-jedotin ke tembok juga kak buahahahhaha

    peace... (u,u) v
    canda-candaaa
    hehe

    Iya kak bener banget.
    Aku juga kadang malahan blogwalking nggak ngomen. Sekedar baca-baca aja karena suka kontennya. Kadang-kadang ngomen juga sih tapi jarang. hihihi

    Kalau blogwalking wajib yang beneran bales ngomen juga ya cuman yang ngomen di blog aku. Gimana ya.. aku sih nganggap nya sebagai bentuk menghargai blogger yang mau meninggalkan komentar di postingan ku aja gitu. Nanti sering bales-balesan. terus jadi akrab. Nambah deh sahabat blogger nya ^^

    Eh tapi ada juga sih yang nggak aku komen balik. Yang ngiklan atau nge-spam. Beuh, baru buka blog nya aja udah nge-lagggg tegang-tegang gitu browsernya gegara blog yang bersangkutan penuh iklan pop up. hiks...

    long time no hereeee!!
    *Cium-ciumin form komentar*

    ({})

    BalasHapus
  23. Setuju banget sama Kak Pungky (y)
    Akhirnya dapet pencerahan dari pengalaman nge-blog hampir 4 tahun haha
    Oiya aku juga Blogger Purwokerto lho ;;)
    Salam kenal dan hormat Kak Pungky ;)

    BalasHapus
  24. Yeayy..akhirnya bisa namu kesini setelah balesin komen-komen di blogkuhh..hahah
    Postingan ini juga saya baca semua sampai komennya satu per satu *minta es teh ama tahu isi dong..hehe(tamunya ngelunjak)

    Setuju semua deh ama yang diomongin, suka juga ama kalimat "Blog itukan menuai apa yang kita tanam" intinya tau diri aja gitu ya? *pinjem cermin dong :D

    BalasHapus
  25. bw itu bikin ketagihan walaupun sering komplain krn komen pendek :-p

    BalasHapus
  26. sik asik sik asik.. feel free to comment, publish, de el el. Apapun memang tergantung niatnya, begitu pun ketika ngeblog. *menurut aku seehh gituuu* pizzz Mak Pung :)

    BalasHapus
  27. Thanks a lot untuk pencerahannya tentang blog walking..

    BalasHapus
  28. Iiiihhhh setuju banget banget banget ama kamu. Emang siih seneng kalo postingan kita rame, dikomenin dll.. tapi soal blogwalking memang aku sendiri biasanya hopping dari satu blog ke blog yang lain suka karena ga sengaja, atau sharingannya di socmed berjudul menarik. Didatengin balik sukuuurrr engga ya yaudah hihi.

    BalasHapus
  29. nah, kalau saya sekarang sedang mraktekin blog walking, coba apa kira2 reaksinya, haha

    BalasHapus
  30. ngomen disini termasuk Blogwalking juga ga mba? :D

    BalasHapus
  31. hmmm,, belum nyoba sebelumnya nih,, thanks buat tutornya.. langsung di coba.. :D

    BalasHapus
  32. Blogwalking selain untuk menarik pengunjung juga buat silaturahmi dan mencari teman ^^ *sok bijak :D

    BalasHapus
  33. Bener, BW itu hiburan banget apalagi nemu postingan2 yang menarik minatku..seruu...jadi belajar juga, banyak ilmu baru, mau sih di BW balik tapi nggak sampe mutung kalau ngga dikunjungi balik hihi

    BalasHapus
  34. aku seneng lho BW, bisa nambah ilmu nambah temen juga, malah kadang-kadang keasyikan BW sampe-sampe jarang posting :D

    BalasHapus
  35. iya betul sekali, saya setuju dengan ungkapannya, kalo tetangganya mau berkunjung, kunjungi dulu. tapi ada juga sih tetangga yang super aktif ahahhahaa tapi kan ada juga yang engga.

    BalasHapus
  36. setuju banget mbak kalau BW itu bukan rumus untung rugi,ya kalau yang kita kunjungi mau berkunjung balik ya syukur gak juga gpp,yang penting kita terhibur dan dapat menambah pengetahuan dari tulisan para blogger :))

    BalasHapus
  37. Bener. Dulu gue rajin banget ngepoin blog orang. Komen-komen gaje, ngakak-ngakak gaje, sampe akhirnya jadi kenalan baek sama yang punya blog, dan ujungnya curhat2an. Eh, entah kenapa, belakangan jadi males--males semuanya pokoknya, entah itu nulis, blogwalking, blogrunning apalah. Dan jadilah, blog gw sepi komen, sepi pengunjung. Yang nyolek aja kagak ada... Pertama sebel, galau-galau, bertanya-tanya apa salahku *lebai*, sampai akhirnya nerima kenyataan, kalau gw kudet! Kurang apdet postingan, sama kurang apdet postingan2 terkini blogger pals gw sendiri, dan berujung dikucilkanlah gw dari perblogeran. Sadar diri, otak buntu banget mau nulis apa. Dan baru nulis ketika emang banget2 pengen nulis dan--yang pasti--punya materi yang pengen ditulis.
    Apalagi pas baca postingan lo, Pung, yang 'membangkitkan gairah menulis blog', tambah semangat lagi gw untuk nggak mosting *hahahah--becanda lo, Pungki* Maksud gw rasa bersalah gw agak berkurang. Karena emang, ngeblog itu nggak pake untung-rugi. Dibawa fun, dan yang penting fun. Dan yang terutama, tetep bisa nulis apa pun yang menurut kita suka untuk ditulis.
    Thanks ya Pungki... Itu foto kamar sama dapurnya asik juga, Vintage gitu... Hahahah.

    BalasHapus
  38. Iyah, Bener Banget :)
    Salam Kenal Mbknya..

    BalasHapus
  39. "Selain suka baca, aku juga suka fotografi dan desain grafis walaupun gak bisa".

    Ini merendah bingits, ya.

    Gue lagi ngga rutin BW, kalau sekiranya senggang, ya brarti waktunya menikmati tulisan tmen2. :D

    BalasHapus
  40. bagiku ngeblog = fun...jadi nggak peduli juga ada yang komen atau nggak, sama mak...kadang sempat posting, kadang juga lama nggak posting...tapi blogwalking dan usahan ninggalin pesan terus aku upayakan...buat nambah silaturahmi hehehe

    BalasHapus
  41. Top markotop Mak Punky... Setuju sedelapan sesembilan! Berkat opini Mak Pungky, sekarang aku jadi bisa lebih enjoy dalam ngeblog. Soalnya kalo dipaksa-paksa terus, bikin lelah euy! :D

    BalasHapus
  42. SETUJU!!! Melakukan blogwalking itu juga suatu keharusan, masa yaa kalau mood lagi jelek kita harus maksain harus BW yang ada malah kocar-kacir pikirannya kalau mood lagi jelek :D

    BalasHapus
  43. penting beud nih buat yg baru bangun dari hiatus.
    berasa lama beud saya terombang-ambing fana nya dunia dan melupakan blog. Lol.
    Mugi2 bisa khusuk lagi main di maya ini kayak si pung.

    BalasHapus
  44. duh ini postingan membantu sekali karena aku baru aja "mampir" ke sini dan udah disuguhin sesuatu yang memotivasi. betah "namu" jadinya ka. terima kasih ya:)

    BalasHapus
  45. Setuju, mbak :D Dulu tujuan saya bw selalu cari 'untung' buat dapet kunjungan balik. Tapi, lama-lama bikin kesel soalnya jarang ada yang kunjungan balik XD Jadi, sekarang niat bw cari hiburan+ilmu aja ^ ^ Ya, termasuk bw ke sini, nih, cari-cari ilmu baru :p

    BalasHapus
  46. setuju banget deh pungky..:D

    BalasHapus
  47. ngomongin blogwalking nih paling seru :)

    BalasHapus
  48. ayoooo...setuju kalau BW itu seperti investasi, tapi juga fuuuun...yang pasti, aku beneran ngeblog karena menikmati prosesnya...berbagai infonya, sharing foto dengan segala kenarsisasnnya, sampai beneran menebar pesan serius untuk semua..dan BW adalah bagian indah dari itu semua...ayooo..lanjuuut BW hehehe..

    BalasHapus
  49. Blogwalking sama dengan silaturahmi dan bermanfaat nambah ilmu dan memperluas jaringan/link..Artikelnya keren-keren, templatenya bagus loading cepet.

    SALAM
    Motor Cbu 2015
    #DitungguKunjunganBaliknya

    BalasHapus
  50. hai Pungky... main dari Malaysia huhu... masih ingat pa ngak ma aku lagi... by the way im done follow you :)

    BalasHapus
  51. Setuju, Pung. Blogwalking bukan masalah untung rugi. Banyak yg menganggap blogwalking itu adalah kewajiban, demi bikin blog kita tambah rame, makanya kemudian nulis komentarnya pun asal-asalan. Gua juga sekarang nulis blognya ga bisa serajin dulu, tapi setiap lihat ada judul yg menarik di dashboard, gua masih sering baca dan komen.

    Lucunya, meskipun gua udah ga nulis sesering dulu, yg baca dan komen blog gua tetep banyak. Bahagia banget rasanya. Ada yg baca blog kita adalah suatu kebanggaan tersendiri, apalagi ada yg baca dengan sepenuh hati dan nulis komentar yg bermutu, hehehe. Semangat ya Pung, ditunggu tulisan-tulisan berikutnya =)

    BalasHapus
  52. Owh. .ternyata Mbaknya yang abis ngerusuh, eh, meninggalkan jejak di blog aku itu tukang kepret orang... xD Hahahahahaha..
    Aku juga newbie sih, ketiban komen dari para master tentu aja girang ^^ Salam kenal yah Mbak ;)

    BalasHapus
  53. Setuju, kesenangan blogwalking itu dari membaca tulisan bloggernya. Bukan dikunjungi balik, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe happy na BW itu klo disodorin pisang goreng ama teh anget mas

      Hapus
  54. komen, ah... biar dituduh gaul :p

    BalasHapus
  55. ninggal jejak dlu ya pung. ntr klo nemu desktop baru masukin atu2 blog kawan2 ke blogroll

    BalasHapus
  56. kunjungi balik juga dong hehe

    LOMBA BLOG UPI sampai tgl agustus 2015
    http://feridi.blog.upi.edu/2015/07/27/blog-website-competition/
    #BlogCompetitionUPI

    BalasHapus
  57. Salam kenal kak pungki..

    Saya suka baca konten-konten blog lain , tapi ga pernah komentar, semacam silent reader gitu. Percaya atau ga, ini perdana saya meninggalkan jejak,,, hehehhe





    BalasHapus
  58. hmmm kata temenmku blog walking itu emang seru

    BalasHapus