Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Gila, Notebook Ini Harganya 95 Juta!



Apaan? Notebook harganya 95juta? Itu laptop apa gensi mantan, tinggi amat harganya. Psst, duduk dulu diem, ini nih aku ceritain ya!
 
Meskipun pasangan suami istri, aku dan mas suami nggak bisa sejalan untuk beberapa hal. Soal notebook, misalnya. Aku mah milih notebook yang penting stylish, kalau bapaknya Jiwo, selalu milih notebook yang gahar baik dari segi spek maupun penampilan. Karena notebook untuk dia bukan cuma urusan kerjaan kantor, tapi juga urusan separuh hidupnya: game! 

Separuh hidup yang sering bikin aku keluar tanduk, maksudnya 😈

Soal gaming, bapaknya Jiwo ini fanatis. Fanatis level ngeselin. Dulu waktu kami masih pacaran, dia tuh sering banget nginep di game center. Sampai kata temen-temenya, dia mah udah pindah rumah ke depan monitor. Dia bisa ngabisin duit banyak banget cuma buat beli pistol, pistol di game yang mana enggak ada wujud nyatanya. Kan pengen nabok ya.

Nyari duitnya ya dari game. Jadi nyari dan ngabisin duit, dari game untuk game. Dia mengurangi frekuensi gaming-nya tuh sejak punya Jiwo, sejak jadi bapak, sejak pekerjaannya menuntutnya lebih fokus. Sekarang game jadi sebatas hiburan buat dia. Aku? Bersyukurlah! Istri keduanya akhirnya ditalak. HAHAHAHA 😈😈😈

Nah, belum lama ini aku diajak ASUS Indonesia buat nyobain laptop gaming terbaru mereka, ASUS ROG GX800. Laptop seharga mobil yang dibuat khusus buat memanjakan gamers. Buat aku, harganya yang melangit membuat laptop ini layak disebut gila. Bahkan, saat aku denger harganya, aku nggak bisa ngebayangin orang macam apa yang mau beli.

Gila aja, 95juta!


Tapi saat aku cerita ke suami, dia dengan enaknya menjawab, “Kalau aku punya duit, aku beli tuh laptop!”. Aku mengerutkan dahi dan melirik sinis. Begini ya pak suami, seandainya pun kamu punya duit, kan tetep butuh acc aku dulu buat beli notebook semahal itu. Menurut ngana, ngana bujangan? 😏

Setelah dia menjelaskan panjang lebar (panjang lebar banget), akhirnya aku mengangguk paham. Okelah, pak suami, kalau kamu punya uang sebanyak itu, boleh gih beli ASUS GX800! Menurut dia, ada banyak faktor yang membuat ASUS ROG GX800 layak dimiliki oleh para gamers. 

Ambil cemilan dulu gih, agak panjang nih. Kujelasin pelan-pelan ya..

**

Desain yang Macho dan Greget


Suami aku bilang, gaming is all about style. Jadi, desain perangkatnya pun harus stylish. Nah, buat dia, desain body ASUS ROG GX800 layak disebut sangat berkelas. Lekuk tegas dan kesan kuat terlihat dari tampilan luarnya. Macho dan greget! 💪😎

Karakternya hampir sama dengan sang pendahulu, ROG G752. Aroma high end yang ingin dibuat sama ASUS tetap kental terasa. Warnanya yang metallic grey dikasih aksen logo ASUS di tengah dengan bingkai dua garis tegas bersudut miring 70 derajat yang nyala-nyala, bikin si 95juta ini terlihat sangat keren sekaligus mewah.

((( nyala-nyala )))


Panel LID atau covernya terbuat dari alumiunium, gitu juga dengan area keyboard serta palm rest. Sementara bodi bagian bawah, khususnya cover penutup untuk mengakses kompartemen bagian dalam tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM terbuat dari material plastik khusus.

Jadi, kata suami aku, kalau datang ke tempat nongkrong bareng gamer lain, belum main aja, yang ngeliat pasti udah minder. “Ini penting banget, jadi perang psikologis dulu sebelum main. Biar pas on game jadi jago.” 

Tuh dia mah gitu, belom apa-apa udah tengil. Suami siapa sih? 😒

Power yang Gila!


Dari tampilan luar, GX800 mungkin mirip sama pendahulunya, tapi, deep down inside, kedua produk high end ASUS ini jauh beda. Di bawah pimpinan Jerry Shen, ASUS mengganti hampir seluruh hardware penting dengan teknologi yang jauh lebih mutakhir. Jadi, laptop baru ini jauh lebih kuat ketimbang pendahulunya yang bahkan untuk standar sekarang masih layak disebut luar biasa. Beuh nggak tuh?

Kekuatan utamanya terletak di prosesor dan image processor. Untuk prosesor, ROG GX800membawa Intel Core i7-7820HK yang mempunyai kecepatan clock speed lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yakni 4,6GHz. Clock speed yang lebih tinggi berpengaruh besar pada kinerja dan processing speed pada komputer secara keseluruhan, antara lain mampu meningkatkan frame rate (FPS) pada game. Dada babay deh sama game ngadet-ngadet macam orang sembelit.

Clock speed yang lebih tinggi juga bisa mempercepat waktu rendering 3D/video editing dan mempercepat berbagai aplikasi yang sangat boros daya atau resource intensive, seperti game dan beberapa aplikasi sosial media yang menggabungkan foto, video, dan teks sekaligus di dalamnya. Banci aplikasi mana suaranyaaaaa? 🙋🙋🙋

Kekuatan utama itu didukung kartu grafis bertipe 2 Way SLI GTX1080. Artinya ada dua buah VGA card GTX 1080 tertanam di dalam notebook. Performa dan kinerja dari keduanya digabungkan untuk menghasilkan satu kekuatan yang lebih besar.

Satu Nvidia GTX 1080 sebenarnya sudah punya kekuatan yang sangat gahar, bayangkan bila ada dua buah GTX1080 yang kekuatannya digabungkan. Secara spefikasi GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, sementara base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz. Satu buah GTX 1080 memiliki VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps.

Serius amat? HAHAHAHAHA

Nah, karena sekarang eranya virtual reality gaming yakan, graphic card kelas teratas dari Nvidia yang dipakai ROG GX800 juga telah dibekali dengan fitur VR Ready. Nggak cuma itu, graphic card ini juga punya kemampuan lainnya. Sebut aja, Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL, dan lainnya. Semua fitur tersebut berguna untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan efek-efek di dalam game agar bisa berjalan mulus ketika dimainkan. Mulus kayak siapa coba kayak siapaaaa?

*pengin banget disebut*


Ohya, untuk memori, di level standard, ROG GX800 sudah dibekali RAM DDR4 2800MHz dengan kekuatan 64 GB. Enampuluhempatgiga!!!! Gila!


Overclocking. Naikin Adek, Bang..


Plis buibu kaga usah ditanya overclocking itu apaan. Gugling aja ya. Soalnya kalo aku kudu jelasin, ini tulisan panjangnya bisa ngalah-ngalahin episode Tukang Bubur Naik Gaji 😽

Power si ROG GX800 emang udah wow banget. Tapi, kekuatan ini masih bisa dinaikin lebih jauh lagi lho dengan overclocking. Dan nggak kayak laptop atau komputer lainnya, saat bikin ROG GX800, ASUS juga bikin software buat overclocking. Jadi, OC di ROG GX800 boleh dikata bakal lebih aman. 


Selain aman, ROG GX800 juga dapat melakukan overclocking dengan cara gancil. Clock speed dapat ditingkatkan melalui tools atau aplikasi khusus yang telah disediakan ASUS. Tools bernama ASUS Gaming Center ini pun sudah terinstall di dalam OS GX800. Skenario yang dapat dilakukan antara lain, menaikan frekuensi tegangan pada CPU dan GPU secara manual sampai ambang batas tertentu. 

Hati Panas, Bang? Sini Adek Watercooling-in..


Overclocking dan gaming adalah dua hal yang bikin komputer atau laptop luar biasa panas. Taukan panasnya hati saat liat suami disenyumin anak gadis orang? NAH! Kurang lebih begitu.


Tapi, masalah ini pun sudah diatasi sama ASUS. ROG GX800 membawa sistem pendingin external, docking watercooling yang didesain sangat keren pula. Jadi pendinginnya itu enggak di dalam notebooknya, tapi nemplok dari luar gitu.

Watercooling systemnya pun lebih advanced dari versi lama. Yakni, aliran watercooling yang terbuat dari radiator tersebut mampu mengaliri dua buah GPU sekaligus CPU yang terpasang di dalam notebook tersebut untuk mendinginkan sistem.

Hal itu pula yang mampu membuat CPU-nya mampu di overclock hingga frekuensi 4,6GHz dengan aman ketika dalam mode docking mode (notebook terpasang dengan docking watercooling). Untuk mendapatkan kemampuan paling top, laptop harus terpasang di docking mode. 

Jadi, yang kayak panasnya hati saat liat suami disenyumin anak gadis orang itu bisa turun sampai level suami pulang kerja bawa kresek isinya Kylie full shade. Ademmmm ⛄

Hardisk Konvesional Mah Kuno


Sekarang eranya SSD yakan, yang namanya Hardisk konvensional mah kuno. Dan ASUS sadar betul dengan hal ini. Malah, mereka memilih SSD tercepat di dunia untuk ROG GX800, yakni Samsung SM951. Tahu berapa kapasitasnya? 1,5 TB dan masih dilengkapi dengan fitur NVMe SSD RAID 0. Gils gils gils!

Selain kenceng mampus, SSD tersebut juga memiliki fitur NVMe alias Non Volatile Memory Express yang memanfaatkan slot PCIE Generasi ke-3 M.2 untuk memaksimalkan kecepatan bandwidth-nya.

Slot PCIE4 itu punya kecepatan 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan SATA3 atau mungkin bisa dibilang ini adalah koneksi media penyimpanan paling cepat saat ini. Slot PCIE 4 menghasilkan kecepatan membaca SSD hingga 20Gb per detik, atau 4 gigabyte lebih cepat dibandingkan dengan Raid 0. Bandingkan dengan hardisk SATA yang kecepatannya hanya di hitungan MB per detik.

Penggunaan PCIE 4 juga lebih aman dan tahan lama, karena jika salah satu keping SSD rusak, maka keping SSD lain tetap aman. 

Enggak Usah Terlalu Dibesar-besarkan, Itu Hati bukan Layar GX800

18.4 untuk layar laptop itu kegedean banget ya. Tapi kata mas suami, buat hardcore gamer ukuran itu sangat-sangat pas.


Keistimewaan layar ROG GX800 nggak cuma ukurannya aja. Layar Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC ini punya banyak nilai tambah. Sebut aja, lapisan finishing matte yang didesain khusus biar mata para gamers nggak gampang lelah saat bercengkrama dengannya dalam waktu lama. Jenis layar kayak gini juga membantu mereduksi pantulan sinar cahaya dari luar arah belakang secara signifikan.

Dengan panel beresolusi Ultra HD alias 4K (3840X2160), layar ROG GX800 sudah dilengkapi dengan tingkat refresh rate 60Hz. Artinya layar mampu menampilkan sebanyak 60 gambar per detiknya. Yaa namanya notebook berbekal kartu grafis mutakhir, haruslah diimbangi dengan layar berteknologi 

Di dalam display pun telah disematkan teknologi bernama Splendid Display. Fitur yang sangat menyenangkan ini, punya empat buah mode yang bisa dipake buat menyetel layar agar nyaman dan ramah penglihatan saat digunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

Jadi, buibu.. Jangan dulu keburu ngomel “PAK MATANYA RUSAK PAK NGEGAME MULU!”, sebelum kenalan lebih jauh sama Splendid Display. Hahahahha 

Gaming dan Koneksi: Bagai Buibu dan Akun Lambe Turah

Koneksi dan gaming adalah jodoh. Nggak bisa dipisahin banget kayak ibu-ibu sama akun Lambe Turah gitu deh. ASUS sadar betul dengan hal ini. Makanya, GX800 dibekali dengan WiFi antena eksternal. Jadi kecepatan notebook dalam menangkap sinyal lebih baik dibanding WiFi antena standar. ASUS sendiri mengklaim bahwa daya jangkaunya dalam menangkap sinyal dapat di boost hingga 50 persen lebih baik daripada mengunakan antena standar. Hal ini memudahkan kita min game online saat tidak menggunakan LAN. 

Kalo aku mah, koneksi kenceng belum terlalu guna. Sekrol-sekrol akun gosip gak butuh jaringan kelas monster. Buahahahahaha *dilempar batako stroberi*

Mechanical Keyboard. Pencet Adek, Bang..

Untuk memaksimalkan kegiatan sepenting ngegame, ASUS menggunakan mekanikal keyboard. Ini bikin kenyamanan dan daya tahan papan ketik jadi lebih greget.

Wait, what? SEPENTING NGEGAME? Sepertinya aku sudah mulai kena cuci otak kanjeng suami 😟

Keyboard mekanikal ini bikin feel saat menekan terasa halus dan empuk. Tau nggak betapa menyenangkannya memencet tombol atm saat suami baru gajian? Terasa clicky banget yakan, nah begitu itu deh.


ASUS juga meninggalkan single LED keyboard yang berwarna merah, dan menggantinya jadi RGB keyboard yang bisa memancarkan warna-warna. Aku nggak terlalu paham ini manfaatnya apa, tapi kalau lihat sendiri, ini bikin ibu-ibu seneng karena jadi baguuuuus. Warna warni gitu lucu banget deh 😍


Port Port Port


The Real Monster Gaming Machine ini juga punya bermacam port input dan output yang memanjakan pemiliknya. Port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula displayport 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz.

Ada 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal, serta 2-1 card reader. Nggak lupa juga LAN port dan Kensington lock.

**

Buibu pening bacanya? Percayalah review ini ditulis seminggu lebih dengan kepala berasap hahahahaha. Abis ini aku pinter banget sama dunia pernotebookan dan pergamingan, tapi tetep lah lebih milih golar-goler nontonin video anaknya Ayudiac atau sekrol-sekrol IG nya Jefree Star 😂😂😂

Dengan semua keunggulan ROG GX800 di atas, layak banget lah ROG GX800 ini disebut sebagai The Real Gaming Monster Notebook. Kalau suamiku ijig-ijig diangkat anak sama sultan mana gitu, aku mengijinkan kok dia beli si monster satu ini. Asal dana untuk pergincuan tidak mengalami pemangkasan sama sekali. Okesipmantap!

Purwokerto, 21 April siraeh njebluk, 2017

Di Hari Kartini yang berbahagia ini, kubuktikan bahwa perempuan juga mampu menulis review laptop gaming kelas monster dengan sangat detil walau kepala mau meledak rasanya HAHAHAHAHAHAHA aku bangga! 💪😊

8 komentar

  1. oke, fix itu notebook LARANG amat nduk, tapi keren ya? bisa beliin saya satu aja? hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya kamu nyuruh aku jual mobil, mba.. wkwkwkwk

      Hapus
  2. ASUS memang kereeeennnn... apalagi buat game...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, seri ROG ini memang dipersembahkan khusus untuk gamer :D

      Hapus
  3. Duuuh, pingin punya SSD, Sist. Biar transfer lemak perut lebih cepeet. Wuuush. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa transfer galau juga gak sist? biar hidup aing bahagia terus xD

      Hapus
  4. mehonggg amat yaakkk :'( punya temen gue yang versi ROG Standar 15 juta harganya. Duhhhh.... harganya mengigit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kualitasnya memang sepadan sih, untuk gamer mah, mereka tau ini harga pantas. Nah buat ibu-ibu macem kita, harga segitu mending buat beli mobil hahahaha

      Hapus