Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Tutorial Membuat Foto Eye Make up (EOTD)

 

Dua tahun lebih kerja di perusahaan kecantikan mata, reflek aja aku jadi ikutan seneng dandan-dandan. Awal-awal sih cuma iseng di depan kaca trus apus, kadang sehari bisa bikin 3 macem look trus udah aja abis itu diapus lagi. Lama-lama liat selebgram pada bikin #eotd, jadi pingin juga. Kenapa enggak kan abis dandan terus difoto, jadi itu kosmetik gak mubazir-mubazir amat abis di kapas doang. Bikinlah aku... Eh ternyata cubangeeeet. Ya gak bagus-bagus amat kayak punya selebgram atau beauty blogger sih yaa.. Tapi lumayan deh, kalo dipajang di instagram gak keliatan amat aslinya jarang mandi dandan.


Eotd itu Eye Of The Day. Yaa, sebelas dua belas OOTD gicu deh. Bedanya, ini foto mata doang. Ini aku kasih tutorial cara bikinnya ya.. Berdasarkan pengalaman yang aku bikin, kalau pengin yang sekeren punya ABH gitu, ya liatnya blog dese laaah jangan blog eyke. Cus ya cyin!


1. Bersolek

Pertama ya pasti dandan dulu lah yaaa.. Kalo cuma pengen bikin foto mata, bisa cuma make up bagian mata aja. Jadi dari mulai foundation de el el, area mata doang. Tapi kalo mau sekalian buat narsis narsis najis kayak aku, ya semuka kudu didandanin. Make up nya usahain lebih tebel dari biasanya yaa. Jadi pas ketangkep kamera bagus, warnanya keluar gitu.


Enggak perlu kosmetik yang mahalipun ampun ampun kok! Eye makeup ku itu cuma pake foundation harga 17ribuan, eyeshadow pallete 35ribuan, eyeliner 15ribuan (taulah ya merk apaaa), pensil alis 20ribuan, sama concelear yang udah satu pallete sekalian eyebase cuma 40ribuan. Cinta produk Indonesia, sist.. (baca: enggak kebeli yang impor impor).

Alis gak sama? Eyeliner tebel sebelah? Bulu mata mencong sebelah? GAK APA APA. Foto #eotd kan biasanya cuma satu mata yang diambil, jadi kegagalan sebelah itu enggak akan keliatan. Muahahahaha. Ini sekalian tips, kalau mau bikin dua look beda warna tapi males apus-apus. Yaudahsih, bikin aja beda kanan kiri, yang kanan nuansa spring misalnya, yang kiri nuansa gothic. Sekali sesi dandan-foto, bisa dapet 2 #eotd. Mantap? xD

2. Foto
Fotonya bisa sendiri bisa difotoin orang. Bisa pake kamera apa aja asal resolusinya bagus, gambar dan warnanya tajem. Enggak perlu pakai DSLR kok kalau gak ada, pakai kamera digital poket biasa bahkan kamera hape pun bisa. Aku kebanyakan foto sendiri, pakai kamera mirrorless Nikon V1 lensa kit. 
Ini kamera yang biasa aku pakai. Nikon V1.

Caranya ya foto aja kayak lagi selfie biasa. Yang banyak kejadian, orang-orang gagal bikin #eotd kece karena fotonya missfocus atau shaking (goyang). Ini biasanya karena ngambilnya kedeketan, jadi mentang-mentang foto mata, ya matanya doang diambil. Dekeeet banget sama mata, sedangkan kameranya gak mumpuni, akhirnya goyang atau ngeblur. Udah dandan ampe keringetan masa fotonya ngeblur? Duh, perih hati berbi.

Nah, biar enggak begitu, ambilnya rada jauhan, sekitar 2 jengkal deh jarak muka dan kamera. Jadi idung, bibir, sama kuping juga kena. Gak apa-apa, kan bisa di-crop. Makanya pastikan resolusinya gede dan gambarnya bagus, jadi enggak pecah pas di crop matanya doang.

Ambilnya jarak segini yaa.. yang penting bagian matanya tajem dan warnanya keluar. Nanti tinggal di-crop.
Fotonya kapan? Paling bagus sih pas ada matahari, tapi jangan di bawah matahari langsung. Jadi, yaa di teras rumah, atau di dalem rumah tapi di pintu gitu. Tempat yang paparan mataharinya dapet banyak tapi tetap teduh. Kalo di bawah matahari langsung, nanti warnanya jadi jelek. Tapi kalo di dalem rumah banget, ya gelap neng. Warnanya jadi kurang kece. Foto malem boleh? Kalo aku sih big no no. Karena cuma pake kamera biasa dan gak punya kemampuan lighting yang bagus, jadi foto malem-malem cuma bikin #eotd jadi gambar tikus got reunian: burek kehitam-hitaman. Muahahaha

Fotonya berapa kali? Yang banyak! Aku sekali foto buat #eotd bisa sampe dua puluhan kali per satu gaya mata (merem atau melek, gitu). Pindah-pindah juga, kadang di teras, kadang rada keluar biar lebih terang, kadang coba-coba di depan jendela. Paling sering sih di halaman belakang deket dapur karena cahayanya paling pas. Kan beda cahaya, hasil warnanya akan beda juga. Kadang juga coba-coba ganti white balance di kamera, ganti mode vivid atau neutral atau standar. Ya pokoknya coba-coba aja deh, jadi pas ngedit, kita dapet banyak foto dan bisa tau ‘template’ motret yang pas itu yang mana.

Ibu rumah tangga teladan, pemotretannya DI DAPUR x))))

3. Edit
Abis foto, jangan lupa diedit dulu. Kalo aku sih ngeditnya pake photoshop. Di-crop, dialusin kulitnya (karena pori-poriku segede-gede bagong, jadi kalo gak dialusin photoshop, gradagan banget kayak papan cucian), diatur lagi bright/contrass/saturasi/levels. Trus terakhir di kasih watermark (biar jelek tapi eyke pantang dicolong ya cyin). Kalo gak bisa photoshop, pake aplikasi edit foto di smartphone juga bisa kok. Photogrid buat bikin kolase, atau snapsheed, atau photoshop ala ala yang buat di android itu lho. Asal mau coba-coba dan rajin ngutak ngatik, bisa kok bikin yang kece nan instagramable. Ahik! 

4. Narsis Narsis Najis
Ya sayang aja sih udah dandan enggak selfie. Jadi tahap terakhir adalah menyongin bibir, tatap sok sok manja ke kamera, foto, masukin camera360, upload di sosmed, SMILE!



Mekapan ini bisa buat dipake beneran di kehidupan nyata? YA BISA BANGET LAH! Eotd itukan sejatinya adalah ajang pamer ‘nih lho gue bisa bikin eye makeup kereeen, lo bisa gaaak?’ dan tempat berbagi inspirasi riasan mata untuk sesama pecinta dandan. Tapi kalo buat foto rada tebel, buat di kehidupan nyata agak ditipisin aja kalau gak pede. Lagian #eotd kan ada versi riasan natural. Jadi emang gak cuma buat gegayaan doang di sosmed, beneran bisa ditiru untuk dipakai di kehidupan perdandanan sehari-hari. Yaelah jadi ceramah, udah ah bhay Pevita Pearce mau mandi dulu. Sekarang jam 5 sore, betul?

Ejangan lupa follow instragram @pungkyprayitno, ya! Biar aku cepet jadi selebgram! 
*masuk kamar mandi sebelum ditimpuk panci*
---
Semua foto di atas, menggunakan Bulu Mata Syahrini.

37 komentar

  1. Suka banget backgroundnya.. *Ditimpuk Ulekan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku anak baik, jadi ditimpuk bulu mata aja mau? XD

      Hapus
  2. Itu instagenic istilahnya kata pakar foto instagram....giti deh...
    Bulmat aku manaaaah???

    BalasHapus
  3. Cieeeeh udah jadi seleb IG niiiiih :p

    BalasHapus
  4. Tutorial make eyeshadownya mana ciin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sist, gak liat sist itu esedo belepetan gitu sist.. tunggu mahir dulu ya sist..

      Hapus
  5. Berharap ada tutorial makeup mata yang gampang diikutin di sini, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang gampang mah make up mata panda, sist... diurek2in aja pake eyeliner item. muahahahaha *PLAK*

      Hapus
  6. Keren mbak.... gaya tuturnya ..eits...gaya nulisnya ding...lugas abiss... slm kenal mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. LUGAAAAS???? bhahahahaha aku ngerasanya kok gaya tuturku ngaco yak XD

      Hapus
  7. sek aku tadinya mau komen bagus...tapi jadi ngekek...tungguin yaaaaa review bulu mataaaa cetarrrrkuu

    BalasHapus
  8. kece banget nih anak,,,hihihihi

    BalasHapus
  9. ampe skr aku tuh ga bisa2 masang bulu mata palsu sendiri -__-.. ancur bgt deh jdnya..;p Cakep loh mba hasil matanya... aku sih kalo make wrna std aja..yg netral2..

    tp ga kebayang bikin mataku sewarna warni itu sambil selfie an di banyak tempat.. hahah udh kebayang komen suami ;D

    BalasHapus
  10. Kece banget info nya makk.. Semoga cepat jadi selebgram ^_^

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
  11. gambar alis nomer 3 kuwi mirip buntut merak mbak, apikk haha

    BalasHapus
  12. Sebagai perempuan yg nggak bisa dandan, liat ini tuh amazing. itu pake eyeliner sampai njungkit/njengking gitu gimana.. sedangkan kena kuasnya aja mataku udah ndrojos mili

    BalasHapus
  13. hihihiiii...memang penuh perjuangaaan yah...tapi ngeliat hasilnya jadi sukaaaa :)

    BalasHapus
  14. Maksudnya snapseed kali ya kak bukan snapsheed xD
    Wah kalau aku sih pake maskara maybelline aja udah cukup :')
    #Akumahapaatuh
    #maskaraajagratisan

    BalasHapus
  15. itu foto yag di dapur udah berminyak ya pungky :)

    BalasHapus
  16. *toktok* mak keluar dari kamar mandi mak, hujan panjinya udahan :D
    kece badai dandannya euy. hebadd ^_^

    BalasHapus
  17. hahaha mantap. tutorial buat cowok sama aja Pung? wwkw

    BalasHapus
  18. Asyik juga dandan gtu, ya. Nyong belum pernah dandan dewek sampai se hits itu :D

    Cetaaaaaaaaarhhhh!

    BalasHapus
  19. hastaga mak. foto yang terakhir unyu banget wkwkwkwk

    BalasHapus
  20. Cakep mak, jd ingin dandan juga

    BalasHapus
  21. wahhh, mau ah nyontek. udah pernah sih bikin eotd ala-ala sendiri tapi jadinya ya gitu deh, kurang maksimal. tapi tetep aja kepedean dipamerin di blog heu heu
    http://www.nayarini.com/2012/03/me-myself-and-i.html

    BalasHapus
  22. terimakasih mba tutorialnya, sangat membantu sekali :)

    BalasHapus
  23. Uwuuuu~ Make up matanya bagus, Mbak! :D Aku ngga pernah berhasil sih bikin gituan. :P

    BalasHapus
  24. coba bikin video kedip kedip mata hihiiii

    BalasHapus
  25. Kaaaaaaak ajarin pake bulu mata :(((((

    terus itu aku paling nggak bisa deh ngewarnain mata bawah yg agak kedalem itu. Sakit. Belom apa-apa udah nangis XD

    BalasHapus
  26. Waahh kalo aku dandan ala2 eotd hanya berani dipake saat pesta kayaknya..
    Kalo rajin2 begini mah, kayaknya galama lagi jadi selebgram lah kamu ini pungkiii hihi

    BalasHapus
  27. Kok aku dah latihan terus tetap gak bisa make eye shadow cakep kek gitu ya? *nangis di pojokan

    BalasHapus