Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Tutorial Membuat Foto Flatlay


Emang harus ya ikut-ikutan tren bikin bikin flatlay? ya ndak sih, cuma kan aku gak boleh kalah heits sama keminyis keminyis itu. Mereka gawl dengan flatlay, masa pungky enggak. Rusak dong pencintraan aku sebagai (bakal calon) selebblog yang popyuler dan kekinian. 

Udah bakal, calon lagi. Sih lama.

Buat apa foto flatlay? Lucu aja buat foto produk kalau lagi review di blog, dan paling penting ya.. buat memperindah instagram biar kekinian dalam arti sebenarnya. Karena flatlay ini kan tren baru setelah #OOTD dan OTD OTD lainnya. Sedikit basi emang.. Karena kayaknya orang udah pada bosen, dan aku baru suka. Semacam gaul susulan.

Sama kayak karya seni lainnya, gak ada juklak khusus dalam membuat foto flatlay. Ini aku bikinin tutorial ala ala flatlay yang lagi hip sekarang, berdasarkan pengalaman dan kemampuan pribadi. Kalau kamu merasa lebih gape bikin flatlay, yaodah sih close tab ngapain dibaca. Mubajir waktu hoy :))

1. Pilih bekgron

Sekarang banyak tuh yang jual alas foto buat bikin bikin foto flatlay. Ada yang motif kayu lah, bata lah, semen lah, floral lah, macem macem deh. Lucu sih.. lucu banget! Tapi buat aku, alas foto seharga 90ribu lebih, ya maaf, mending duitnya buat beli kuota internet. Cukup untuk ngepoin persilihan uwuwuw Kd, Aurel dan Azriel sampe kelenger. Si om mah gak bisa dikepoin, akunnya digembok.

Nah, aku paling suka sama flatlay yang bekgronnya putih bersih. Entah ya, buat aku jadi keliatan bagus aja. Clean dan elegan. Jadi ya setiap bikin flatlay, bekgron andalanku cuma putih. Tadinya foto di lantai, tapi garis-garis keramik ganggu banget. Pakai kalender bekas yang dibalik, cepet rusak. Meja putih glossy, aku gak punya. Akhirnya diakalin pake time table, beli di toko buku, 15 ribu rupiah aja. Bisa di lap, dicuci, dan enggak gampang rusak. Sisa 75ribunya buat beli kuota internet, siapa tau si om akunnya udah gak digembok kan.

Proses fotonya
Hasilnya


Kalau buat makanan atau resep, yang lagi hits sekarang pakai bekgron kayu trus makananya berantakan gitu. Berantakan sandiwara, soalnya keliatannya doang berantakan, aslinya mah diatur supaya berantakan. Berantakan settingan gitu, udah kayak ribut-ribut artis di sosmed. Tapi udah tau settingan masih dikepoin! *ya biarin sih namanya juga ibu ibu*

Aku kebetulan punya meja kayu, jadi kalo flatlay berantakan sandiwara makanan, langsung di meja aja gak pakai bekgron. Ini flatlay resep ayam rempah, yang aku bikin waktu blog sebelah ikut lomba dan KALAH. Muahahahahaha nangis.

2. Atur Pencahayaan Saat Foto

Foto flatlay biasanya clean, cling dan mentereng. Jadi saat ambil foto, pastikan cahayanya cukup. Jangan banget ambil foto subuh atau malem. Pertama, serius situ bikin foto subuh-subuh? Gak enak sama ayam. Kedua, cahayanya gak bagus buat foto, gelap. Hasilnya jadi burek atau banyak semutnya karena ISO nya gak kuat. Ini berlaku buat semua kamera ya, baik DSLR maupun kamera hape.

Saat foto, perhatikan cahaya datang dan posisi kita. Karena ini foto dari atas (bird's eyes of view), jadi rawan banget ketutup bayangan kita sendiri. Pastiin gak ada bayangan kita (baik badan, tangan maupun jidat doang barangkali?) di dalam gambar. Kalau ada bayangan, ya geser lah cyin..

3. Proporsionalitas

Emang ada PROPORSIONALITAS? :))

Flatlay itu sejatinya seni menata barang. Saat foto, kita harus bisa 'merasakan' komposisi barang yang akan di flatlay. Enak gak rasanya di mata. Duh ini kayak fotografer beneran aja bahasanya. Muahahahaha pungky sotoy pungky sotoy. Ya pokoknya, baik dari bentuk, ukuran, warna, sampai perbandingannya dengan barang lain, harus kelihatan enak dilihat dari atas. Aku sih biasanya pas motret, naik bangku atau meja biar bisa liat dari atas. Trus dikira-kira juga, kalau bentuk fotonya saat upload nanti square atau circle mungkin, kepotong apa enggak, jadi aneh apa enggak.


4. Printilan

Kalau buat beauty product, andalan banget ya pakai bunga atau sesuatu yang bling bling (kayak mutiara boongan, manik-manik, dsb). Kalau buat fashion, biasanya ditambahin kamera atau pasir pantai. Kalau masakan, biasanya ada lap (baik baru maupun belel bau minyak jelantah), atau taburan bumbu dapur biar kesannya berantakan tapi cantik. Ya berantakan settingan itu tadi.


Ini flatlay yang aku bikin buat postingan lomba Revlon dan MENANG muahahaha *akhirnya*. Tuh ada printilan bunga supaya fotonya gak krik. Jadi ada nuansa gimanaaa gitu. Gimana, gimana? xD

Atau bisa juga pakai tren Hand in Frame, jadi ada tangan nongol dikit di dalem foto. Nyempil gitu tangannya, udah kayak pengasuhnya Arsy kalau foto. Gatau Arsy? Anaknya Ashanty. Emak tirinya Aurel sama Azriel yang baik banget itu, yang katanya lebih baik dari Kd karena mau ngurusin anak-anaknya sedangkan ibunya sendiri gak mau. Pengasuh yang suka nyempil itu punya instagram juga lho, dan gak digembok jadi bisa dikepoin. Beuh.

Sampe manaaaa? Oh, printilan. Lupa tadi mau bahas apa lagi, skip skip skip. Langsung ke poin terakhir yaitu...

5. Editing

Biar fotonya makin sip, sebelum upload upload jangan lupa diedit dulu. Andalan aku sih photoshop, tapi kalau foto dari hape, biasanya pakai ya photoshop juga tapi yang di hape. Gak diapa-apain banget sih, paling naikin exposure biar makin cling (karena dasarnya emang aku suka foto yang rada over exp), trus naikin kontras dikit, di defog, trus crop jadi square. Soal aplikasi edit edit foto, bisa baca postingan MbakCuth tentang Aplikasi Mudah untuk Edit Foto dan Video.

Sekarang sih instagram udah gak harus square ya, tapi aku tetep sukanya di square-in dulu. Soalnya kalo gak square dan langsung upload, diliat di profil jadi gak rapi, gak kece. Buat aku ini bisa mengurangi kadar ke-hits-an instagram kita. hahahahahaha apa sih.


Purwokerto, awal bulan lagi galau, September 2015

Udah ah pegel. Selamat mencoba yaa.. Basi sih, tapi semoga juga bermanfaat. Bhay! 
*buka instagram* *lanjut ngepoin perselisihan uwuwuw*

DIFOLLOW DIFOLLOW DIFOLLOW ---> @pungkyprayitno

103 komentar

  1. waahh bagus bangad foto ayamnya kikikik

    BalasHapus
  2. kayaknya kudu ngacir beli alas putiiih ituuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa asli itu serba guna bangeeet. Murah meriah dan glossy, jadi hasil fotonya bagus, mencling :D

      Hapus
  3. hihih iiyaaa kekinian sekarang
    ala ala instagram yg aku taunya dari @uploadkompakan
    sama para food blogger :D
    kalau yg bg putih aku pake kertas karton putih biasa aja hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya flatlay ini udah rada lama jadi tren di luar. Cuma kayaknya di Indonesia jadi ngehits sejak uploadkompakan itu :D

      Kalo aku kurang suka pake karton putih, selain gampang rusak, warnanya kurang cling. hehehe

      Hapus
  4. Alas putih emang pas banget untuk foto produk ya mak... bikin produknya kliatan menonjol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul banget, jadi menonjolkan baik warna maupun bentuk di produk :D

      Hapus
  5. Kreatif...sukak kreatifitasnya :)

    BalasHapus
  6. Aku sih berharap tren flatlay ini nggak cepet berlalu karena aku belum menyusul gaul Makpung :v :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahaha lalu aku berdoa semoga tren flatlay ini cepat berlalu. gak boleh ada yang lebih gaul dari aku, gak... gaaaaakkk :v :v

      Hapus
  7. printilan...itu yg paling susah. aku orangnya ga sabaran n telaten hiks
    fotonya keren maaakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi aku juga gak terlaten kok mak.. itu printilan senemunya ajaaa :D

      Hapus
  8. Ngakak bacanya. Wkwkwkw...
    Nice inpoh buat aku yg awam banget di dunia instagram. Hehehe...

    BalasHapus
  9. Ngakak bacanya. Wkwkwkw...
    Nice inpoh buat aku yg awam banget di dunia instagram. Hehehe...

    BalasHapus
  10. Ngakak bacanya. Baca sambil cekikikan, wkwkwkw...
    Nais infoh nih buat aku yg awam di dunia instagram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun awam di dunia instagraam.. cumaaaa suka sok ngartis nyahahahahaha

      Hapus
  11. Ampuun. Postingan yg keren..sarat info dan *gosip. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahaha banyakan gosipnya daripada infonya. ya maap, namanya juga bu ibu xD

      Hapus
  12. Asline pasti kalo di dapur leih berantakan dr itu to Pung hihihi. Coba ah pake whiteboard, ada nih di rumah tapi ga pernah kepikiran dipake bua alas poto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobaiiin... percobaan pertama pake komik mak irits doong. buat iklan xD

      Hapus
  13. iya tah pungky?? mengurangi ke hits-an kita di Instagram?? semenjak insta udah nggak perlu lagi No Crop, aku riang gembira.. tapi pas kamu bilang mengurangi.. aku jadi aaaatut.. hiks3..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggaaaaakkk itu mah cuma ngarang aku ajaaa hahahaha
      Cuma aku pribadi emang gak suka liatnya, soalnya di profil jadi gak rapii.. kan kurang kece gitu diliat :D :D

      Hapus
  14. Ooo ini to flatlay, iya iya aku suka bgt klo lihat di instagram. Berarti aku sdh pernah melakukannya waktu moto dagangan taplak, smp naik2 kursi. Hasilnya nggak bagus, ada bayangan badanku & blm ngulang lagi. Tapi hobi gini kudu kreatif kyk pungky, pakai papan whiteboard yg buat jadwal sekolah anakku tu. Kalo nggak, jadinya boros bgt beli2 properti klo utk tujuan biar kekinian aja, nggak utk lomba atau tujuan jualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa betul banget. Aku awal awal juga boros karena pengen beli bunga lah, kamera mainan lah, alas foto lah.. lama-lama bisa diakalin sendiri dan jadi terbiasa buat 'nemu' barang-barang kece yang bisa di flatlay. hihihi

      Hapus
  15. Ih murmer ya 15rb doang. Pengen lho hehehe. Di Gramedia ada ga ya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, mak. Tapi lebih mahal, 20ribu lebih. heheheh ini aku beli di toko kecil pinggi jalan :D

      Hapus
  16. Wah...aku baru ngeh nih kenapa byk Blogger nampilin postingan foto2 keren.. Ternyata namanya flatlay ya.. Hmm..gak ada salahnya juga ya nyobain flatlay biar kekinian dan gak out of date.. Mksh ya Mba sdh shartin ttg hal ini..

    BalasHapus
  17. keren ih... itu rantai tasnya juga sengaja dibegitukan, atau begitu sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berantakan settingan mak.. gak ada yang alami dalam flatlay. wkwkwkwk

      Hapus
  18. Walau galau tapi udah kasih ilmu, pahalanya banyak, rezeki banyak ya sri

    BalasHapus
  19. Beuhhh, jgn cuma kepo IG si Om yang digembok, tapi IG Lee Min Ho juga jehhh, biar cling kaya muka Min Ho juga potohnyah :v :v *trus buru2 beli sprei putih* :)))

    BalasHapus
  20. iya aku juga bikin alas poto sendiri.. tp ngatur angle sm komposisi yg kudu rada keringet2.

    BalasHapus
  21. Hix, aku mah masih belajar aja nata barang ga pake perabot wkwkwk, apalagi pake perkakas bunga-bunga dimana2..

    Tapi makasih ilmunya, aku serap-rap-rap-rap..

    BalasHapus
  22. Makasih infonya kak. Kalo aku pakai papan ujian putih. Haha

    BalasHapus
  23. Makasih infonya kak. Kalo aku pakai papan ujian putih. Haha

    BalasHapus
  24. kece nih foto-fotonyaa... jadi pengem ikutan...

    BalasHapus
  25. Keren fotonya mbak, instagram-able pokoknya

    BalasHapus
  26. lgs galau mandangin kamera yg baru beli tp jrg dipake -__-

    BalasHapus
  27. Aku sukaaa foto flatlay, soalnya nggak butuh kamera yang harus bisa bokeh-bokeh manja gitu. Pakai kamera hape juga jadinya bajuusss. Foto-fotonya keren abis, mak. Aku suka bingung ngatur arah datangnya cahaya. Pasti jadinya bidang yang deket sama cahaya silau.

    (Aku kepo banget emang si om pernah nyindirin mas Anang gitu ya dulunya soal pakai duit rakyat Jember buat nikahan? Dimana siy nyindirnya? Di akun IG-nya yang digembok itu?)

    BalasHapus
  28. Ooh jadi ... nama adik Aurel itu Arsy *pura2kudet*

    Ooh, jadi ... pengasuhnya Arsy punya akun instagram? *kudetbeneran*

    Makasih infonya yah
    Eh ... salah fokus

    Tapi saya ke sini lumayan dapat pencerahan, soalnya saya suka ngasal kalo foto. Kenapa yah, malas buat belajar mempercantik foto (ada obat malas kayak ini gak, yah?)

    BalasHapus
  29. Baru tahu kalo istilahnya flatlay, terima kasih sudah berbagi. BTW, walau sebelumnya belum tahu akan istilah flatlay, aku sampai bela-belain beli kain putih untuk jadi dasar foto nan putih. Karena kalau kain 'kan tidam memantulkan cahaya ^_^

    BalasHapus
  30. Oalah...pantes ada yg datang ke aku dari ini hahahaha
    kalo aku coba ditambah kamera dslr :"( butuh nih :(

    BalasHapus
  31. Berantakan settingan gitu, udah kayak ribut-ribut artis di sosmed. Tapi udah tau settingan masih dikepoin! *ya biarin sih namanya juga ibu ibu*<<<---parah bener kamu sekarang, pung.. -_-

    btw, aku sih kalau mau foto jadi keren, kece, kinclong gampaang...mau flatlay kek, mau doggy style kek (apa?), mau handstand kek, tinggal minta tolong aja sama Pevita Sugigi di Purwokerto.... :v

    BalasHapus
  32. aku jadi beli nih time table nya, huh, padahal aku biasanya pake papan tulis hitam punya bocah2, biasa, sukanya yang dramatic gituh....hahahaha. aku jadi ikut2an buka IGnya anak beranak itukan pungk gara2 awakmu. hish ngegosip deh aku

    BalasHapus
  33. Pung... kalau mau hasil keren spt punyamu ya kudu punya jiwa seni juga sih.
    Aku tuh gak pernah bisa buat foto semenarik punyamu itu karena aku ga nyeni blas :(

    BalasHapus
  34. Waah foto -fotonya keren-keren
    Baru tau namanya flatlay
    Makasih tutorialnya Mak Pungky

    BalasHapus
  35. Hahha suka bacanya mba..kepoin yg lg pada berantem jd bikin gagal fokus nih

    BalasHapus
  36. Aaaaaahhh flatlay <3
    Tipe foto favoritku di IG, tapi nggak punya foto dengan gaya ini karena nggak punya alasnya. Mo beli masih maju mundur maju mundur mulu, nggak sreg sama harganya, hihihi..
    Makasih banget share-nya, Mak :* (catet time table di wishlist)

    BalasHapus
  37. Baru tahu di bawah-bawah kalo flatlay itu seni enata barang. KENAPA GAK KAMU KASIH TAHU DI ATAS AJA BIAR BISA LANGSUNG AKU CLOSE TAB PUNG? *siap2 dibakar*

    BalasHapus
  38. Dapat ilmu lagi :)
    asyik asyik bisa jadi pinter.

    BalasHapus
  39. baru ngeh istiilah flatlay...heem kereen dah :)

    BalasHapus
  40. hahaaa.. malah ngomongin keluarga sebelah.. thx tipsnya mak

    BalasHapus
  41. Aku juga lagi ikutan bikin ginian tp blm semahir mahmud Pungky. Makasih tipsnya yaa.. Didoain jd selebblog deh.

    BalasHapus
  42. Tadinya mau komen eh baca komennya leyla hana jadi pingin meng aamiinkan doanya leyla hana aja deh... biar pungky jadi seleb blog

    BalasHapus
  43. Kece badai kakak...Cuss beli white board akh XD XD

    BalasHapus
  44. ooo.ternyata gitu toh tips foto2 keren di instagram..
    thanks mak pungky
    stt..btw apa perkembangan terbaru kasus si oom lemot ? eh om lemos ? :D

    BalasHapus
  45. kalo aku begron putih,tetep pake kalender hahaha..murmer dan nggak ribet kl mau pindah2 xixixixi

    BalasHapus
  46. Adem banget tuh foto, emang yak Mak Pungky kreatif !

    BalasHapus
  47. iikss.. bagus2 emang flatlaynyaah... brb nyoba aaah, thanks tipsnya yaaak :D

    BalasHapus
  48. oh... jadi tu..yang di gembok..settingan..yak....?! *lah..? hahhaha... punky bisa aja..antara postingan serius..sambil gosip artis...

    BalasHapus
  49. Aih tips2nya mantep banget, apalagi ada bumbu-bumbu gosipnya hihihihi...
    Kalo mau flatlay di kafe (supaya hits dan kekhinian) suka malu euy mau naik2 kursi :)))))

    BalasHapus
  50. time tablenya cakep euy. pengen deh ih :" aku biasa pake kertas karton.. murah sih, tapi capee hahaha soalnya kan mesti disolatip lepas solatip lepas

    BalasHapus
  51. Trus, Pung gimana kelanjutan heboh-heboh Aurel sama emaknya? Eeeh bukan bukan itu hahahaha.... Yuk cari tukang kunci imitasi buat buka gemboknya *makin ngaco*

    BalasHapus
  52. wawawawa, pengen nyobain flatlay, makasih tutorialnya mbak Pungky...

    BalasHapus
  53. Ini keren, Kak Pungky ... kalau ada kameranya nanti, saya akan praktekan ini, In Sya Allah.

    BalasHapus
  54. hasilnya bagus ya, jadi kayak foto2 di majalah. betewei baru tau loh kalo foto gitu namanya flatlay wkwkwkwwkk.. gak gaul blas lbh parah drpd gaul susulan :))

    BalasHapus
  55. Bahahaha mudah2an si om ga kaya ols yang demennya digembok :D

    BalasHapus
  56. Baru tau foto flatfay. Iya, aku kudet soalnya, wkwkwk
    Nice banget mbaaaak, aku bookmark yaaa.. mau mraktekkin kapan-kapan

    BalasHapus
  57. Oh, gini ya caranya. Bener, background putih lebih kece. Dan.. Aku malah larut sama drama ibu dua anak itu. Nyahahaha..

    BalasHapus
  58. jadi keren-keren hasil fotonya
    terimakasih mba tipsnya :)

    BalasHapus
  59. Keren banget Pung foto-fotonya. Aku asal jepret aja, pake hp juga, lumayanlah dapat ilmu dari Pungky *meskipun tetep aja nanti jepret asal2an, nggak bakat jadi photografer sih, nggak kreatif juga. Paling enak tuh kalo dibuatin aja fotonya :D

    BalasHapus
  60. Aku suka lihat foto2nya. Kamu emang berjiwa seni. Seperti Sujiwo Teja. :P

    BalasHapus
  61. fotonya bagus2 mbakk.. terang banget dan gak keliahatan bayangan sama sekali.. patut dicoba ^^

    BalasHapus
  62. Eh ternyata gitu toh caranya. thx infonya :)
    *BRB beli whiteboard*

    BalasHapus
  63. keren ya hasilnya..makasih mak kandi ilmunya....

    BalasHapus
  64. meja kayuku gak sebagus punya pungky, pinjem dong

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum mbak Punky...Kunjungan perdana nih.
    Wah foto-fotonya bagus nih, bisa dijadikan background header.
    Lebih mirip wallpaper ya mbak

    BalasHapus
  66. hallo kak.
    Iya nih setuju, aku juga palingan edit esposure dan kontrasnya.
    Btw, thanks yaa udah sharing tips ini. Mau aku coba ah di post blog aku berikutnyaa.

    Salam kenal.
    polkalicious

    BalasHapus
  67. kalo bekgron putih biasanya saya pakai pashmina yang putih hahahah :D boljug ya pake whiteboard! iyes sih mihil bingit tu alas foto *korban marukh beli alas foto* >.< dan setuju banget natural light is the best..
    Foto-fotonya keceeeeh mak.. Tipsnya okeeh!

    BalasHapus
  68. fotonya keren keren mba :)
    aku skua

    BalasHapus
  69. Oooooowh ini namanya flatlay. #gakkekinian

    BalasHapus
  70. Bukannya fokus flatlay, aku malah ngakak-ngikik baca tulisan pungky.. *menghibur bangeet ;D

    BalasHapus
  71. baru bacaaa :) Aku jg lagi mikir alas foto apa ya yang okeh tapi gak nyekek leher... Ide keyeeen! Thanks yak!

    BalasHapus
  72. Di atas pake kamera apa mbak? Settingannya?

    BalasHapus
  73. perselisihan diva diinstagram udah nggak seru lagi mbak, udah baikan n makan2 bareng mereka..(eh, kok komenya nggak nyambung)

    BalasHapus
  74. kereeeenn...baru tau yg begini namanya flatlay. Foto2 kekinian mesti modelnya yo koyo ngene hihi. berantakan tp rapi, berantakan yg settingan. :)

    BalasHapus
  75. oohhh baru tau, background putih itu dari time table ya?
    ide yang bagus, nyontek boleh ya :)

    BalasHapus
  76. Okehhh aku cari time table jg ahhh.. haha...

    BalasHapus
  77. flatlay memang ocreeeeh :)...semua dibuat flat hehehe...tapi aku sih selalu menikmati prosesnya, walaupun hasilnya kadang bagus banyak ngg jelasnya hehehehe

    BalasHapus
  78. Keren idenya si mahmud ini, okelah aku mau coba ide kerenmu ah, thanks Pungky

    BalasHapus
  79. yang paling susah adalah cahaya. aku paling suka foto jam 7 pagi...keceee dijamin

    BalasHapus
  80. Blm prnh nyoba... pun br punya IG... telat benget guah... haha... ntr deee cobain... thx for tips

    BalasHapus
  81. aku juga lebih senng pakai alas putih, kyaknya objek lebih menonjol aja warnanya

    BalasHapus
  82. Sangat mengisnpirasi sekali, bahasanya kocak banget! keminyis-keminyis, beckgrond, printilan :D actually bagus, menghibur, dapet ilmunya

    BalasHapus